Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Digital PonselCara Mengatasi HP Android Cepat Panas – Hampir setiap kita memiliki alat komunikasi yang bernama handphone atau yang biasa kita sebut dengan hp. Namun namanya saja alat buatan manusia pasti ada saja masalah yang mengiringi dalam penggunaan hp ini. Salah satu contoh masalahnya adalah hp panas. Khusunya bagi anda pengguna hp berjenis smartphone hal ini pasti sering terjadi atau setidaknya pernah anda alami. Cara mengatasi hp panas tidak sulit dan dapat anda lakukan dengan mudah.

Biasanya hp terasa panas ketika dikantongi atau pada saat kita gunakan untuk bermain game, browsing internet, mendengarkan musik dll. Hal ini akan berdampak buruk pada hp anda jika dibiarkan terus – menerus dan tidak segera diatasi. Perlu diketahui bahwa gejala panas yang terjadi pada hp anda tersebut merupakan hal yang wajar dan tidak sulit untuk mengatasinya.

Karena kejadian panasnya hp ini dipengaruhi oleh kinerja hp itu sendiri dan bukan dari perangkat smartphone yang berkualitas jelek. Meskipun pada handphone yang berharga murahlah yang sering timbul gejala panas ini. Cara mengatasi Android Cepat panas akan kita bahas dalam artikel ini. Berikut ini adalah beberapa tips dan spekulasi yang menjadikan handphone anda mengalami kenaikan suhu yang cukup cepat alias cepat panas.

cara mengatasi hp android cepat panas

Tips – Tips Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

1. Periksa kondisi baterai hp bila perlu ganti dengan yang baru

Periksalah kondisi baterai yang anda gunakan pada hp anda. Jika ternyata kondisinya pada saat digunakan daya baterai turun drastis, hp mati mendadak seperti gejala baterai yang nge drop maka bisa dipastikan bahwa masalah panas yang terjadi di hp android anda tersebut berasal dari baterai yang sudah malfungsi. Satu – satunya cara adalah mengganti baterai dengan yang baru.

Baca :   Penyebab Baterai HP Cepat Habis di Smartphone Android

Namun jika tidak ada tanda – tanda gejala seperti diatas berarti baterai masih berfungsi dengan normal hanya ponsel anda yang mengalami over dalam menjalankan fungsi aplikasi – aplikasi yang terinstal didalamnya. Jika hal itu yang terjadi maka istirahatkanlah saja hp anda dengan cara mematikannya selama 30 menit sampai 1 jam kalau perlu.

2. Letakkan hp di tempat yang jauh dari sumber hawa panas

Kadang keadaan ini juga bisa terjadi, dimana anda meletakkan hp berdekatan dengan sumber hawa panas seperti di atas televisi atau dekat kipas laptop. Cuaca panas yang ekstrim juga dapat menyebabkan hp anda terpengaruh dan menjadi cepat panas. Jika hal itu yang terjadi maka cara mengatasi hp yang panas adalah dengan cara memindah ke tempat yang jauh dari sumber hawa panas tersebut.

3. Periksa koneksi jaringan provider seluler yang anda gunakan

Kestabilan koneksi jaringan provider juga merupakan salah satu penyebab terjadinya panas pada hp anda. Pilihlah provider jaringan seluler yang sinyalnya stabil di daerah anda. Karena dengan ketidakstabilan koneksi jaringan provider seluler maka perangkat hp akan terus – menerus melakukan fungsi pencarian sinyal provider jaringan seluler tersebut.

4. Jangan gunakan hp pada saat sedang mengisi daya baterai

Menggunakan hp sambil mengecharge akan membuat kinerja dari baterai hp tersebut meningkat dengan pesat sehingga menimbulkan panas pada hp.

5. Hapus aplikasi yang tidak terpakai dan memberatkan RAM

Jika RAM yang dibenamkan dalam ponsel anda ukurannya kecil maka jangan gunakan terlalu banyak aplikasi. Penggunanan aplikasi yang berlebih akan meningkatkan kinerja RAM. Sehingga menyebabkan terjadinya panas pada baterai hp anda. Cara mengatasi hp panas jika terjadi masalah ini adalah hapus aplikasi yang sekiranya tidak anda perlukan dan hapus juga aplikasi yang memberatkan kinerja RAM seperti game dengan ukuran besar misalnya.

Baca :   Cara Melepas / Mengganti Baterai iPhone
Baca juga :

Itulah tips – tips Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi cara mengatasi hp panas. Nah bagi kamu yang ingin membaca tips lainnya seperti ” cara mempercepat koneksi internet ” bisa di baca langsung atau  “Cara Mengatasi Hp Android Lemot / Lelet

 

Kamu pasti juga suka..

Tinggalkan jejak gan