Samsung Galaxy J7 Plus

etika pertama kali diluncurkan pada Oktober 2017, Samsung Galaxy J7 Plus dipatok dengan harga Rp4.999.000. Didukung dengan prosesor MediaTek Helio octa-core berkecepatan 2,39 GHz dengan RAM 4 GB, smartphone ini mendapat sambutan baik dari masyarakat karena performanya yang menjanjikan.

Sebagai penerus Samsung Galaxy J7, Samsung Galaxy J7 Plus bersaing dengan OPPO F7 yang memiliki spesifikasi dan kisaran harga yang relatif sama. Keduanya juga menyasar konsumen kelas menengah ke bawah.

Harga Samsung Galaxy J7 Plus

Last Updates: 08 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J7 Plus Rp 2.600.000 Rp 2.000.000
Rilis2017, Oktober
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Dua tahun setelah dirilis, harga Samsung Galaxy J7 Plus masih ada di kisaran 2 jutaan. Penurunan harga ini masih terbilang wajar mengingat banyaknya produk baru dengan teknologi terkini dan persaingan pasar yang ketat.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 7.1 (Nougat)
RAM4GB
ROM32GB
ChipsetMediaTek Helio P20
CPUOcta-core (4×2.4 GHz & 4×1.7 GHz)
GPUMali-T880 MP2
Bodi
Dimensi152.4 x 74.7 x 7.9 mm
Berat180 gram
LayarSuper AMOLED 5.5 inci (1920 x 1080 piksel)
Kamera
Depan16MP, f/1.9
BelakangDual camera: 13MP (f/1.7, autofocus) + 5MP, f/1.9, LED flash
Video[email protected]
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMHybrid dual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaGold, Black
RadioFM radio
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiLi-ion 3.000 mAh

Desain Unibodi Berbahan Metal

Samsung Galaxy J7 Plus body

Jika dilihat sekilas, desain Samsung Galaxy J7 Plus tidak jauh berbeda dengan Galaxy J series lainnya. Yang menjadi pembeda adalah adanya dua modul kamera dan garis antena secara horizontal pada bagian belakang.

Dari segi bahan, Samsung Galaxy J7 Plus menggunakan full metal sehingga terlihat kokoh dan kuat. Memiliki ukuran yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan seri pendahulunya, smartphone ini memiliki berat sekitar 180 gram.

Layar Super AMOLED 5.5 inci Full HD

Samsung Galaxy J7 Plus Body Layar

Salah satu keunggulan Samsung Galaxy J7 Plus ada pada layarnya. Berukuran 5.5 inci, layar Galaxy J7 Plus ditunjang dengan panel super AMOLED beresolusi Full HD. Teknologi ini membuat tampilan layar Galaxy J7 Plus terlihat tajam dan jernih.

Kerapatan piksel pada layar Samsung Galaxy J7 Plus membuatnya cocok untuk kebutuhan multimedia dan bermain gim. Anda dapat merasakan sensasi bermain gim atau menonton video dengan visual yang memanjakan mata.

Dilengkapi Dual Lens Camera

Samsung Galaxy J7 Plus Kamera

Samsung Galaxy J7 Plus dirancang untuk bertarung dengan sesama smartphone kamera lainnya. Dilengkapi dual lens camera beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.7 dan 5 MP dengan aperture f/1.9, Samsung Galaxy J7 Plus digadang-gadang memiliki performa kamera terbaik di kelasnya.

Selain kamera utama, Samsung Galaxy J7 Plus juga memiliki kamera depan beresolusi 16 MP. Kualitas kamera inilah yang membuat Galaxy J7 Plus menjadi incaran para pencinta selfie karena hasil jepretannya dianggap sangat memuaskan.

Respons Sensor Fingerprint Lebih Cepat dan Akurat

Samsung Galaxy A50 On-screen Fingerprint Scanner

Seperti Galaxy J generasi sebelumnya, Samsung Galaxy J7 Plus juga telah dilengkapi sensor fingerprint. Sensor tersebut terletak pada tombol home sehingga mudah untuk diakses pengguna. Akurasi dan kecepatan respons sensornya juga telah mengalami peningkatan dibandingkan seri-seri sebelumnya.

Adapun sedikit kekurangan dari seri ini adalah tombol home yang sedikit lebih keras dan tidak dilengkapi dengan backlight. Meskipun mengurangi kenyamanan ketika digunakan, kekurangan ini tidak memengaruhi kinerja smartphone.

Prosesor MediTek Helio Octa-Core 2.39 GHz dengan RAM 4 GB

Realme 3 Chipset Helio P60

Tidak seperti Galaxy J generasi sebelumnya yang disokong prosesor Exynos, Samsung Galaxy J7 Plus menggunakan prosesor MediaTek Helio octa-core 2.39 GHz. Prosesor ini kemudian didukung dengan RAM sebesar 4 GB yang membuat kinerjanya semakin cepat dan gesit.

Selain itu, untuk ruang penyimpanan, Samsung Galaxy J7 Plus memiliki kapasitas 32 GB yang masih bisa diperluas hingga 256 GB menggunakan micro SD. Besarnya kapasitas ini membuatnya cocok untuk Anda yang sering menyimpan file dalam ponsel.

Ditunjang Teknologi Signal MAX

Ultra Data Saving

Keunggulan lain yang membuat Samsung Galaxy J7 Plus banyak diincar pencinta gadget adalah adanya teknologi Signal Max dan Ultra Data Saving. Kedua teknologi tersebut berguna untuk memaksimalkan penerimaan sinyal dan diklaim dapat menghemat penggunaan kuota hingga 50%.

Sayangnya, untuk daya baterai, Samsung hanya memberikan kapasitas sebesar 3000 mAh. Akan tetapi, meskipun tergolong kecil, ponsel ini dapat menyala selama 12—15 jam dalam kondisi pemakaian aktif, tergantung penggunaan.

Kelebihan dan Kekurangan

Banyaknya kelebihan pada spesifikasi Samsung Galakxy J7 Plus membuatnya masih banyak diminati meski telah dua tahun berlalu setelah dirilis. Tidak mengherankan, hingga tahun 2019 ini harganya masih ada di kisaran 2 jutaan.

Bagi Anda yang berencana membelinya, berikut ini rangkuman kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Plus yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Plus

  • Dilengkapi fitur keamanan fingerprint sensor.
  • Prosesor octa-core dengan kecepatan 2,39 GHz dengan RAM 4 GB.
  • Layar 5.5 incinya didukung teknologi super AMOLED.
  • Terdapat fitur Signal Max untuk memperkuat sinyal dan diklaim dapat menghemat penggunaan kuota hingga 50%.

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Plus

  • Tidak terdapat Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera.
  • Fungsi dual SIM kurang maksimal karena Slot SIM 2 bertipe Hybrid.
  • Kapasitas baterai hanya 3000 mAh dan belum didukung fast charging.
  • Baterai tanam, tidak dapat dilepas.
  • Tidak tahan air dan debu.

Kesimpulan

Meskipun telah diluncurkan sejak dua tahun yang lalu, fitur-fitur Samsung Galaxy J7 Plus masih relevan dengan teknologi saat ini. Ponsel ini cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone gesit antilelet dengan kisaran harga 2 jutaan.

Samsung Galaxy J7 Plus juga cocok untuk para pencinta gim. Tampilan display Full HD, didukung dengan prosesor dan RAM besar membuatnya terasa ringan bahkan ketika digunakan untuk memainkan gim yang terkenal berat.

Adanya dual lens camera juga membuat Samsung Galaxy J7 Plus layak dimiliki oleh para pencinta fotografi. Dengan resolusi tinggi dan dual kameranya, Anda bisa menciptakan gambar berkualitas, bahkan dengan efek bokeh. Secara garis besar, Samsung Galaxy J7 Plus cocok untuk pengguna yang mementingkan kualitas multimedia.

0 Shares:
You May Also Like

Samsung Z2

Samsung Z2: Didukung teknologi jaringan super cepat 4G LTE

Samsung W2019

Samsung W2019: HP para sultan dengan desain seksi dan elegan