Samsung Galaxy A6

Di awal 2018, Samsung Galaxy A6 resmi diluncurkan dengan kisaran harga Rp 3.5 juta. Di penghujung tahun 2019, ponsel dengan RAM 3GB dan storage bawaan sebesar 32GB ini dipasarkan di kisaran harga Rp 2.1 juta.

Hadir bersama saudaranya, Samsung Galaxy A6 Plus, ponsel seri A kali ini menjadi pilihan sempurna untuk kelas menengah ke bawah karena harganya yang tidak mahal, namun mampu menyajikan tampilan yang mewah.

Dengan harga yang begitu ramah di kalangan kelas menengah, OPPO A83 dengan RAM 3GB menjadi saingan Samsung Galaxy A6 di harga Rp2.7 juta. Bagaimanapun juga, Samsung Galaxy A6 siap bersaing dengan tampilan mewah dan sampul metal di seri A kali ini.

Harga Samsung Galaxy A6

Last Updates: 07 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A6+ (2018)Rp3.090.000Rp 1.900.000
Rilis2018, Mei
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Meski dirilis lebih dari satu tahun yang lalu, Samsung Galaxy A6 tetap eksis dengan harga yang tidak terlampau merosot. Harga baru dan harga bekas dari ponsel ini masih sangat terjangkau dengan fitur-fitur ponsel menengah ke bawah.

Anda bisa menemukan Samsung Galaxy A6 di gerai resmi milik Samsung, toko-toko handphone, hingga ke online marketplace. Tabel harga di atas adalah tabel harga yang sudah di-update sesuai harga pasar Samsung Galaxy A6 per Agustus 2019.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); One UI
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetQualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Bodi
Dimensi160.2 x 75.7 x 7.9 mm (6.31 x 2.98 x 0.31 in)
Berat186 g (6.56 oz)
Layar6.0 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan24 MP, f/1.9, 27mm (wide)
BelakangDual
16 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF
5 MP, f/1.9, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Proteksi[email protected]
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
NFCYa
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Blue, Lavender
RadioStereo FM radio, RDS, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3500 mAh battery

Dengan spesifikasi yang demikian lengkap di harga Rp 2.1 juta, Samsung Galaxy A6 bisa dikatakan sebagai ponsel yang mumpuni di kelasnya. Berikut uraian beberapa spesifikasi dari Samsung Galaxy A6 yang  lebih mendetail dan mudah dipahami.

Layar Infinity Display Andalan Samsung

Samsung Galaxy A6 Layar

Tidak hanya dengan ponsel-ponsel flagship-nya, Samsung juga tidak pelit untuk melengkapi Samsung Galaxy A6 dengan layar infinity display super AMOLED dengan rasio 18.5:9 berukuran 5.6 inchi, lengkap dengan resolusi HD+.

Beberapa ponsel flagship yang juga memiliki spesifikasi layar seperti ini ialah Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy Note8. Layar jenis ini memang sudah menjadi pilihan Samsung, bagaimana pun juga layar ini masih yang terbaik di antara berbagai macam layar ponsel di pasaran.

Layar AMOLED bersifat cerah dan vibrant, dan daya jual lainnya adalah bila layar menampilkan warna hitam, layar akan mati, sehingga berpengaruh pula ke daya tahan baterai. Berbeda dengan layar IPS  yang masih mengeluarkan cahaya apabila menampilkan warna hitam.

Kombinasi Kamera 16MP Plus Flash Light Selfie

Samsung Galaxy A6 Kamera

Ponsel ini dilengkapi kamera bermegapiksel 16MP, baik kamera belakang maupun kamera depan dari Samsung Galaxy A6. Tidak perlu khawatir atau takut hasil gambar gelap, karena dengan bukaan lensa f/1.7 di kamera belakangnya, Samsung Galaxy A6 mampu menerima jumlah cahaya lebih banyak sehingga hasil fotonya lebih terang.

Kamera depan dari Samsung Galaxy A6 pun memiliki keunggulan dan keunikan yang tidak banyak ponsel lain miliki, yaitu flash light dengan bukaan f/1.9 yang memungkinkan Anda mengatur kecerahan saat selfie. Mengambil gambar selfie di tempat gelap pun teratasi dengan hadirnya flash light selfie di Samsung Galaxy A6 ini.

Face Recognition dan Fingerprint

Samsung Galaxy A6 Face Recognition

Samsung Galaxy A6 juga sudah dilengkapi dengan face recognition untuk membuka kunci layar, menjadikan ponsel Anda lebih aman. Untuk fingerprint sendiri, ponsel ini meletakkannya di punggung ponsel, tepat di bawah kamera.

BIXBY

BIXBY

Smart Assistant buatan Samsung yang ikut hadir di Samsung Galaxy A6 bertujuan mempermudah user dalam berkegiatan sehari-hari. Fiturnya yang semakin lama semakin banyak, menjadikan smart assistant ini sebagai tambahan yang bisa dibilang oke untuk hadir di ponsel ini.

Salah satu  fitur unggulan Bixby adalah Bixby Vision, fitur ini mampu menerjemahkan bahasa asing langsung dari kamera. Cocok untuk Anda yang suka membaca buku berbahasa asing.

Dolby Atmos yang Memanjakan Telinga

Dolby Atmos Samsung

Dengan fitur ini, Anda bisa menikmati suara yang lebih surround di rumah Anda. Ponsel kelas menengah milik Samsung ini dilengkapi dengan audio dari Dolby Atmos yang menjadikan suara dari headphone lebih mengelilingi dan nyata.

Dari sekian banyak fitur yang ada di ponsel Samsung Galaxy A6, bisa dikatakan bahwa fitur-fitur ini merupakan fitur yang gaul dan diciptakan untuk kaum muda dengan gaya hidup yang mengikuti trend.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy A6

  • Perihal layar, Samsung Galaxy A6 bisa diandalkan dengan layar panel AMOLED yang sudah terkanal di ponsel flagship lainnya. Hal ini menjamin baterai yang irit, warna yang cerah, dan membuat mata tidak mudah lelah
  • Dengan bateran 3500mAh, Samsung Galaxy A6 memiliki daya tahan sekitar 14 jam dengan sisa baterai 30%. Untuk charging, ponsel ini butuh kurang lebih dua jam hingga baterai mencapai full dengan charger bawaannya.
  • Dengan chipset Exynos 7870 Octa, RAM 3GB, dan CPU octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, Samsung Galaxy A6 ini responsive dan tidak mudah ngadat meskipun pengguna multi-tasking.
  • Fitur always on di Samsung Galaxy A6 yang memudahkan user untuk melihat jam tanpa menyalakan layar.

Kekurangan Samsung Galaxy A6

  • Samsung Galaxy A6 bukanlah ponsel yang tercipta untuk gamer atau anak muda yang hobi main game berat seperti mobile legend dan PUBG. Kalaupun ingin, Samsung Galaxy A6 hanya mendukung low setting, dan performanya pun tidak stabil.
  • Perihal selera, terkadang fingerprint yang terletak di bawah kamera tidak nyaman bagi beberapa pengguna.
  • Detail dan akurasi warna yang ditangkap kamera dalam keadaan low light menurun drastic ketimbang mengambil gambar di saat cerah.

Kesimpulan

Ponsel yang membidik sektor kelas menengah ini cocok untuk aktivitas sehari-hari seperti kegiatan multimedia non-gaming, kerja, dan casual gaming. Pecinta game berat benar-benar kurang cocok dengan Samsung Galaxy A6 karena spesifikasi ponsel ini tidak mendukung hard gaming.

Samsung Galaxy A6 termasuk ponsel yang terjangkau di kelasnya dengan fitur-fitur yang mumpuni. Terutama bagi kaum muda yang hobi selfie, menikmati berbagai hiburan di ponsel, dan sekedar multi-tasking menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan ringan.

0 Shares:
You May Also Like

Samsung Galaxy A8

Samsung Galaxy A8: Menawarkan pengalaman fotografi yang lebih baik dengan kamera 16 MP

Samsung Galaxy A7

Samsung Galaxy A7: Dibekali kamera canggih dan teknologi fast charging