Arti Streaming Video Youtube

Streaming adalah kata yang sering disebut kalangan millenial akhir-akhir ini. Secara harfiah, arti streaming yaitu prosedur pengiriman suatu konten apakah dalam bentuk suara atau video terkompres via internet yang lalu diputar secara live tanpa pengguna perlu mengunduhnya lebih dulu. Sehingga pengguna tak usah menunggu seluruh file terunduh penuh agar bisa dimainkan.

Sementara arti live streaming yaitu tipe streaming audio atau video yang ditayangkan secara langsung via Internet. Jadi konten dikirimkan ketika direkam yang akan memudahkan penonton melihat atau mendengarkan langsung. Kebanyakan live streaming ditransfer lewat multicasting. Berbeda dengan tayangan televisi pada umumnya, multicast khusus mengirimkan konten ke pengguna yang memang sudah memilih akan menyaksikan atau mendengarkan streaming. Inilah metode cepat mentransmisikan konten audio atau video ke berbagai tempat sekaligus.

Arti streaming video biasanya mengacu pada prerecorded streaming yaitu merekam sebuah video terlebih dahulu dalam bentuk file dan kemudian diunggah di layanan berbagi video agar bisa disaksikan oleh banyak orang. Arti Streaming YouTube pun kurang lebih sama yang memungkinkan pengguna YouTube membagikan video secara langsung via layanan live streaming yang disediakan YouTube.

Arti Streaming Video

Streaming dan Live Streaming

Kata “streaming” dan “live streaming” kerap dipakai secara bergantian, meski keduanya punya arti berbeda. Arti streaming yaitu menyediakan media lewat Internet yang bisa dimainkan ketika didownload. Sedangkan arti live streaming yaitu tipe streaming spesifik yang di-broadcast di waktu berbarengan. Biasanya live streaming lebih bersifat pribadi, apa adanya, dan tidak penting. Live streaming  cenderung memperoleh keterlibatan penonton hingga 10x lebih banyak dibanding prerecord streaming. Itu adalah pengalaman dimana pembuat video “harus hadir” saat itu. Penonton punya pilihan untuk memberikan komentar dan reaksi yang tersedia di layar secara real-time, Hal mudah untuk mengecek apakah pengguna sedang menyaksikan live streaming yakni apakah video tersebut mempunyai panjang yang ditentukan. Apabila tak ada penghujung akhir video dan pengguna pun tak bisa melompat maju , maka video itu adalah live streaming.  Kebanyakan live streaming pun menunjukkan tanda “live” di bagian tertentu di layar. Hanya saja, video yang direkam sebelumnya boleh jadi juga menampilkan tanda “live” sehingga pengguna bisa terkecoh. Kebanyakan perangkat lunak live streaming pun biasanya menawarkan antarmuka chat langsung di sebelah tampilan video. Fitur tersebut akan memudahkan pengguna menikmati video sambil memberikan komentar atau respon dari video tersebut.

Baca Juga: Arti Emoji Whatsapp

Prerecord Streaming

Adalah merekam dulu sebuah video kemudian disimpan ke harddisk, lalu menayangkannya. Misalnya saja YouTube yang menempatkan jutaan video milik pengguna ke server sebelum memutarkannya ke pengguna lain. Ada banyak layanan prerecord streaming selain YouTube seperti Vimeo, Dailymotion, Metacafe dan masih banyak lagi. Hari ini, YouTube boleh dikatakan sebagai website prerecorded streaming terpopuler yang mempunyai ratusan juta pengakses tiap harinya yang mampir untuk menyaksikan beragam muatan video youtube yang ditawarkan. Dari YouTube ini para pengguna pun dapat meng-upload video mereka sendiri agar bisa disaksikan pengguna lain dari berbagai belahan dunia.

Live Broadcast Video

Yaitu melakukan proses perekaman audio dan video secara live dimana output yang dihasilkan akan seketika ditayangkan lewat aplikasi yang dipilih. Live Broadcast sendiri mencakup hal luas mulai dari Live radio, Live television, Internet television, Internet radio, Liveblogging, dan tak terkecuali Live streaming. Live television misalnya adalah siaran langsung produksi televisi secara real-time, sebagaimana yang ada saat ini. Live television pun bisa mengacu pada streaming televisi via internet. Di kebanyakan hal, siaran langsung seperti yang ditayangkan di TV, namun tidak diedit dan hanya ditampilkan sebagaimana yang direkam sebelum ditayangkan. Acara yang disiarkan live itu mencakup siaran berita, acara pagi, acara penghargaan, program olahraga, program realitas dan, adakalanya episode serial televisi.

Platform Live Streaming

arti streaming video via twitch

Twitch merupakan contoh platform live streaming yang terkenal, utamanya dipakai oleh para gamers yang ingin menayangkan aktifitas game mereka secara live dari Internet. Platform ini pun berguna menayangkan siaran eSports secara live. Kemudian ada lagi perangkat lunak streaming pribadi, misalnya Periscope dan Facebook Live yang membolehkan pengguna menjalankan streaming video live dari ponsel mereka.  Sementara YouTube Live adalah kemudahan melakukan siaran langsung yang dapat dilakukan para pemilik akun di YouTube yang bisa disaksikan oleh jutaan pemilik akun lain.

YouTube Live Streaming

Live Video tak bisa dibantah adalah salah satu cara terefektif untuk menyampaikan konten sekaligus meningkatkan komunitas online. Lewat pengalaman live streaming, pembuat konten bisa mempresentasikan bisnis dan merek mereka langsung ke pemirsa, sekaligus berinteraksi dengan mereka secara live, sembari mengembangkan jaringan lebih jauh. Hingga beberapa tahun silam, YouTube menjadi platform video dengan fokus ke video on demand. Pengguna bisa meng-upload video mereka kemudian membagikannya di channel mereka. Bersama peningkatan popularitas live streaming YouTube pun mengembangkan Live YouTube sebagai sarana streaming langsung bagi para pengguna. Berkat YouTube live maka pengguna bisa menjangkau penonton mereka secara real time seraya melakukan streaming konten tentang produk, Tanya Jawab, game, kelas, dan banyak lagi. Termasuk kelebihan YouTube live yang paling nyata dibandingkan Facebook Live yaitu fasilitas untuk memonetisasi live streaming tersebut. Walaupun Facebook live menawarkan berbagai fitur baru demi memperbaiki sistem monetisasi mereka bagi para kreator namun masih belum segampang di YouTube.

Live Streaming YouTube TV

live streaming video via youtube tv

Google di tahun 2017 lalu meresmikan layanan live streaming terbaru yang dinamakan ‘YouTube TV‘. Layanan ini menyediakan banyak konten televisi premium yang akan disiarkan bersama-sama dengan jutaan konten YouTube yang lain dengan mengakses tv.youtube.com. YouTube memiliki maksud membidik pangsa pasar masyarakat yang belum sekalipun punya akses berlangganan TV kabel dengan menyediakan alternatif saluran lewat YouTube TV. Para pengguna YouTube TV bisa menggunakan layanan berlangganan dari beberapa penyedia konten besar misalnya ABC, CBS, NBC dan FOX.

Live streaming YouTube ini berbayar dengan biaya $ 35 / bulan. Para pelanggan bisa menikmati lebih dari 30 channel TV populer, di samping berbagi single subscription hingga enam akun pengguna dalam satu keluarga. Jadi tiap anggota keluarga akan mempunyai akses ke akun YouTube pribadi mereka masing-masing ketimbang mesti berbagi satu akun yang sama. Sehingga, tiap pengguna akan bisa menikmati pengalaman menonton konten yang dibuat khusus dengan kemampuan content-specific algorithms. Kendati enam pengguna bisa login ke satu akun langganan untuk beberapa akun YouTube, namun akses live streaming ini ditentukan cuma untuk tiga video pada waktu tertentu. Layanan streaming YouTube ini pun support fitur DVR berplatform Cloud yang mempunyai kapasitas penyimpanan unlimited.

Hanya saja tersedianya konten lewat layanan streaming YouTube ini dibatasi penyiar channel sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Pun HBO dan Turner Broadcasting belum ikut bergabung dengan Google untuk memberikan layanan live streaming channel mereka. Itu artinya para pelanggan YouTube tak akan punya akses menikmati channel TV seperti TBS, CNN dan TNT, AMC Networks, A + E Networks, dan Discovery Communications.

0 Shares:
You May Also Like