Samsung Galaxy J4

Di tahun 2018, banyak pabrikan ponsel mulai mengadopsi layar full view dengan resolusi 18:9 atau 2:1. Aspek rasio ini dipercaya lebih ergonomis dan nyaman. Namun sebagai risikonya, ponsel akan menjadi lebih “tinggi”.

Pertanyaannya, bagaimana jika Anda menyukai ponsel dengan aspek rasio lama, yakni 16:9? Beberapa pabrikan masih merilis ponsel dengan aspek rasio klasik tersebut, seperti Samsung dengan Galaxy J4-nya. Ponsel yang diluncurkan berbarengan dengan Samsung Galaxy J6 ini, hadir dengan layar 5,5 inci beresolusi 1280×720 piksel.

Bersaing dengan Realme C2 di harga 1,7 juta, Galaxy J4 cukup memadai untuk digunakan sehari-hari. Dapur pacu Exynos 7570 Quad dipercaya dapat mendukung operasi ponsel bersistem operasi Android 8.0 ini. Selain bentuknya yang klasik, apa saja yang menarik dari Samsung Galaxy J4?

Harga Samsung Galaxy J4

Last Updates: 08 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J4 (16GB)Rp1.670.000
Rp1.120.000
Samsung Galaxy J4 (32GB)Rp1.870.000Rp1.420.000
Rilis2018, Mei
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Harga Samsung Galaxy J4 terbilang cukup ramah kantong. Selain itu, harga jual kembalinya pun relatif stabil, yang menjadi keunggulan tersendiri. Jika Anda memerlukan dana mendadak, Anda tidak akan terlalu merugi saat menjual ponsel.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.0 (Oreo)
RAM2 GB
ROM16/32 GB
ChipsetExynos 7570 Quad (14 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720 MP2
Bodi
Dimensi151.7 x 77.2 x 8.1 mm (5.97 x 3.04 x 0.32 in)
Berat175 g (6.17 oz)
Layar5.5 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Orchid Gray
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity
BateraiRemovable Li-Ion 3000 mAh battery

Layar Super AMOLED dengan Resolusi HD

Samsung Galaxy J4 Super Amoled

Tidak seperti ponsel lain di kelasnya yang masih berlayar TFT atau IPS, Samsung Galaxy J4 sudah menggunakan layar AMOLED. Resolusinya memang cukup rendah yakni 1280×720 atau HD saja, tidak sampai full HD.

Meskipun resolusinya tidak terlalu tajam, ponsel ini masih cukup nyaman digunakan. Segala keunggulan layar AMOLED juga dapat dinikmati oleh ponsel ini. Keunggulan AMOLED dibanding TFT/IPS di antaranya adalah konsumsi daya yang rendah dan tampilan hitam yang pekat.

Samsung Experience UI yang Ramah Pengguna

Samsung Galaxy Samsung Experience UI

Samsung Galaxy J4 menggunakan Android versi 8.0 dengan Samsung Experience UI. Versi Android yang dijalankan sudah cukup baru meskipun kini Android 10.0 atau Q sudah mulai diuji. Antarmuka Samsung Experience juga ramah pengguna.

Salah satu fitur unggulan Samsung Experience UI yang tidak dimiliki oleh ponsel merek lain yaitu Bixby. Bixby adalah asisten suara dengan fitur lengkap, seperti Siri atau Google Now. Bixby dapat diaktifkan dan digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Kamera 13 dan 5 Megapiksel yang Bening

Samsung Galaxy J4 Kamera Belakang

Di sektor kamera, Samsung Galaxy J4 dilengkapi dengan kamera 13 megapiksel di bagian belakang dan 5 megapiksel di bagian depan. Kualitas kamera depan dan belakangnya cukup baik jika pemotretan dilakukan di lingkungan dengan cahaya memadai.

Selain dapat mengambil foto statis, kamera Samsung Galaxy J4 juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p dan kecepatan 30 fps. Hasil rekaman video Samsung Galaxy J4 tergolong biasa saja, tidak menonjol dibanding ponsel di kelasnya.

Baterai Tahan Lama yang Dapat Dilepas

Samsung Galaxy J4 Baterai

Jika Anda menginginkan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas, Anda dapat melirik Samsung Galaxy J4. Ponsel ini dilengkapi baterai sebesar 3000 mAh yang bisa diakses dengan membuka penutup belakang ponsel. Hal ini memudahkan Anda untuk mengganti baterai.

Dengan kapasitas baterai yang memadai dan perangkat keras yang tidak terlalu tinggi spesifikasinya, Samsung Galaxy J4 dapat digunakan seharian. Tersedia juga modus penghemat baterai jika baterai ponsel habis sebelum Anda dapat mengisi kembali daya.

Prosesor Exynos 14nm yang Hemat Daya

Prosesor Exynos 14nm

Walaupun termasuk ponsel menengah ke bawah, Samsung tetap membekali Galaxy J4 dengan teknologi yang cukup modern. Salah satunya adalah prosesor Exynos 7570 yang memiliki empat inti ARM Cortex A53 dan dibuat dalam fabrikasi 14 nanometer.

Semakin kecil nanometer fabrikasi prosesor sebuah ponsel, semakin hemat baterai pula ponsel tersebut. Apalagi, Samsung Galaxy J4 hanya memiliki empat inti Cortex A53 yang dikenal sangat ramah konsumsi baterai. Hal ini dapat menjadi keunggulan tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4

Kelebihan Samsung Galaxy J4

  • Layar yang digunakan berjenis AMOLED dengan resolusi HD, sehingga ponsel akan lebih hemat daya dan mampu menampilkan lebih banyak warna.
  • Bentuk ponsel yang klasik dengan layar 16:9 menjadi nilai tambah. Kebanyakan ponsel masa kini menggunakan layar full view sehingga ponsel terlihat bongsor.
  • Samsung Experience UI menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dan tidak sulit digunakan. Versi Android yang dijalankan pun tidak terlalu ketinggalan zaman, yakni Android 8.0 Oreo.
  • Baterai ponsel dapat dilepas sehingga Anda dapat mengganti baterai dengan mudah jika dibutuhkan, misalnya jika baterai sudah rusak.

Kelemahan Samsung Galaxy J4

  • Meskipun ponsel ini mendukung microSD, memori internal yang tersedia tidak terlalu besar, yakni 16GB. Memori internal ini masih terpotong sistem sehingga total memori yang tersedia mungkin hanya berjumlah 8-10GB.
  • Dengan empat inti Cortex A53, Samsung Galaxy J4 tidak akan berlari segesit ponsel menengah lainnya yang sudah dibekali prosesor enam atau delapan inti.
  • Tidak tersedianya opsi biometrik seperti face unlock atau pemindai sidik jari untuk membuka kunci membuat ponsel terasa ketinggalan zaman. Anda harus bergantung pada kode PIN atau kunci pola untuk mengamankan ponsel.
  • Kapasitas RAM yang hanya 2GB membuat proses multitasking sedikit terhambat. Ponsel mungkin menutup otomatis aplikasi yang ada di latar belakang saat memori habis.

Kesimpulan

Di rentang harga 1,7 juta, ponsel ini memiliki banyak saingan, termasuk Redmi 7 dan Realme C2. Meskipun spesifikasi ponsel Samsung ini tidak “wah”  di atas kertas, tetapi masih banyak diminati oleh masyarakat yang mencari merek tepercaya.

Jika Anda menyukai ponsel dengan aspek rasio klasik dan layar AMOLED, Samsung Galaxy J4 bisa menjadi salah satu pertimbangan. Namun jika tidak, ponsel lain dengan harga setara dapat menawarkan spesifikasi yang lebih menarik.

0 Shares:
You May Also Like

Samsung Z2

Samsung Z2: Didukung teknologi jaringan super cepat 4G LTE