OPPO F9 : Mengisi Daya Lima Menit Melakukan Panggilan Dua Jam

Digital Ponsel – OPPO F9 dengan slogan (5 minute charge 2 hour talk) atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan “mengisi daya lima menit dapat melakukan pangilan dua jam” telah dirilis dan resmi dijual di Indonesia ini merupakan penerus OPPO F7 di Tanah Air.

Sebagai penerus OPPO F7 yang belum lama ini juga diluncurkan di Tanah Air, pihak OPPO ingin menyematkan beberapa fitur baru yang tidak dimiliki oleh smarphone terdahulunya pada OPPO F9 ini.

Seperti di awal tentang slogan OPPO F9 bahwa yang diunggulkan di seri ini adalah daya tahan baterai, hal itu terwujud dengan disematkannya Teknologi VOOC yang sudah dipatenkan oleh pihak OPPO.

oppo f9

img : urbandigital.id

Teknologi VOOC bisa dibilang mempunyai pengertian yaitu dengan pemakaian tegangan rendah dapat digunakan untuk pengisian daya arus tinggi dengan mempunyai 5 tingkat perlindungan dari adaptor hingga colokan dan bagian dalam perangkat sehingga akan sangat aman pada saat pengisian baterai, hal ini juga disertai pengatuan oleh smart battery management.

Sehingga memungkinkan OPPO F9 dapat mengisi daya selama 5 menit dan digunakan untuk melakukan panggilan telephone hampir selama 2 jam lamanya.

Disini akan kami akan mengulas spesifikasi lengkap OPPO F9 yang telah dirilis di Indonesia pada tanggal 23 Agustus 2018 lalu, silahkan dipahami untuk referensi jika kalian ingin memiliki smartphone dari OPPO ini.

Rangkuman detail Spesifikasi OPPO F9 :

Dimensi

Seri ini mempunyai sedikit perbedaan dimensi dari pendahulunya OPPO F7 yaitu dengan panjang 156.7 mm, lebar 74.04 mm dan ketebalan 7.99 mm dengan berat 169 gram, walaupun tidak terlalu berbeda dari pendahulunya, tapi dari segi lain sangat berbeda karena adanya beberapa peningkatan yang dilakuakan pihak OPPO untuk F9 ini.

Processor

Dapur pacu OPPO F9 menggunakan Chipset Mediatek MT6771 Helio P60 ,dengan kecepatan prosesor Octa-core 4 x 1.0 GHz Cortex A73 & 4 x 2.0 Ghz Cortex A53, untuk pemrosesan grafis digunakan GPU ARM Mali-G72 MP3 800MHz, meskipun sama dengan pendahulunya F7 bukan berarti hal tersebut bisa dianggap enteng terbukti OPPO F9 dapat melibas beberapa aplikasi secara multitasking dengan cepat dan lancer.

Baca juga :   Harga LG G4 Lebih Murah dari Harga Samsung Galaxy S6 dan Spesifikasi

Memory

Walau mengunakan processor dan GPU yang mumpuni tapi jika tidak didukung dengan RAM yang mumpuni juga maka performanya juga menurun, oleh karena itu OPPO F9 juga didukung dua pilihan RAM yang dapat menyokong performa chipset maupun processornya yaitu dengan kapasitas RAM 4 GB dan 6 GB.

Sector penyimpanan internalnya juga dibekali memory internal 64 GB yang dapat ditambah dengan microSD sampai kapasitas 256 GB. Dengan kapasitas memory penyimpanan sebesar itu dapat digunakan untuk menyimpan baik data game, aplikasi, hasil foto maupun hasil perekaman video dengan leluasa tanpa takut kekurangan kapasitas memori.

Display

Ponsel ini menghadirkan Iayar berkonsep Waterdrop Fullscreen, terdapat notch yang begitu kecil, menyerupai tetesan air atau embun yang jatuh dari dedaunan.

Jika dilihat lagi di dalam notch tersebut terdapat sensor proximity juga sensor cahaya.

Design ini terlihat unik karena tidak memerlukan banyak tempat pada layar tidak seperti tipe OPPO F7. Mengusung tipe layar LTPS IPS LCD capasitive touchscreen dengan ukuran Iayar 6.3 inci. resolusi 2340 x 1080, aspek rasio 19,5:9, 409 ppi density dan persentase screen-to-body ratio sebesar 90.8%. walaupun terlihat luas tapi tetap sangat nyaman untuk digenggam.

Pengguna diharapkan akan memperoleh pengalaman yang menyenangkan saat menonton video, bermain game, ataupun keperluan lain dengan smartphone ini. Dari segi keamanan layar, smartphone ini juga sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass 6 sehingga akan mereduksi kerusakan seandainya terjadi benturan maupun goresan pada layarnya.

Camera

Seri F pada smartphone OPPO memang dikenal dengan kemampuan selfie yang mumpuni. Sehingga OPPO F9 yang merupakan smarphone dengan seri F juga memiliki kamera utama dan Kamera Selfie yang mumpuni yaitu Kamera utama ganda beresolusl 16 MP dengan aperture f/1.8, 1/3.1, 1.0µm dan 2 MP dengan aperture f/2,4.

Baca juga :   Harga Vivo Xplay 5 Elite dan Spesifikasi

Dengan adanya kamera ganda dapat menghasilkan kemampuan portrait mode apalagi adanya AI Beautify memberikan pengguna mempunyai kebebasan untuk bereksplorasi dengan foto bokeh.

Ada juga AI Scene Recognition pada OPPO F9. Teknologl ini dapat mengenali berbagai kondisi pada saat berfoto ( 16 skenario foto ), contohnya bisa mendeteksi pencahayaan ketika berada di tempat dengan intensitas cahaya tinggi ataupun rendah atau saat mengambil gambar pemandangan maka secara otomatis kamera akan mengkonfigurasi kameranya untuk mengambil pemandangan, sehingga mempermudah pengguna pada saat mengambil foto.

Disektor kamera depan OPPO F9 mengunakan resolusi 25 MP dengan aperture f/2.0,26mm, 1/2.8, 0.9µm, HDR Sensor, dan A1 Beauty Technology 2.1. Teknologi kecerdasan buatan tersebut mampu memindai 296 titik spesifik pada wajah dan memberikan 8 juta kombinasi skema beautification, sehingga menangkap keindahan foto lebih natural. Selain itu, OPPO F9 juga membawa Fltur lain pada kamera seperti AR Sticker, mode Super Vivid.

Loading...

Kamera tersebut juga bisa merekam video dengan resolusi Full HD 1080p dengan frame rate 30fps dan video slow motion 120fps dengan resolusi 720p.

Baterai

Pada sector ini OPPO F9 walaupun hanya ditenagai dengan kapasitas baterai 3500mAh tetapi sudah disokong seperti yang dijabarkan pada awal artikel ini yaitu teknologi VOOC sehingga dapat menghemat pengunaan batrai tersebut. Sayangnya baterai tersebut mengunakan system non-removable sehingga apabila ada kerusakan pada batrai tersebut akan sangat susah untuk mengantinya karena harus membongkar bodi belakang dan susah untuk dilepaskan dari cassingnya.

OPPO juga tidak melupakan tentang estetika pada tampilan belakang smartphone ini ,pada bagian cassing belakang, OPPO F9 menggunakan Gradient Spraying Technology untuk menghasilkan gradasi yang halus yang terinspirasi dari warna alami matahari terbit (Sunrise Red), terbenam (Twilight Blue) dan gemerlap bintang ( Starry Purple ), sehingga sangat indah untuk dipandang.

Baca juga :   Harga Asus Zenfone Zoom ZX550 dan Spesifikasi

OPPO F9 mengunakan sistem operasi ColorOS 5.2 dengan basis Android 8.1 Oreo, yang dilengkapi fitur Smartbar dan Google Lens untuk memberikan pengalaman yang maksimal dalam pengoprasian smartphone ini.

Untuk bisa membawa pulang smartphone OPPO F9 ini siapkan dana sebesar Rp 4,299 juta untuk menebus dan membawa pulang smartphone teranyar dari OPPO ini.

 

Spesifikasi OPPO F9
Dimensi
  • Panjang : 156.7 mm
  • Lebar : 74 mm
  • Tebal : 8 mm
  • Berat : 169 gram
Networks dan Connectivity GSM

  • 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM1 dan SIM2

HSDPA

  • 850 / 900 / 2100

LTE/4G

  • Band 1 / 3 / 5 / 7 / 8 / 20 / 28 / 38 / 40 / 41

Speed

  • HSPA 42.2 / 5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat 13 600 / 100 Mbps
Processor Chipset

  • Mediatek MT6771 Helio P60

CPU

  • Octa-core ( 4×1.0 GHz Cortex A73 & 4×2.0 Ghz Cortex A53 )

GPU

  • Mali-G72 MP3
Memory
  • 4 GB atau 6 GB RAM
  • 64 GB ROM
Display Type

  • LTPS IPS LCD capasitive touchscreen, 16M colors

Size

  • 6.3 inches, 97.4 cm² ( 84.0% screen-to-body ratio )

Resolusi

  • Resolusi 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio ( 409 ppi density )

Corning Gorilla Glass 6

Camera Main Camera

  • Dual Camera 16 MP, f/1.8, 1/3.1, 1.0 µm, PDAF, 2MP, f/2.0, 26 mm, 1/2.8, 0.9 µm
  • Video [email protected]

Selfie Camera

Sensor
  • Fingerprint (rear-mounted)
  • Accelerometer
  • Gyroscope
  • Proximity
  • Compass
Ports
  • MicroUSB 2.0, USB On-The-GO
  • 3.5 mm jack
Navigasi
  • A-GPS
  • GLONASS
  • BDS
Media Support
  • MP4/H.264 player
  • MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Battery
  • Non-removable Li-Po 3500 mAh

Kamu pasti juga suka..

Loading...