Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Solusi Cara Mengatasi Kartu SIM Card Tidak TerbacaDigitalPonsel.com, Secanggih apapun sebuah smartphone Android saat ini, terkadang ada saja masalah yang muncul. Salah satu yang kerap dialami para pengguna adalah kartu SIM tidak terbaca. Bila itu yang terjadi, sudah bisa ditebak, ponsel tak akan bisa menggunakan jaringan internet dari operator seluler yang mengeluarkan kartu tersebut.

Ada banyak opsi cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca dari yang sederhana dengan mematikan lalu menghidupkan hingga melakukan reset ulang. Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut adalah berbagai alternatif cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di ponsel atau tablet Android.

Beberapa Solusi Mengatasi Kartu Sim Card Tidak Terbaca yang Bisa Kamu Coba

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

Hidupkan ulang Handphone

Mulai ulang ponsel Android dengan mematikan perangkat lalu menyalakannya kembali. Jika pengguna baru saja memasukkan SIM baru, kebanyakan ponsel bahkan tidak akan mengenali SIM sampai pengguna me-restart perangkat. Cara ini mungkin merupakan cara paling sederhana untuk mengatasi masalah kecil terkait dengan ponsel Android.

Matikan Perangkat Hp

Matikan ponsel dan cabut dn keluarkan baterai dan tunggu 30 detik atau lebih. Setelah melakukannya, pasang kembali baterai dan nyalakan perangkat.

Cek juga: Cara Cek Registrasi Kartu Prabayar

Pasang secara benar Kartu SIM

Kartu SIM harus dipasang di slotnya dengan benar. Kartu SIM adalah alat yang akan menghubungkan pengguna ke jaringan, jadi ini sangat penting. Jika pengguna secara tidak sengaja menjatuhkan perangkat Android, kartu SIM bisa saja tak pas di tempatnya. Namun bisa juga sudah terpasang secara tak pas dari awal pemasangan. Pastikan untuk meletakkan SIM dengan tepat di perangkat.

Lepaskan Baterai dan Sim Card

Jika kartu SIM dalam posisi tidak pas di ponsel, pengguna dapat mencoba menambahkan selotip, karton, atau kertas ke dalam baki agar pas dan lebih kencang. Meskipun mungkin tampak seperti cara murah untuk menyelesaikan masalah kartu SIM tidak terbaca namun metode ini berfungsi untuk kebanyakan orang. Namun berhati-hatilah dalam menangani bagian komponen di perangkat. Jangan pernah menggunakan terlalu banyak tenaga agar menghindari kerusakan lebih lanjut pada perangkat Android.

Pilih Operator / Operator Jaringan Secara Manual

Terkadang, pengaturan kartu SIM berubah tiba-tiba. Perubahan ini terkadang menyebabkan jaringan terputus. Secara umum langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Buka Pengaturan kemudian pilih opsi Nirkabel dan Jaringan. Ketuk pada menu Jaringan Seluler. Pilih Operator Jaringan. Pilih jaringan seluler operator secara manual.

Beberapa merek ponsel kadang berbeda dalam langkah-langkahnya yaitu Buka Pengaturan, pilih Nirkabel dan Jaringan. Lalu ketuk Penggunaan Data dan ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas. Pilih Jaringan Seluler kemudian ketuk Operator Jaringan.

Lihat Juga: Cara Unreg Kartu SIM yang Hilang

Ubah Mode Jaringan ke Otomatis

Mengubah Mode Jaringan ke Otomatis memungkinkan perangkat memilih jaringan terbaik secara otomatis. Jika pengguna tidak terbiasa dengan opsi tersebut, ikuti petunjuk langkah demi langkah di bawah ini. Untuk menyetel mode Jaringan agar terhubung secara otomatis, buka Pengaturan kemudian pilih Jaringan Seluler. Selanjutnya ketuk Mode jaringan dan pilih LTE / 3G / 2G (automatic connection).

Bersihkan Kartu SIM

Periksa kartu SIM yang terpasang ke ponsel dengan melepaskannya. Cek apakah bagian logam emasnya bersih? Pengguna bisa membersihkan debu atau kotoran yang melekat. Bersihkan juga bagian konektor pada kartu SIM dengan kain kering yang lembut. Tangani kartu SIM dengan hati-hati atau akan merusak kartu secara tidak sengaja.

Ganti Sim Card

Beberapa Smartphone, khususnya yang terbaru, biasanya mengadopsi baki ukuran kecil untuk Kartu SIM. Yang mengharuskan pengguna untuk memperkecil ukuran kartu SIM. Bilamana itu persoalannya, apakah pengguna memotong kartu SIM standar ke mikro atau nano? Kalau begitu, coba amati Kartu SIM. Bilamana ditemukan kerusakan di pelat emas, boleh jadi pengguna harus mengganti kartu SIM itu.

Lepas dan Sisipkan Ulang Kartu SIM

Jangan lupa mematikan perangkat sebelum memasang atau mengeluarkan kartu SIM. Sebab  bila tidak, pengguna bisa merusak perangkat atau kartu SIM tersebut. Berhati-hati supaya tak menggores atau menekuk kartu SIM. Pada beberapa perangkat, slot SIM terpasang persis dibalik tombol volume. Untuk perangkat lainnya, pengguna tinggal mencopot kesing belakang dan mengeluarkan baterai sebelum mencopot kartu SIM.

Tes Kartu SIM

Coba pasang kartu SIM itu di perangkat lain. Metode ini sangat dianjurkan sebelum mencoba membeli kartu SIM pengganti. Bilamana perangkat lain pun tak bisa membaca  kartu SIM maka kemungkinan besar masalah ada pada kartu, bukan perangkat.

Mode Pesawat

Aktifkan, lalu nonaktifkan Mode flight. Menu tersebut akan mematikan semua jaringan dan penerimaan seluler ketika dalam posisi ON. Beberapa merek ponsel menawarkan akses mudah lewat Pengaturan Cepat cukup menyapu ke bawah dari atas layar. Cara mudah lainnya adalah dengan menahan tombol Power, atau masuk melalui menu Pengaturan.

Hapus Cache dan Data Android

Terkadang, solusi untuk masalah ini adalah membersihkan data cache di perangkat. Untuk membersihkan data Cached, buka Pengaturan> Penyimpanan. Kemudian pilih Pengaturan Penyimpanan dan Penyimpanan Internal dan ketuk Data cache.

Periksa Baki / Tray SIM

Bilamana baki / Tray SIM rusak atau bermasalah, itu bisa menjadi penyebab perangkat menampilkan notifikasi bahwa kartu SIM tidak terbaca. Jangan khawatir! Mengganti baki kartu SIM dapat memperbaiki masalah tersebut. Atau, memanfaatkan bantalan kertas dari metode sebelumnya. Trik ini digunakan untuk menyesuaikan baki agar lebih menekan kartu SiM.

Copot Aplikasi Pihak Ketiga yang Bermasalah

Satu hal yang mungkin memicu masalah kartu SIM tidak terbaca adalah gara-gara aplikasi pihak ketiga. Untuk memverifikasi bahwa aplikasi pihak ketiga tidak menyebabkannya, jalankan perangkat dalam Mode Aman selama 2-4 jam. Jika berfungsi, aplikasi mungkin menjadi penyebab masalah. Safe Mode hanya menjalankan default sistem sehingga pengguna dapat mengesampingkan semua aplikasi pihak ketiga yang dapat menjadi akar masalah. Jika pengguna menduga ada aplikasi tertentu yang mungkin sebagai sumber masalah, coba hapus instalannya terlebih dahulu. Jika tidak, gunakan fitur nonaktifkan.

Perbarui OS Android Bila Tersedia

Periksa setiap pembaruan OS yang tersedia dengan masuk ke Pengaturan> Pembaruan Perangkat Lunak> Unduh pembaruan secara manual.

Kembali ke ROM Asli

Jika baru-baru ini mem-flash perangkat menggunakan ROM berbeda, ini bisa berpeluang menjadi pencetus masalah kartu SIM tak terbaca. Bilamana kartu SIM terdeteksi sebelum dilakukan flash, maka ada kemungkinan besar kesalahan terjadi karena flashing ROM. Mengembalikan ROM asli biasanya akan memperbaiki error tersebut. Untuk melakukannya, boot ke Mode Recovery lalu lakukan Factory Reset. Dari sana, lanjutkan ke Backup & Restore kemudian ketuk Restore.

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Jika semuanya gagal, cara mengatasi kartu sim tidak terbaca adalah memilih Factory Reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Namun perlu diingat bahwa ini akan menghapus semua data di dalamnya sebab dikembalikan ke pengaturan default pabriknya. Karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pencadangan data sebelumnya. Masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Backup & Reset, lalu Factory Reset.

0 Shares:
You May Also Like
mode gratis facebook lite

Mode Gratis Facebook Lite

Cara Mode Gratis Facebook Lite Tanpa Kehilangan Posting Foto – DigitalPonsel.com, Anda semua tahu apa itu Facebook? Ya…