Samsung Galaxy A6 Plus

Samsung Galaxy A6 Plus merupakan smartphone yang masuk ke dalam jajaran selfie expert. Dan merupakan varian yang lebih tinggi dari Samsung Galaxy A6. Spesifikasi unggulan ponsel besutan Samsung ini antara lain kamera selfie 24 MP, fingerprint, dan face recognition.

Dilepas ke pasaran dengan kisaran harga 4,1 juta, Samsung Galaxy A6 Plus sengaja diluncurkan untuk menandingi ponsel selfie expert lainnya yang laris manis di pasaran, seperti Oppo F9. Ada empat pilihan warna  yang tersedia, yaitu biru, emas, hitam, dan lavender.

Samsung Galaxy A6 Plus memiliki keunggulan pada resolusi layar yang lebih baik, jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy J8.  Samsung Galaxy J8 merupakan sesama selfie expert smartphone mid-range keluaran Samsung.

Harga Samsung Galaxy A6 Plus

Last Updates: 07 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A6+ (2018)Rp3.090.000Rp 1.900.000
Rilis2018, Mei
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Setelah rilis pada Mei 2018, harga Samsung Galaxy A6 Plus cukup banyak mengalami penurunan. Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya pesaing hp selfie expert di pasaran.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); One UI
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetQualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Bodi
Dimensi160.2 x 75.7 x 7.9 mm (6.31 x 2.98 x 0.31 in)
Berat186 g (6.56 oz)
Layar6.0 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan24 MP, f/1.9, 27mm (wide)
BelakangDual
16 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF
5 MP, f/1.9, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Proteksi[email protected]
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
NFCYa
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Blue, Lavender
RadioStereo FM radio, RDS, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3500 mAh battery

Kamera yang Mumpuni Beresolusi Tinggi

Samsung Galaxy A6 Plus Kamera Belakang

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Samsung Galaxy A6, yang hanya dibekali kamera depan 16 MP, Samsung Galaxy A6 Plus memiliki kamera dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 24 MP.

Tidak hanya mumpuni pada kamera depannya, Samsung Galaxy A6 Plus juga dilengkapi dua kamera belakang dengan resolusi 16 MP + 5 MP. Dual rear camera ini menghasilkan foto yang jelas dan tajam. Ditambah adanya efek bokeh dan live focus, membuat hasil jepretan kameranya tampak lebih bagus dan artistik.

Samsung Galaxy A6 Plus juga dilengkapi fitur low light camera yang memungkinkan Anda tetap bisa mendapatkan hasil foto yang bagus meskipun berada di tempat yang minim pencahayaan. Selain itu, pada kamera depan juga dilengkapi front LED flash yang dapat diatur pencahayaannya untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Kombinasi Mantap Snapdragon 450 dan RAM 4 GB

Snapdragon 450

Samsung Galaxy A6 Plus memiliki RAM yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya, Samsung Galaxy A6. Ponsel selfie expert ini dilengkapi RAM 4 GB, prosesor Octa-core 1,8 Ghz, dan chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450.

Ponsel ini juga menggunakan GPU Andreno 506 dan Os Android 8.0 (Oreo). Dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal 32 GB, ponsel ini bisa dibilang cukup lega. Jika ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan, pengguna dapat menggunakan micro sd dengan kapasitas hingga 256 GB.

Full Metal Body

body metal a6 plus

Samsung Galaxy A6 Plus menggunakan full metal body, sehingga tampilannya tampak elegan dan mudah digenggam. Dimensi ponsel 160,2 x 75,7 x 7,9 mm, dan bobot 186 gram.

Layar Luas 6 Inci Full HD

Samsung Galaxy A6 Plus Desain

Samsung Galaxy A6 Plus dilengkapi layar yang luas dan melegakan untuk bermain game atau menjalankan multimedia. Dengan layar infinity amoled full HD, membuat pengguna mendapatkan pengalaman menonton video atau bermain game yang lebih menyenangkan.

Panel super amoled yang digunakan pada Samsung Galaxy A6 Plus juga dibekali fitur Always on Display. Jadi, pada posisi layar terkunci, ponsel tetap dapat menampilkan tanggal, jam dan notifikasi.

Daya Baterai Meningkat

Samsung Galaxy A6 Plus Daya Baterai Meningkat

Baterai yang dibenamkan pada Samsung Galaxy A6 Plus lebih tinggi dayanya dibanding seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A6. Kapasitas daya baterai yang dibenamkan pada Samsung Galaxy A6 Plus mencapai 3500 mAh.

Dilengkapi Beragam Fitur Menarik

BIXBY

Samsung Galaxy A6 Plus juga dilengkapi beragam fitur menarik. Mulai dari Bixby Home (personal mobile manager), Samsung Health, Bixby Vision, reminder, dan dual messenger yang memungkinkan pengguna menjalankan dua akun dalam satu ponsel.

Bixby Vision memudahkan pengguna Samsung Galaxy A6 Plus untuk mencari beragam informasi visual, menerjemahkan teks ke beberapa bahasa, dan kemudahan mencari referensi tempat ketika travelling.

Dual Sensor Keamanan

Samsung Galaxy A6 Plus juga dilengkapi fitur keamanan yang mumpuni. Ponsel pintar ini dilengkapi dua sensor keamanan, yaitu sensor fingerprint dan face recognition.

Dual Sim

Dual Sim Samsung Galaxy A6 Plus

Dengan adanya dual sim slot, pengguna Samsung Galaxy A6 Plus pun dapat menggunakan dua sim card dalam satu ponsel. Ukuran kedua slot sim card yang digunakan yaitu nano sim.

Kompatibel dengan Samsung Gear

Samsung Galaxy A6 Plus Kompatibel dengan Samsung Gear

Samsung Galaxy A6 Plus juga kompatibel dengan berbagai seri Samsung Gear, seperti Gear S Series, Gear Fit Series, Gear Sport, Gear Icon X. Hal ini tentu akan membuat pengguna mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus dapat memantau kebugaran

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy A6 Plus

  • Desain body yang kokoh dan elegan
  • Layar penuh (infinity) yang keren
  • Kamera depan dan belakang yang mantap dengan resolusi tinggi
  • Daya tahan baterai bagus
  • Adanya fitur Bixby Vision yang  keren
  • Kualitas suara yang baik untuk menonton video atau mendengarkan musik

Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus

  • Fitur rekaman video yang kurang mumpuni
  • Performa ponsel kurang bagus untuk bermain game yang kompetitif
  • Tidak dilengkapi NFC (Near Field Communication)
  • Tidak memiliki kemampuan pengisian daya baterai yang cepat

Kesimpulan

Samsung Galaxy A6 Plus merupakan ponsel dengan fitur yang lumayan lengkap di kelasnya. Ponsel yang mengutamakan kemampuannya pada kamera ini juga memiliki layar yang bagus dan lebar. Dilengkapi dengan Bixby Vision dan baterai yang tahan lama, ponsel ini jelas sangat menarik.

Sayangnya, ponsel pintar ini belum dilengkapi NFC. Selain itu, baterai yang tahan lama tidak diimbangi dengan kemampuan pengisian daya cepat. Terlepas dari kekurangan yang ada, ponsel ini menarik untuk dimiliki.

0 Shares:
You May Also Like

Samsung Galaxy A8

Samsung Galaxy A8: Menawarkan pengalaman fotografi yang lebih baik dengan kamera 16 MP

Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2: Mendukung jaringan 4G dan berlayar Super AMOLED