Samsung Galaxy J4 Plus

Seolah tidak ingin ketinggalan dengan pabrikan ponsel pintar lain,Samsung juga turut merilis ponsel full view di segmen menengah bawah. Beberapa bulan setelah dirilisnya Samsung Galaxy J4, Samsung Galaxy J4 Plus kemudian hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang gemar menikmati konten multimedia.

Namun, dengan harga di bawah 2 juta, Galaxy J4 Plus memiliki banyak pesaing, seperti Realme 3 dan Redmi 7. Untuk dapat bersaing dengan ponsel lain di kelasnya, Samsung telah menyematkan beberapa fitur unggulan pada ponsel ini.

Apa saja fitur unggulan Samsung Galaxy J4 Plus? Beberapa di antaranya adalah Samsung Experience UI berbasis Android 8.1, slot microSD yang terpisah dari slot SIM, dan sensor wajah. Fitur-fitur ini dianggap cukup untuk bekal Galaxy J4 bersaing di kelas bawah.

Harga Samsung Galaxy J4 Plus

Last Updates: 07 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J4+ (16GB)Rp1.579.000Rp1.120.000
Samsung Galaxy J4+ (32GB)Rp1.899.000Rp1.250.000
Rilis2018, Oktober
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Harga yang ditawarkan Samsung untuk ponsel ini cukup bersaing mengingat spesifikasi yang diberikan. Selain itu, ponsel Samsung memiliki kekuatan merek yang cukup baik sehingga harga ponsel tidak terlalu jatuh jika dijual kembali. Hal ini menjadi salah satu keunggulan ponsel Samsung.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo)
RAM2/3 GB
ROM16/32 GB
ChipsetQualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
Bodi
Dimensi161.4 x 76.9 x 7.9 mm (6.35 x 3.03 x 0.31 in)
Berat178 g (6.28 oz)
Layar6.0 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
NFCYa
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Pink, Blue
RadioStereo FM radio, recording
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass - North America
BateraiNon-removable Li-Ion 3300 mAh battery

Layar 18,5:9 dengan Resolusi HD Tanpa Poni

Samsung Galaxy J4 Plus Layar

Samsung Galaxy J4 Plus dibekali dengan layar HD berukuran 6 inci. Namun, layar ponsel ini masih berjenis TFT dengan panel IPS. Jika Anda berharap menemukan layar AMOLED di ponsel ini, bersiaplah untuk kecewa.

Meskipun hanya berjenis IPS, layar ponsel cukup cerah bahkan saat digunakan di bawah teriknya sinar matahari. Namun, resolusi HD 1520×720 yang terbentang nampak kurang untuk ukuran layar 6 inci. Gambar yang tampil tidak setajam ponsel beresolusi full HD.

Samsung Experience UI yang Ramah Pengguna

Plus Samsung Experience UI

Dari segi perangkat lunak, Samsung Galaxy J4 Plus dibekali dengan Android versi 8.1 dengan Samsung Experience UI. Belum diketahui apakah Samsung akan menawarkan Android 9.0 Pie untuk ponsel ini. Jika melihat harganya, nampaknya versi Android ponsel tidak akan mendapat pembaruan.

Meskipun mungkin tidak akan mendapat Android Pie, berbagai fitur menarik tersedia di Samsung Galaxy J4 Plus. Salah satunya yakni Bixby, asisten suara pribadi buatan Samsung. Anda dapat menggunakan Bixby untuk berbagai hal, mulai mengetahui prakiraan cuaca hingga memutar musik.

Slot Microsd Khusus, Tidak Berbarengan dengan SIM

galaxy j4 plus sim card

Beberapa ponsel masa kini memiliki slot memori microSD yang menyatu dengan slot SIM kedua. Walhasil, Anda harus mengorbankan salah satu fungsi jika menggunakan kedua slot. Jika menggunakan microSD, Anda tidak dapat menggunakan SIM 2, dan sebaliknya.

Tren ini tidak diikuti oleh Samsung Galaxy J4 Plus. Slot memori yang dimiliki ponsel ini bersifat khusus, bukan gabungan dengan slot SIM 2. Karenanya, ponsel ini cocok bagi Anda penggemar multimedia yang memiliki dua kartu SIM.

Prosesor Empat Inti 28nm

Snapdragon 425

Dapur pacu Samsung Galaxy J4 Plus ditenagai oleh Snapdragon 425, prosesor empat inti dengan tingkat fabrikasi 28nm buatan Qualcomm. Meskipun terbilang uzur, ponsel masih cukup mumpuni menemani kegiatan sehari-hari. Beberapa permainan yang tidak terlalu berat juga masih dapat dipasang.

Skor AnTuTu yang didapat oleh ponsel ini berkisar di angka 45.000, yang memperjelas fakta bahwa ponsel ini tidak menjual kinerja. Di sisi lain, prosesor yang digunakan berarsitektur ARM Cortex A53 yang hemat daya sehingga baterai ponsel akan tahan lebih lama.

Sensor wajah untuk membuka kunci ponsel

Galaxy J4 Plus face unlock

Sejak dipopulerkan oleh Apple pada iPhone X, sensor wajah menjadi salah satu fitur utama yang dijual pabrikan ponsel. Sensor wajah dipercaya lebih memudahkan pengguna untuk membuka kunci. Pengguna cukup mengarahkan kamera depan ke wajah, tanpa perlu mencari sensor sidik jari.

Samsung Galaxy J4 Plus juga menyertakan sistem sensor wajah untuk membuka kunci. Namun tentunya sensor wajah yang dimiliki tidak secanggih iPhone atau ponsel mahal lain. Sensor wajah Galaxy J4 Plus hanya mengandalkan kamera depan, belum menggunakan sensor inframerah.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy J4 Plus

  • Meskipun mengusung layar dengan aspek rasio terkini, ponsel ini tidak memiliki notch atau dikenal dengan sebutan poni.
  • Fitur face unlock yang disediakan akan memudahkan Anda membuka kunci ponsel tanpa perlu memasukkan PIN atau kata sandi.
  • Slot microSD yang terpisah dengan slot kartu SIM kedua memungkinkan Anda menggunakan kartu SIM kedua dan microSD secara bersamaan.
  • Samsung Experience UI yang digunakan pada ponsel cukup nyaman digunakan meskipun ponsel memiliki spesifikasi yang tidak terlalu mewah.

Kelemahan Samsung Galaxy J4 Plus

  • Baterai ponsel tidak bisa dilepas. Meskipun baterai tanam adalah sesuatu yang umum, baterai tanam akan menyulitkan Anda mengganti baterai jika kelak baterai mengalami kerusakan.
  • Sebagai ponsel menengah bawah, kemungkinan besar Samsung Galaxy J4 Plus tidak akan mendapat upgrade ke Android Pie atau versi yang lebih baru.
  • RAM yang tertanam di ponsel hanya berukuran 2GB. Untuk kegiatan multitasking, jumlah RAM ini sangatlah kurang.
  • Memori internal ponsel yang hanya 16GB juga menyulitkan Anda untuk memasang aplikasi berukuran besar.

Kesimpulan

Di harga 1,7 juta, ponsel ini memiliki banyak pesaing. Fitur dan keunggulan yang dimiliki ponsel mungkin tidak cukup untuk menarik minat pembeli. Apalagi ponsel masa kini memerlukan RAM dan memori internal yang besar karena ukuran aplikasi yang juga membesar.

Jika Anda menginginkan ponsel dengan aspek rasio terkini tanpa poni, Samsung Galaxy J4 Plus boleh dilirik. Namun, jika tidak keberatan dengan poni, Anda dapat memilih Xiaomi Redmi 7 atau Realme 3.

0 Shares:
You May Also Like