Redmi 6

Xiaomi Redmi 6 merupakan ponsel pintar yang diluncurkan pada Juni 2018 silam secara global. Ponsel ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau pada tahun 2019. Dengan begitu, ponsel ini cocok bagi Anda yang sedang mencari smartphone on budget.

Banyak fitur unggulan yang terdapat pada smartphone Xiaomi ini. Bisa dibilang, ponsel ini lebih canggih dari segi spesifikasi dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 6A.

Harga Xiaomi Redmi 6

Last Updates: 09 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Xiaomi Redmi 6 (3GB/32GB)Rp1.460.000 Rp1.200.000
Xiaomi Redmi 6 (4GB/64GB)Rp1.650.000 Rp1.350.000
Rilis2018, September
Link terkaitDaftar Harga HP Xiaomi Terbaru

Xiaomi secara resmi meluncurkan ponsel tipe ini ke Indonesia pada September 2018, bersamaan dengan seri Xiaomi Redmi 6A. Seiring berjalannya waktu, ponsel Xiaomi tipe Redmi 6 dijual dengan harga yang semakin terjangkau.

Seperti varian ponsel Xiaomi pada umumnya, Xiaomi Redmi 6 juga dilengkapi berbagai fitur unggulan, seperti facial recognition dan fitur beautify. Dengan harga yang relatif terjangkau, Anda bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang sudah bagus.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo), planned upgrade to Android 9.0 (Pie); MIUI 9.0
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetMediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi147.5 x 71.5 x 8.3 mm (5.81 x 2.81 x 0.33 in)
Berat146 g (5.15 oz)
Layar5.45 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP
BelakangDual
12 MP, f/2.2, 1.25 μm, PDAF
5 MP, f/2.2, 1.12 μm, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Grey, Blue, Gold, Rose Gold
RadioFM radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 3000 mAh battery

Dari segi spesifikasi, ponsel ini bisa dibilang lebih unggul dibandingkan seri Redmi 6A. Jadi, jika Anda masih kurang puas dengan fitur-fitur di Xiaomi Redmi 6A, Anda bisa menambahkan sedikit budget untuk meminang Xiaomi Redmi 6 ini.

Dapur Pacu dan Kapasitas Penyimpanan

Mediatek

Smartphone Xiaomi tipe ini dilengkapi dengan RAM 3 GB atau 4 GB dan dibekali dengan dapur pacu prosespr octa-core. Clockspeed pada dapur pacu tersebut adalah 2,0 GHz dari Mediatek Helio P22.

Tidak hanya itu, Xiaomi Redmi 6 juga dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang lapang, yakni 32 GB dan 64 GB. Ponsel ini juga masih dibekali slot untuk microSD yang bisa menampung data sampai 256 GB.

Bodi Nyaman dan Pas untuk Digenggam

Redmi 6 desain

Jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 6A, tidak ada perubahan desain yang terdapat pada seri Xiaomi ini. Dari segi material, berat, dan dimensi masih sama persis dengan Xiaomi Redmi 6A. Yang menjadi pembeda dari kedua seri ini adalah dengan melihat bagian belakang, tepatnya pada kamera utama.

Dari segi fisik, harga yang ditawarkan, dan apa yang didapatkan oleh pengguna pada ponsel ini terasa sepadan. Dari segi warna, HP Xiaomi seri ini tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu gold, dark, blue, gray, dan black.

Dual Kamera

Redmi 6 dual Kamera

Salah satu keunggulan Xiaomi Redmi 6 dibandingkan ponsel merek lain adalah dari segi kamera. Ponsel ini dibekali dengan kamera utama 12 MP dan 5 MP yang didukung dengan LED Flash.

Sayangnya, walau unggul di sektor kamera belakang, ponsel tipe ini belum bisa bersaing dengan jajaran ponsel pintar lain bagi penggemar selfie. Pada ponsel ini, disematkan kamera standar dengan resolusi 5 MP.

Ukuran Layar Masih Sama dengan Xiaomi Redmi 6A

Redmi 6 Layar

Walau Xiaomi tipe Redmi 6 lebih unggul dibandingkan Redmi 6A pada sektor kamera dan spesifikasi perangkat keras, namun untuk layar masih sama dengan Xiaomi Redmi 6A. Keduanya sama-sama mempunyai ukuran 5,45 inci.

Selain itu, layar tersebut menggunakan panel IPS LCD dan resolusi HD+. Aspek rasio pada ponsel Xiaomi seri ini adalah 18:9. Walau begitu, kualitas layar ponsel ini terbilang mumpuni dan cocok untuk digunakan dalam menjalankan beragam multimedia.

Karena ukuran layar yang tidak terlalu besar, ponsel ini lebih nyaman digenggam dan terasa compact. Cocok untuk Anda, pengguna yang memiliki ukuran tangan tidak terlalu besar.

Dua Fitur Keamanan

finger print Keamanan Tingkat Tinggi

Walau Xiaomi Redmi 6 masuk ke dalam jajaran entry-level, ponsel ini didukung dengan dua fitur keamanan. Tidak hanya fitur fingerprint,  ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur face unlock.  Kamera bagian depannya pun berbasis Artificial Intelegence (AI).

Hemat Daya dan Memiliki Performa Cepat

Redmi 6 Baterai

Karena menggunakan SoC yang mengusung prosesor octa-core 2.0 GHz. Xiaomi mengklaim bahwa SoC ini mempunyai performa yang cemerlang dan juga lebih hemat daya.

Untuk bermain game, Redmi 6 tidak terlalu dapat diandalkan. Namun demikian, untuk game kelas menengah seperti Mobile Legend, ponsel ini masih bisa untuk menjalankannya.

Kapasitas RAM 3 GB dan 4 GB yang disematkan pada Redmi 6 juga mampu meningkatkan performanya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6

Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel tipe ini, ada baiknya Anda menelisik terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut poin-poin terkait kelebihan dan kekurangan Xiaomi seri Redmi 6 yang bisa menjadi pertimbangan.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6

  • Memiliki harga yang terjangkau.
  • Dibekali dengan chipset yang handal.
  • Kapasitas penyimpanan lapang.
  • Memiliki desain yang ringan dan modern.
  • Dilengkapi dengan dual kamera yang berkualitas.

Kekurangan Xiaomi Redmi 6

  • Tidak adanya infrared yang selama ini menjadi fitur unggulan Xiaomi.
  • Tidak dilindungi dengan Gorilla Glass.
  • Tidak ada Near Field Communication (NFC).
  • Kapasitas Baterai Tidak Begitu Besar.
  • Port USB ketinggalan zaman.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan, serta kekurangan di atas, bisa disimpulkan bahwa Xiaomi Redmi 6 merupakan ponsel yang cocok untuk Anda yang menginginkan perangkat canggih namun hanya memiliki bujet terbatas.

Bagi yang masih menggunakan Redmi 5, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk meng-upgrade ponsel Anda ke ponsel tipe ini. Mengingat banyak fitur tersemat yang tidak ada di Xiaomi Redmi 5.

0 Shares:
You May Also Like

Redmi 3 Pro

Redmi 3 Pro: HP low budger berperforma mantap

Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 6: Desain mewah dan solid dalam genggaman