Kode MMI Tidak Valid

Smartphone Android saat ini penggunaannya begitu masif. Selain menawarkan kecanggihan dan kelengkapan fitur, harga perangkatnya pun cukup terjangkau. Satu lagi kelebihannya adalah bisa dimodifikasi menurut yang pengguna inginkan. Termasuk di sini yaitu menentukan jaringan internet yang digunakan apakah 4G LTE, 3G, atau hanya 2G. Pemilihan jaringan itu menentukan kecepatan internet yang didapat. Jaringan 4G LTE adalah yang paling cepat, namun kadang muncul error “kode mmi tidak valid” atau Invalid MMI Code Fix.

Saat mengaktifkan jaringan 4G LTE, adakalanya sinyal dari BTS operator yang ditangkap ponsel tak begitu kuat. Misalnya saja di area tertentu ponsel hanya menunjukkan sinyal seluler 1 bar dan malah sering hilang yang menandakan area tersebut Blank Spot. Hanya saja dengan mengaktifkan jaringan 4G LTE biasanya sistem akan tetap menjalankan koneksi internet. Persoalannya kita hendak mengambil paket dari MMI misalnya mengirim permintaan pengambilan paket. Sehingga keluar pesan kesalahan Fix Connection Problem or Invalid MMI Code Fix. Adanya pesan itu diakibatkan beberapa setting di ponsel yang keliru.

Dengan munculnya error kode mmi tidak valid maka pengguna pun tak bisa mengirim atau menerima telepon dan pesan SMS, serta tak bisa mengaktifkan paket data. Pengguna pun umumnya akan menjumpai error tersebut saat akan mengecek sisa pulsa, mengisi ulang pulsa, mengecek sisa kuota atau menggunakan kode USSD lain dari operator seluler yang digunakan. Kesalahan Kode MMI Tidak Valid pun dijumpai di kebanyakan smartphone Dual SIM.

Cek cara mengatasi masalah sambungan atau error “kode mmi tidak valid” di hp android berikut ini.

Beberapa Cara mengatasi Masalah Error Kode mmi Tidak Valid di Hp Android

mengatasi kode mmi tidak valid hp android

Ubah Jaringan

Untuk cara pertama, buka menu Setting di ponsel, ketuk menu Mobile Networks, kemudian menu Preferred network type. Tentukan salah satu, boleh 4G, 3G atau 2G. Bila sebelumnya setting jaringan di 4G Only, maka ubah menjadi 3G atau 2G jika ada pilihan tersebut. Hingga langkah ini biasanya problem kode mmi tidak valid sudah berhasil ditangani. Amati sinyal seluler yang diterima ponsel, upayakan tak di bawah 1 bar. Sinyal penuh tentu yang paling baik. Lanjutkan dengan mengecek menu Network Operator lalu ketuk menu Search networks atau ketuk nama operator yang dipakai. Dial ke *123# untuk mengambil paket. Jaringan internet di ponsel sudah kembali normal dan pesan kesalahan tak muncul lagi.

Aplikasi Switcher Jaringan

Jika cara pertama tak mengatasi error yang terjadi, coba pasang dan gunakan aplikasi Switcher jaringan. Sistem operasi ponsel yang mengelola jaringan biasanya akan mengunci di jaringan 4G LTE yang paling cepat. Salah satu aplikasi pengalih jaringan adalah 4G Switcher. Aplikasi switcher jaringan ini bisa kamu unduh gratis di google Play Store. Aplikasi Android 4G Switcher simpel dalam penggunaannya sebab tak perlu mengetuk banyak tombol di menu Setting.

Aplikasi pengalih ini pun berfungsi supaya pengguna tak kebabalasan mengangkses internet.  Ponsel pun akan terkunci di jaringan selain 4G. Meski nantinya kecepatan internet akan menurun namun penggunaan daya baterai akan lebih irit. Perhatikan di menu jaringan, ganti dengan pilihan Koneksi – 4G LTE, WCDMA, 3G, 2G. atau Koneksi –  4G LTE 3G Auto. Lanjut dengan Turn Off Radio lalu Turn On IMS Registeration required serta Turn On SMS over IMS. Setelah selesai langkah-langkah tersebut, coba dial ke *123#.

Hapus Aplikasi Tertentu

Sebagian pengguna ponsel pun menggunakan solusi dengan menghapus aplikasi yang boleh jadi mengakibatkan error kode MMI tidak valid. Hanya saja, itu bisa saja tak bisa digunakan untuk sebagian ponsel. Untuk mengecek apakah terdapat aplikasi yang diduga ponsel mengalami error tersebut, pengguna cukup mengaktifkan mode aman atau safe mode di smartphone. Safe mode menyerupai mode aman di PC. Dalam mode ini ponsel tak memuat Aplikasi apa pun.

Pada intinya, mode ini akan mematikan sementara seluruh aplikasi maupun layanan pra-instal yang sebelumnya terpasang. Matikan ponsel kemudian tekan tombol power. Sembari menekan tombol power, ketuk tombol menu yaitu tombol di sebelah kiri tombol home (contoh di ponsel Samsung). Pengguna akan disuguhi logo mode aman atau safe mode di sebelah kiri bawah layar. Kini waktunya untuk mengecek. Ketikkan kode tertentu umpamanya *135#. Bilamana berjalan, itu artinya terdapat aplikasi yang mengakibatkan error Kode MMI Tidak Valid di perangkat. Hidupkan ulang perangkat kemudian copot seluruh aplikasi yang belum lama dipasang.

Tambahkan Koma

Metode lain yang simpel dan ampuh untuk membenahi error Koneksi atau Kode MMI Tidak Valid di smartphone yaitu menambahkan koma di akhir kode Awalan. Misalnya, bilamana kode Awalan yang digunakan *2904*7# maka tambahkan koma di akhir kode tadi sehingga menjadi *2904*7#,. Pengguna pun bisa menambahkan tanda + sesudah * misalnya *+ 2904*7#. Trik menambahkan koma akan memaksa operasi untuk mengeksekusi dengan mengabaikan kesalahan apa pun yang merintangi.

Turn on SMS over IMS

Untuk membenahi Kode MMI Tidak Valid juga dapat dilakukan dengan masuk ke mode informasi perangkat untuk mengaktifkan Radio dan mengaktifkan IMS over SMS. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : dial ke *#*# 4636 #*#* di ponsel kemudian pilih Informasi Perangkat / Telepon. Ketuk di opsi “Run Ping Test”.

Sesudah tes Ping dijalankan, ketuk pada “Turn Off Radio” berikutnya, ketuk Turn on SMS over IMS. (IMS :IP Multimedia Subsystem; IP :Internet Protocol; SIP:Session Initiation Protocol). Saat pengaturan tersebut tak aktif, maka SMS dikirim atau diterima selama periode 1x (kali), sirkuit akan mengalihkan koneksi. Terakhir, hidupkan ulang ponsel untuk melihat efeknya.

Restart Hp Android

Restart hp android beberapa kali biasanya pun akan bisa mengatasi kode MMi tidak valid. Nyalakan ponsel kemudian navigasikan ke pengaturan jaringan. Selanjutnya tahan tombol power dan Home bersama sampai perangkat mati. Lalu nyalakan lagi dan cek hasilnya.

Cek Ulang Kartu SIM

Masuk ke menu setting lalu pilih menu Nirkabel dan jaringan. Selanjutnya ketuk Jaringan Seluler. Tekan tombol home untuk 2 detik, sembari menahan tombol home, tekan tombol power berbarengan hingga 15 detik. Perangkat biasanya akan berkedip beberapa kali dan ada pula yang memunculkan layar hitam dengan garis 400, tidak usah panik. Perangkat akan melakukan Restart otomatis.

Namun bila karena sebab tertentu perangkat tak dapat melakukan reboot otomatis maka tahan tombol power dan home sekali lagi. Bilamana pengguna sebelumnya telah menggunting kartu SIM untuk menyesuaikan ke ukuran mikro, maka ada kemungkinan membuat kartu SIM card rusak sebab terkena bagian tembaga. Ada banyak kasus di mana pengguna menjumpai perangkat mereka memberikan pesan “No SIM card” setelah kartu SIM dipotong secara tidak benar. Bila itu terlanjur terjadi, tak ada solusi lain selain meminta kartu SIM baru ke layanan operator. Biasanya layanan ini tersedia gratis.


0 Shares:
You May Also Like