Samsung Galaxy J5 Prime

Ketika diluncurkan pertama kali pada tahun 2016, Samsung Galaxy J5 Prime dibandrol dengan harga sekitar Rp2.800.000. Untuk spesifikasi, Samsung Galaxy J5 Prime menggunakan prosesor quad-core dengan RAM 2GB, dan kapastias baterai 3000mAH. Cukup mumpuni untuk ponsel pintar kelas menengah.

Meskipun Galaxy J5 Prime tidak terlalu istimewa jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S9 Plus atau Galaxy S8, nyatanya hingga saat ini Galaxy J5 Prime masih ramai peminat. Salah satunya karena ponsel ini terkenal tahan banting dan telah dilengkapi corner gorilla glass 4 sebagai pelindung layarnya.

Harga Samsung Galaxy J5 Prime

Last Updates: 07 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J5 Prime Rp1.700.000Rp850.000
Rilis2016, September
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Jika diperhatikan, tiga tahun berselang setelah pertama kali dirilis, harga Samsung Galaxy J5 Prime ternyata tidak turun terlalu jauh. Ini menandakan, di tengah persaingan produk yang semakin ketat, Galaxy J5 Prime masih menjadi salah satu produk yang diminati konsumen.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 6.0.1 (Marshmallow), upgradable to Android 8.0 (Oreo)
RAM2 GB
ROM16/32 GB
ChipsetExynos 7570 Quad (14 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720 MP2
Bodi
Dimensi142.8 x 69.5 x 8.1 mm (5.62 x 2.74 x 0.32 in)
Berat143 g (5.04 oz)
Layar5.0 inches, PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Proteksi[email protected]
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS/ BDS (region dependent)
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Gold
RadioFM radio; recording
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Ion 2400 mAh battery

Kapasitas RAM dan Storage Mencukupi

fitur vivo v7

Kinerja ponsel Android 6.0 Marshmallow dengan RAM 2 GB ini terbukti tangguh dan andal. Didukung prosesor Exynos 7570 dengan kecepatan Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53, Anda bisa menjalankan aplikasi dengan smooth dan cepat.

Selanjutnya, untuk media penyimpanan, Samsung Galaxy J5 Prime memiliki kapastitas storage sebesar 16 GB. Jika Anda berniat untuk menambah ruang penyimpanan, tersedia juga slot micro SD dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Kamera Depan dan Belakang Jernih dan Tajam

Galaxy J5 Prime Finger Kamera belakang

Kamera utama Galaxy J5 Prime memiliki resolusi 13 MP, dengan aperture f/1.9. Selain itu, tersedia pula LED flash, serta fitur penunjang seperti HDR dan panorama. Kualitas gambar yang dihasilkan pun cukup baik dan tajam, cocok untuk Anda yang suka mengambil gambar  menggunakan ponsel.

Selain kamera utama, tersedia juga kamera depan yang beresolusi 5 MP. Berdasarkan review pengguna, kamera depan Galaxy J5 Prime juga memiliki kualitas gambar yang baik, tajam, bahkan ketika digunakan di ruangan minim cahaya.

Layar 5 inci Beresolusi HD dan Tahan Banting

Galaxy J5 Prime Layar

Sama seperti produk Samsung keluaran tahun 2016 lainnya, Galaxy J5 Prime memiliki layar berukuran 5.0 inci dengan resolusi HD (1.289 x 720 pixel). Meskipun masih menggunakan panel PLS TFT, tampilan layar Samsung Galaxy J5 Prime cukup tajam dan jernih.

Selain itu, layar Galaxy J5 Prime telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4. Dikenal sebagai salah satu pelindung layar terbaik, adanya Corning Gorilla Glass 4 membuat Galaxy J5 Prime disukai para konsumen yang sering beraktifitas di luar ruangan.

Finger Sensor untuk Melindungi Privasi Anda

Galaxy J5 Prime Finger sensor

Untuk menjaga keamanan dan prifasi penggunanya, Samsung Galaxy J5 Prime juga telah dilengkapi dengan pemindai sidik jari. Sensor ini terletak pada bagian depan ponsel, tepatnya menyatu dengan tombol home sehingga memudahkan akses penggunanya.

Selain untuk mencegah orang lain membuka ponsel Anda tanpa izin, sensor sidik jari sangat berguna untuk menjaga keamanan pengguna selama melakukan transaksi seluler. Fitur ini befungsi untuk memastikan bahwa hanya Anda yang memiliki akses untuk menggunakan ponsel Anda.

Koneksi Cepat 4G LTE dan Kapasitas Baterai Mumpuni

Daya Baterai yang Tergolong Besar

Untuk kebutuhan networking, Samsung Galaxy J5 Prime telang didukung jaringan 4G LTE sehingga menawarkan akses internet yang lebih cepat daripada seri pendahulunya. Oleh sebab itu, ponsel ini cocok untuk Anda yang sering berselancar di dunia maya menggunakan ponsel.

Samsung Galaxy J5 Prime juga didukung dengan baterai yang cukup memadai, meskipun tidak terlalu besar. Dengan kapasitas 2400 mAh, membuat ponsel ini bisa bertahan seharian dalam kondisi aktif digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan

Tampilan elegan yang ditunjang dengan berbagai fitur menarik, membuat Samsung Galaxy J5 Prime masih diburu meski telah tiga tahun berselang sejak pertama kali dirilis. Spesifikasinya yang mumpuni, ditunjang dengan bodi yang tahan banting, membuat para pengguna setianya sulit berpaling.

Akan tetapi, selain memiliki berbagai keunggulan, Samsung Galaxy J5 Prime juga memiliki beberapa kekurangan. Bagi Anda yang berniat untuk membeli dalam waktu dekat, berikut ini rangkuman kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Prime yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Prime

  • Bodi ramping dan ringan dengan desain elegan.
  • Ukuran layarnya pas, sudah HD, dan dilindungi Corner Gorilla Glass 4.
  • Penyimpanan internal 16 GB dan bisa diperluas dengan micro SD hingga 256 GB.
  • Sudah dilengkapi fingerprint sensor.
  • Sudah didukung jaringan 4G LTE.
  • Antar muka responsif

Kekurangan Samsung Galaxy J5 Prime

  • Kapasitas baterai tidak terlalu besar (hanya2400 mAh).
  • Memori RAM hanya 2GB.
  • Masih menggunakan Android 6.0 Marshmallow.
  • Layar belum didukung super AMOLED.
  • Tidak tahan air dan debu.
  • Belum didukung teknologi fast charging.

Kesimpulan

Samsung Galaxy J5 Prime merupakan ponsel pintar kelas menengah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Beberapa kekurangan Samsung Galaxy J5 Prime rasa-rasanya tidak terlalu mempengaruhi para pengguna setianya.  Terbukti, hingga saat ini harganya masih cukup tinggi dan banyak diminati.

Jika Anda menyukai ponsel ramping, ringkas, dan tahan banting, Samsung J5 Prime bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain itu, kualitas multimedianya juga mendapat penilaian baik dari para penggunanya sehingga cocok untuk Anda yang suka memanfaatkan ponsel sebagai media hiburan.

Akan tetapi, jika Anda banyak menggunakan aplikasi yang memakan banyak RAM, barang kali harus mempertimbangkan kembali untuk memiliki ponsel ini. Kapasitas RAM-nya yang hanya 2 GB membuat Samsung Galaxy J5 Prime kemungkinan tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat.

0 Shares:
You May Also Like

Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2: Mendukung jaringan 4G dan berlayar Super AMOLED