Samsung Galaxy J8

Tepat di bulan Mei 2018, Samsung berhasil memboyong Samsung Galaxy J8 bersama dengan Samsung Galaxy J6. Keduanya memiliki spesifikasi yang hampir serupa, tetapi Samsung Galaxy J8 memilih menggunakan Qualcomm SDM450 Snapdragon daripada Prosesor Exynos 7870 milik Samsung Galaxy J6.

Di pasaran, Anda dapat membawa Samsung Galaxy J8 pulang dengan harga berkisar Rp2.600.000. Di tahun yang sama, Anda akan menemukan Redmi 6 yang menjadi kompetitor utamanya.

Meski Redmi 6 memiliki spesifikasi lengkap dan harga yang lebih murah, tetap Samsung Galaxy J8 berani unggul dengan fitur face recognition untuk membuka kunci ponsel.

Harga Samsung Galaxy J8

Last Updates: 07 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J8Rp2.500.000Rp1.300.000
Rilis2018, Mei
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Sudah satu tahun Samsung Galaxy J8 menghuni pasaran ponsel pintar Indonesia. Harga tersebut pun relatif masih terjangkau dengan jaminan fasilitas lengkap seperti perangkat lainnya yang dinilai membandrol harga tinggi.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie)
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetQualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Bodi
Dimensi159.2 x 75.7 x 8.2 mm (6.27 x 2.98 x 0.32 in)
Berat177 g (6.24 oz)
Layar6.0 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan16 MP, f/1.9
BelakangDual
16 MP, f/1.7, AF
5 MP, f/1.9, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Blue, Purple
RadioFM radio, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Ion 3500 mAh battery

Performa Tetap Jaminan Meski Menggunakan Snapdragon 450

chipset xiaomi mi a2 lite snapdragon 625

Berbeda dari Galaxy J4 dan J6, Samsung justru memilih menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon 450 untuk Samsung Galaxy J8, seperti yang digunakan untuk Galaxy A6+.

Kendati demikian, performa Samsung Galaxy J8 masih tidak kalah dengan yang lain. Terlebih samsung membandrolnya dengan Octa-core 1,8 GHZ Cortex-A53 dan Adreno 506 yang menjadi penyokong dari segi grafis.

Meski di pasaran yang beredar secara luas adalah tipe RAM 3 GB dengan kapasitas penyimpanan 32GB, tetapi Anda masih bisa menemukan perangkat bermemori 4GB dengan kapasitas 64 GB. Tentu, harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal.

Dua Lensa Kamera Belakang: 16 MP Autofocus dan 5MP Depth Sensor

Samsung Galaxy J8 Kamera

Meski lahir bersamaan, tetapi Samsung Galaxy J8 justru lebih unggul daripada Samsung Galaxy J6 lantaran memiliki dua lensa kamera belakang yang menjadi unggulan. Satu lensa mempunyai resolusi 16MP autofocus dengan aperture f1.9 dilengkapi LED FLash. Sementara, satu lagi beresolusi 5MP yang memiliki depth sensor.

Adanya dual kamera belakang menjadikan Samsung Galaxy J8 layak dinobatkan sebagai salah satu smartphone selfie terbaik yang layak untuk Anda bawa pulang.

Mantap! Super Amoled 6 inci + Layar Full HD

Samsung Galaxy J8 Layar

Panel Super Amoled 6 inci menghadirkan pengalaman menyenangkan bagi Anda yang hobi menikmati film menggunakan ponsel. Pasalnya, bukan hanya gambarnya yang jernih lantaran resolusi layar yang sudah Full HD+, tetapi juga adanya infinity display yang menambah kenyamanan dalam menonton.

Sayangnya, Samsung Galaxy J8 kurang cocok para gamers yang hobi memainkan permainan berat. Mengingat prosesor yang digunakan masih Qualcomm Snapdragon 450.

Fitur Andalan: Face and Fingerprint Unlock!

face unlock vivo y91

Tidak ingin ketinggalan, Samsung pun membekali Galaxy J8 dengan fitur baru yaitu face unlock. Sehingga keamanan ponselnya lebih terjamin. Hanya wajah yang terdeteksi yang dapat membukanya.

Alternatif lain, Samsung pun masih mengimbanginya dengan fingerprint unlock untuk memudahkan dalam mengakses ponsel ketika terjadi masalah dengan fitur face recognition.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy J8

  • Resolusi layar Full HD+ dengan rasio 720 x 1480, plus panel Super Amoled 6 inci serta infinity display.
  • Dibekali daya 3.500 mAh, baterai Samsung Galaxy J8 pun lebih tahan lama.
  • Konfigurasi Octa-core 1,8 GHZ Cortex-A53 dan Adreno 506 menjadikan performanya lebih baik.
  • Dual kamera lensa belakang dengan 16MP autofocus aperture f1.9 dilengkapi LED FLash, serta kamera 5MP depth sensor. 
  • Fitur face unlock membuat Anda mudah dalam mengakses ponsel. Sensor sidik jari pun masih menjadi alternatif lain untuk menutup dan membuka kunci.

Kekurangan Samsung Galaxy J8

  • Kamera belakang yang tidak dapat bekerja dengan baik di area dengan cahaya redup. Hasilnya kurang tajam. Autofocus pun lebih lambat daripada pemakaian di tempat dengan pencahayaan cukup.
  • Audio yang dikeluarkan kurang bertenaga, lantaran hanya terdapat satu speaker pada sisi kanan atas.
  • Performa akan menurun ketika digunakan untuk bermain gim kelas berat, lantaran masih menggunakan prosesor Snapdragon 450. Meskipun dari segi grafis sudah baik karena didukung Adreno 506.
  • Bahan yang digunakan masih terbuat dari plastik dengan banyak fitur yang dipotong untuk memenuhi harga pasar.

Kesimpulan

Melihat uraian sebelumnya, baik dari spesifikasi maupun kekurangan serta kelebihan, Samsung Galaxy J8 masih dibilang belum cukup berani untuk tampil sempurna. Spesifikasi yang diberikan masih setengah-setengah untuk ponsel seharga di atas 3 juta.

Dari segi performa, Samsung Galaxy J8 memang dapat diandalkan bila hanya untuk rutinitas harian biasanya, bukan untuk bermain gim. Pun dari segi kamera yang masih memberikan hasil baik bila berada di area bercahaya cukup. Baterai cukup tahan lama.

Kendati demikian, Samsung Galaxy J8 masih lebih unggul daripada rekannya yaitu Samsung Galaxy J6 dari segi fitur. Sisi spesifikasi, Samsung Galaxy J8 bahkan mampu mengalahkan kompetitornya yaitu Redmi 6 yang memiliki spesifikasi di bawahnya.

 

0 Shares:
You May Also Like