Samsung Galaxy J6 Plus

Pertama kali diluncurkan pada Oktober 2018 lalu, Samsung Galaxy J6 Plus tersedia dalam dua pilihan. Perbedaannya terdapat pada kapasitas masing-masing, yakni RAM  3 GB/ROM 32 GB yang dibanderol dengan harga Rp2.800.000 dan RAM 4 GB/ROM 64 GB seharga Rp3.500.000.

Sebagaimana seri J sebelumnya, Samsung Galaxy J6 Plus juga masuk ke dalam jajaran ponsel kelas menengah ke bawah. Ponsel ini diluncurkan bersama Samsung Galaxy J4+ yang memiliki spesifikasi dan harga di bawah Galaxy J6 Plus. Keunikannya terletak pada sensor fingerprint yang ada di bagian samping bodi.

Harga Samsung Galaxy J6 Plus

Last Updates: 08 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J6+(32GB)Rp 2.199.000 Rp1.500.000
Samsung Galaxy J6+ (64GB)Rp 2.599.000Rp1.895.000
Rilis2018, September
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Belum sampai satu tahun setelah diluncurkan, harga Samsung Galaxy J6 Plus telah turun sekitar 1 juta-an. Hal ini berbeda dengan seri J5 Prime atau J5 Pro yang baru mengalami penurunan harga signifikan setelah dua sampai tiga tahun. Penyebabnya kemungkinan persaingan di bidang teknologi yang semakin ketat.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); One UI
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetQualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
Bodi
Dimensi161.4 x 76.9 x 7.9 mm (6.35 x 3.03 x 0.31 in)
Berat178 g (6.28 oz)
Layar6.0 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/1.9
BelakangDual
13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
5 MP, f/2.2, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYa
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Gray, Red, Blue
RadioStereo FM radio, recording
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3300 mAh battery

Hadir dengan Layar Lebih Luas dan Tajam

Samsung Galaxy J6 plus Layar

Ketajaman dan kejernihan layar produk keluaran Samsung memang tidak perlu diragukan. Kali ini, Samsung Galaxy J6 Plus hadir dengan layar 6 inci beresolusi HD+ yang didukung teknologi super AMOLED. Tampilan layarnya juga penuh, tanpa notch.

Kualitas display Samsung Galaxy J6 Plus cocok untuk Anda yang mencari ponsel untuk aktivitas hiburan. Anda dapat bermain gim dan menonton video dengan lebih nyaman dengan tampilan gambar yang luar biasa.

Kualitas Audio Didukung Dolby Atmos

Dolby Atmos Samsung

Seperti Samsung Galaxy J4 Plus, Samsung Galaxy J6 Plus juga telah dilengkapi Dolby Atmos audio stereo. Teknologi ini memungkinkan Anda merasakan sensasi mendengarkan musik dengan kualitas terbaik ketika menggunakan headset.

Kapasitas baterai 3300 mAh juga akan mendukung aktivitas Anda dalam bermultimedia. Dengan penggunaan aktif, daya ponsel ini mampu bertahan selama 12—17 jam. Sangat cocok untuk Anda yang sering beraktivitas melibatkan ponsel.

Sensor Fingerprint di Samping Bodi

Samsung Galaxy J6 plus Sensor Fingerprint di Samping Bodi

Seperti Samsung Galaxy J seri pendahulunya, Samsung Galaxy J6 Plus juga telah dilengkapi sistem keamanan berlapis. Beberapa di antaranya sensor fingerprint, face recognition, dan Samsung secure folder sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai jaminan privasi.

Adapun keunikan dari seri ini adalah peletakan sensor fingerprint-nya. Alih-alih diletakkan di tombol home sebagaimana seri sebelumnya, fitur tersebut justru tersemat di bagian samping bodi Samsung Galaxy J6 Plus. Tepatnya pada sisi samping kanan atas ponsel.

Dilengkapi Dual Kamera

Samsung Galaxy J6 plus Kamera

Samsung Galaxy J6 Plus telah dilengkapi teknologi dual kamera pada kamera belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP autofocus dengan aperture f/1.9. Sementara itu, kamera kedua memiliki resolusi 5 MP dengan depth sensor.

Bagi para penyuka selfie, kamera depan Samsung Galaxy J6 Plus juga cukup dapat diandalkan. Dengan resolusi 8 MP, aperture f/1.9, dan dilengkapi flash LED, membuat ponsel ini mampu mengambil gambar dengan kualitas cukup baik dalam kondisi gelap.

Tampilan Antarmuka Sejajar

Samsung Galaxy J6 plus Samsung Experience 9.5

Samsung Galaxy J6 Plus memiliki tampilan antarmuka Samsung Experience 9.5 yang disokong sistem operasi Android Oreo 8.1. Ini membuatnya memiliki sejumlah fitur tambahan yang dapat Anda temukan pada menu pengaturan. Salah satunya tombol navigasi yang dapat diatur sesuai preferensi pengguna.

Selain itu, tersedia pula fitur dual messenger. Fitur ini memungkinkan anda menggandakan aplikasi tertentu, salah satunya WhatsApp. Terdapat pula fitur cahaya biru pada layar sehingga lebih nyaman ketika Anda menggunakan di ruangan dengan cahaya minim.

Performa Cukup Mumpuni

chipset xiaomi mi a2 lite snapdragon 625

Dari segi performa, Samsung Galaxy J6 Plus tidak terlalu istimewa. Prosesor Snapdragon 430 yang mendukungnya sedikit ketinggalan zaman. Utamanya untuk tipe dengan RAM 3 GB, yang dinilai kurang cocok bagi pengguna yang aktif menggunakan gim dan media sosial.

Performa sensor keamanan Samsung Galaxy J6 Plus juga tidak terlalu cepat. Teknologi face recognition-nya sulit untuk mengenali wajah pengguna dalam kondisi cahaya rendah. Sementara itu, untuk konektivitas, ponsel ini sudah cukup mumpuni karena mendukung jaringan 4G LTE.

Kelebihan dan Kekurangan

Spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy J6 Plus membuatnya mampu mendukung kegiatan multimedia Anda dengan cukup baik. Beberapa fitur unggulan seperti dual kamera, audio Dolby Atmos, dan layar yang tajam memberikan nilai tambah tersendiri untuk ponsel pintar ini.

Bagi Anda yang berencana membeli Samsung Galaxy J6, berikut ini beberapa perbandingan kelebihan dan kekurangannya yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Kelebihan Samsung Galaxy J6 Plus

  • Layar lebih lebar dengan ukuran 6 inci dan rasio 18,5:9.
  • Dual kamera dengan resolusi 12 MP + 5 MP, dapat menghasilkan efek bokeh.
  • Dilengkapi fitur Near Field Communication (NFC) yang dapat digunakan untuk pembayaran digital dan mengecek saldo e-money.
  • Sensor sidik jari yang unik, terletak di samping bodi ponsel.

Kekurangan Galaxy J6 Plus

  • Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 yang dinilai ketinggalan zaman.
  • Belum dilengkapi fitur fast charging.
  • Resolusi kamera depan hanya 8 MP.
  • Kamera depan belum dilengkapi teknologi AI.

Kesimpulan

Samsung Galaxy J6 Plus cocok untuk Anda yang ingin memiliki smartphone Samsung dengan kisaran harga di bawah 3 juta. Akan tetapi, melihat harganya yang cenderung cepat turun untuk ukuran produk keluaran Samsung, tampaknya Galaxy J6 Plus mendapat sambutan kurang baik dari para pencinta gadget.

Di tengah performanya yang banyak dikritik oleh para pencinta gim, Samsung Galaxy J6 Plus memiliki kelebihan yang juga patut diperhitungkan. Salah satunya fitur Live Focus dan dual kamera yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan efek bokeh. Kualitas audionya juga cukup mumpuni sehingga cocok untuk para pencinta musik.

 

0 Shares:
You May Also Like