Menonaktifkan WhatsApp

Siapa sih yang hari ini tidak menggunakan WhatsApp? Hampir semua pengguna smartphone pasti menggunakan WhatsApp sebagai sarana untuk berkirim pesan/chatting dengan teman atau kolega. 

Bukan hanya bisa berkirim pesan, WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan juga panggilan video. Selain bisa melakukan chat pribadi, WhatsApp juga ada fitur grup yang bisa menampung hingga 256 anggota grup.

Pantaslah jika hari ini WhatsApp menjadi aplikasi pesan singkat yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Selain karena tampilannya yang simpel, WhatsApp juga banyak fitur.

Karena begitu populer dan banyak pengguna, terkadang tidak sedikit orang-orang yang menggunakan WhatsApp (terutama di grup) untuk mengirim postingan yang tidak penting. Dan bisa jadi sangat mengganggu. 

Sungguh tidak menyenangkan ketika kita ingin fokus untuk suatu hal tapi terganggu oleh notifikasi WhatsApp yang terus menerus masuk ke smartphone.

Sebenarnya kita bisa saja tidak membuka atau membaca pesan yang dikirim oleh teman kepada kita. Namun tetap saja teman akan mengetahui kalau pesannya sudah masuk ke WhatsApp kita. Karena akan muncul tanda centang dua warna abu-abu pada WhatsAppnya. Teman kita akan menganggap kita sengaja tidak membuka pesan yang dikirimnya. Dan dapat mengganggu hubungan antara kita dengannya.

Atau kita sebenarnya juga bisa mematikan data internet sehingga semua pesan yang dikirim ke WhatsApp tidak bisa masuk. Namun, jika kita mematikan data internet bukan hanya WhatsApp saja yang tidak aktif. Aplikasi lain juga tidak bisa digunakan. Kita tidak bisa browsing, nonton YouTube, atau buka medsos seperti Facebook dan Instagram.

Maka, solusinya adalah dengan menonaktifkan WhatsApp untuk sementara. Kabar baiknya menonaktifkan WhatsApp bisa dilakukan tanpa mematikan data internet. Pada artikel ini akan dibahas secara tuntas langkah-langkah menonaktifkan WhatsApp untuk sementara tanpa mematikan data internet.

Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Masuk ke Pengaturan

Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke pengaturan. Langkah ini dibuat dengan menggunakan HP Android brand Samsung. Untuk ponsel brand lain menyesuaikan saja karena prinsipnya sama. Hanya kadang berbeda di tata letak dan penamaan.

pengaturan menonaktifkan whatsapp sementara

Pilih Aplikasi

Setelah masuk ke pengaturan, selanjutnya Anda pilih Aplikasi.

pilih aplikasi menonaktifkan whatsapp sementara

Pilih WhatsApp

Setelah masuk Aplikasi, selanjutnya pilih WhatsApp karena kita akan menonaktifkan WhatsApp.

pilih WhatsApp menonaktifkan whatsapp sementara

Pilih Paksa Berhenti

Setelah memilih WhatsApp, selanjutnya pilih “Paksa Berhenti” untuk menonaktifkan WhatsApp. Terdapat dua pilihan yaitu “Hapus Instalan” dan “Paksa Berhenti”. Memilih Hapus Instalan akan menyebabkan aplikasi WhatsApp akan hilang sehingga kita harus menginstal kembali untuk menggunakannya. Dengan memilih “Paksa Berhenti” hanya akan menonaktifkan sementara WhatsApp.

paksa berhenti menonaktifkan whatsapp sementara

Pilih Paksa Berhenti Lagi

Selanjutnya pilih paksa berhenti sekali lagi yang ada di bagian kanan bawah. Akan ada pilihan batal untuk membatalkan dan paksa berhenti untuk melanjutkan. Ada juga peringatan yang berbunyi “Jika Anda memaksa untuk menghentikan aplikasi, kesalahan mungkin terjadi”.

paksa berhenti lagi menonaktifkan whatsapp sementara

WhatsApp Sudah Nonaktif

Sekarang WhatsApp sudah nonaktif untuk sementara. Jika ada teman yang mengirim pesan maka tidak akan masuk ke WhatsApp kita. Begitu juga dengan panggilan suara atau video. Tidak akan bisa masuk ke kita.

WA sudah nonaktif

Untuk mengaktifkan kembali WhatsApp caranya sangat mudah. Karena langkah di atas tidak menghapus WA dari HP melainkan hanya menonaktifkan untuk sementara. Hanya memutus aliran data internet ke aplikasi WhatsApp saja.

Berikut cara untuk mengaktifkan kembali WhatsApp yang sudah dinonaktifkan:

Masuk ke WhatsApp

Langsung masuk ke WhatsApp seperti biasa. Maka WhatsApp akan kembali aktif seperti semula. 

masuk ke WA untuk mengaktifkan kembali

WA sudah kembali aktif

Demikianlah cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa mematikan data internet pada smartphone Andorid. Selain itu juga dijelaskan langkah mengaktifkan kembali WhatsApp yang sudah dinonaktifkan sementara.

0 Shares:
You May Also Like