Samsung Galaxy J6

Samsung Galaxy J6 pertama dluncurkan pertama kali pada tahun 2018 dengan harga Rp3.300.000,00. Produk yang menyasar pengguna menengah ke bawah ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni yang didukung RAM 3 GB dan storage 32 GB up to 256 GB.

Samsung Galaxy J6 juga memiliki beberapa keunggulan yang belum terdapat pada seri pendahulunya, seperti Galaxy J5 Pro dan Galaxy J3 Pro. Beberapa di antaranya sensor pengenal wajah dan kamera depan yang telah dilengkapi flash. Ini membuat ponsel ini cocok untuk para pecinta selfie.

Harga Samsung Galaxy J6

Last Updates: 08 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J6 Rp1.499.000Rp1.190.00
RilisMei 2018
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Satu tahun setelah dirilis, harga Samsung Galaxy J6 turun sekitar 1 juta-an. Penurunan harga ini bisa dibilang masih cukup wajar. Perbedaan harga produk baru dan bekasnya yang tidak terlalu signifikan membuktikan bahwa ponsel pintar ini masih banyak diminati.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); One UI
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
Chipset5.6 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
CPUOcta-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP1
Bodi
Dimensi149.3 x 70.2 x 8.2 mm (5.88 x 2.76 x 0.32 in)
Berat154 g (5.43 oz)
Layar5.6 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/1.9
Belakang13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
ProteksiCorning Gorilla Glass (unspecified version)
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Blue
RadioStereo FM radio, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery

Desain Kekinian dan Nyaman Digenggam

Samsung Galaxy J6 Desain

Bodi Samsung Galaxy 6 tebuat dari plastik, dengan dimensi 149.3 x 70.2 x 8.2 mm. Dengan bobot 154 gram, ponsel ini ringan dan nyaman digenggam sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Ditunjang dengan desain elegan, ketika pertama kali diluncurkan ponsel pintar ini hadir dengan 5 varian warna, yakni hitam, biru, abu-abu, violet, dan emas. Berdasarkan penampilannya, Sansung Galaxy J6 memang didesain untuk anak muda.

Layar Super Amoled 5.2 inci

Samsung Galaxy J6 Layar

Samsung Galaxy J6 memiliki layar berukuran 5.2 inci beresolusi HD+. Didukung panel super Amoled, ponsel ini mengusung infinity display dengan rasio 18.5:9 yang membuatnya terlihat tajam dan luas. Galaxy J6 cocok untuk Anda yang sering menonton video atau bermain game menggunakan ponsel.

Menggunakan sistem operasi Android Oreo, Samsung Galaxy J6 memungkinkan Anda mengoperasikan dua aplikasi pada satu waktu. Selain itu, Bagi Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan menggunakan ponsel, tidak perlu khawatir. Layar Samsung Galaxy J6 telah dilindungi Corning Gorilla Glass.

Performa Tangguh Memungkinkan Multitasking

Exynos 7870 Samsung Galaxy J6

Prosesor Samsung Galaxy J6 menggunakan Exynos 7870 dengan kecepatan 1.6 GHz. Disokong dengan RAM 3 GB, memungkinkan Anda melakukan multitasking dengan lancer. Spesifikasi ini membuat Samsung Galaxy J6 disebut-sebut merupakan turunan dari Galaxy A6.

Selain itu, Samsung Galaxy J6 juga memiliki memori internal sebesar 32 GB yang bisa diperluas menggunakan micro SD hingga 256 GB. Ini membuat Galaxy J6 juga cocok untuk Anda yang sering menyimpan file dalam jumlah besar di ponsel.

Dibekali Teknologi Keamaan yang Semakin Canggih

Samsung Galaxy J6 Keamanan

Seperti smartphone seri J pendahulunya, Samsung Galaxy J6 juga telah dilengkapi sensor sidik jari sebagai pengunci layar, dan secured folder untuk menjaga prifasi data Anda. Kedua fitur ini semakin disempurnakan pada Samsung Galaxy J6 ini.

Selain kedua fitur keamanan di atas, Samsung Galaxy J6 juga telah didukung fitur keamanan tambahan berupa face recognition. Fitur ini memungkinkan Anda mengunci layar menggunakan citraan wajah yang telah direkam dan diatur sebelumnya.

Dilengkapi Kamera 13 MP dan 8 MP

Samsung Galaxy J6 Kamera

Kualitas kamera Samsung Galaxy J6 dapat dikatakan cukup mumpuni. Kamera belakangnya memiliki resolusi 13 MP autofocus dengan aperture f/1.9, dan telah dilengkapi LED flash. Meski tidak terlalu istimewa, kamera ini cukup memadai untuk Anda yang suka mengambil gambar menggunakan ponsel.

Sementara itu, kamera depan Samsung Galaxy J6 memiliki resolusi 8 MP. Sedikit berbeda dengan generasi J sebelumnya, kamera depan J6 telah dilengkapi LED flash sehingga cocok untuk Anda yang senang berswafoto (selfie).

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai edisi lanjutan dari Galaxy seri J, Samsung Galaxy J6 telah memberikan warna yang berbeda. Teknologinya yang sudah cukup kekinian, dilengkapi dengan layar berasio lebar, fingerprint sensor, dan face recognition, membuat smartphone ini masih layak untuk dimiliki meski telah dua tahun berselang dari waktu rilisnya.

Meskipun demikian, tidak dipungkiri smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan. Oleh sebab itu, untuk Anda yang berencana membeli produk ini dalam waktu dekat, tidak ada salahnya mencermati rangkuman kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J6 berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy J6

  • Layar 5.6 inci, dengan tampilan HD+ yang didukung layar super AMOLED.
  • Dilengkapi kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP, dilengkapi flash pada kamera depan.
  • Menggunakan prosesor octa-core 1.6 GHz, didukung RAM 3 GB.
  • Fitur keamanan dilengkapi Fingerprint Sensor, Samsung Secure Folder, dan Face Recognition.
  • Memori penyimpanan internal 32 GB up to 256 GB.
  • Telah didukung audio Dolby Atmos.

Kekurangan Samsung Galaxy J6

  • Bodi terbuat dari plastik, bukan logam.
  • Tidak dilengkapi optical image stabilizer (OIS).
  • Baterai tanam permanen.
  • Belum dilengkapi teknologi fast charging.
  • Fitur pada kamera terbatas.

Kesimpulan

Untuk ukuran ponsel dengan kisaran harga 2 juta-an, Samsung Galaxy J6 masih cukup layak dimiliki, meskipun tidak terlalu istimewa. Akan tetapi, bagi Anda yang mengutamakan kualitas multimedia, ponsel ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.  Hal ini karena Galaxy J6 memiliki tampilan visual dan kualitas audio yang bagus.

Adanya tambahan flash LED pada kamera depan membuat Samsung Galaxy J6 cocok untuk para pecinta selfie karena bisa menjadi pencahayaan tambahan ketika mengambil gambar dalam kondisi gelap. Sayangnya, fitur ini tidak didukung dengan kualitas kamera yang istimewa.

Selain untuk pecinta selfie, Samsung Galaxy J6 juga cocok untuk Anda yang suka melakukan multitasking. Anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus pada satu layar dengan lancar karena kinerja prosesornya yang cukup mumpuni. Untuk ukuran ponsel kelas menengah ke bawah, ponsel ini masih cukup layak dimiliki.

0 Shares:
You May Also Like