Realme C2

Setia di segmen low end, Realme meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia, Realme C2 pada Mei 2019. Terdapat dua spesifikasi, yakni varian RAM 2GB dengan harga Rp1.499.000. Sementara varian RAM 3GB diluncurkan dengan harga Rp1.699.000.

Desain panel belakang smartphone ini mengadopsi konsep Diamond Cut Design yang pernah diterapkan pada Realme 2. Oppo sepertinya meluncurkan Realme C2 untuk bersaing dengan Redmi 7. Meski dari segi jeroannya, Redmi 7 lebih unggul, Realme C2 memiliki harga yang lebih terjangkau.

Harga Realme C2 yang masih pada kisaran 1 jutaan membuatnya menjadi ponsel paling diburu di marketplace Indonesia sejak diluncurkan.  Hingga sekarang, harga Realme C2 masih yang terendah bila dibandingkan dengan ponsel lain yang sekelas.

Harga Realme C2

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Realme C2 (2GB/16GB)Rp1.500.000
Rp1.200.000
Realme C2 (3GB/32GB)Rp1.599.000 Rp1.300.000
Rilis2019, April
Link terkaitDaftar Harga HP Realme Terbaru

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie); ColorOS 6 Lite
RAM2/3 GB
ROM16/32 GB
ChipsetMediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi154.3 x 73.7 x 8.5 mm (6.07 x 2.90 x 0.33 in)
Berat166 g (5.86 oz)
Layar6.1 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.0, 1/5", 1.12µm
BelakangDual
13 MP, f/2.2, 1.12µm, PDAF
2 MP, f/2.4, 1.75µm, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaDiamond Black, Diamond Blue
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh battery

Desain Elegan

Realme C2 Desain

Senada dengan slogan yang dibawa, “Jagoan para pemula”, Realme 2 memiliki tampilan yang elegan. Pada cover belakang ponsel, terdapat ‘Diamond Cut Design’ yang sebelumnya kita lihat pada Realme 2. Tersedia dengan dua pilihan warna, yakni Diamond Black dan Diamond Blue.

Namun, karena material cover terbuat dari material plastik polycarbonat, tak ada kesan glossy yang terlihat seperti Realme 2. Sebagai gantinya, cover Realme C2 memiliki tekstur arsir polygonal sehingga tampak lebih kesat dan aman dari bekas sidik jari.

Tampilan Layar Maksimal

Realme C2 Layar

Realme C2 telah dibekali dengan layar berukuran 6.1-inci. Kehadiran Dewdrop Notch membuat rasio layar ke body mencapai 89.35%. Layar yang minim bezel memberikan tampilan yang lebih lebar. Sangat mendukung saat bermain game dan menjalankan fungsi multitasking.

Untuk perlindungan dari goresan atau kerusakan lain, layar Realme C2 telah dilengkapi dengan Gorilla Glass. Layar juga sudah memiliki material APCF yang memungkinkan pengguna ponsel meningkatkan kecerahan meskipun tengah terpapar sinar matahari.

Kualitas Foto Oke

Realme C2 Foto Kamera

Meskipun masuk segmen low end, Realme C2 tetap bisa memanjakan pengguna yang gemar bereksperimen dengan kamera. Hadir dengan fitur dual-camera belakang, dengan kamera utama 13 MP(f/2.2) dan sekunder 2MP(f/2/4).

Sensor kamera pada Realme C2 telah dibekali teknologi AI yang bisa menghasilkan foto dengan efek blur seperti pada kamera profesional.  Fitur kamera yang patut diapresiasi adalah Chroma Boost Mode. Fitur ini meningkatkan ketajaman pada foto serta memberi eksposur yang lebih seimbang.

Sementara untuk kamera depan, Realme C2 dilengkapi kamera dengan resolusi 5MP (f/2.0). Terdapat pula fitur screen flash yang dapat memanfaatkan cahaya layar demi meningkatkan pencahayaan kamera. Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih fresh, Anda bisa menggunakan mode  beautification dengan pengaturan AI.

Performa Andal dengan Media Tek MT6762

Mediatek

Untuk daya pacu, Realme C2 ditunggangi prosesor MediaTek MT6762. Prosesor ini memiliki konfigurasi octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 2.0 GHz dengan pengolah grafis PowerVR GE8320 GPU.

Saat digunakan, Realme C2 terbukti berjalan lancar. Tak ada gangguan saat melakukan perpindahan antaraplikasi. Konsumsi daya ketika digunakan untuk memainkan game berat seperti Mobile Legends cukup irit.

Daya Baterai

Samsung Galaxy A30 Baterai

Realme C2 memiliki baterai berkekuatan 4000 mAh, sehingga cukup mendukung kinerja ponsel saat dioperasikan seharian tanpa isi ulang. Meski bermain di segmen low end, Realme C2 telah memiliki sistem pengelolaan daya sehingga penggunaan baterai dapat diatur secara efektif dan efisien.

Hadirnya sistem ini sangat membantu terlebih untuk memperpanjang daya tahan baterai serta membuat ponsel tidak over heat meski dipakai secara terus-menerus.

Software Terbaru

sistem operasi xiaomi mi a2 lite android pie

Meski datang dengan harga terjangkau, Realme C2 telah didukung oleh sistem Android Pie versi terbaru, dibalut dengan ColorOS 6 sebagai user interface. Sistem operasi ini memiliki banyak fitur menarik seperti screenshot dengan 3 jari serta kloning aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2

Kelebihan Realme C2

  • Realme C2 memiliki desain Diamond Cut pada cover belakang sehingga tampak unik dan jauh dari kesan tradisional.
  • Menggunakan prosesor MediaTek Helio P22 Octa-core dengan kecepatan hingga 2.0GHz sehingga bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.
  • Masih menyediakan slot khusus untuk kartu microSD. Adapun slot yang ada bertipe hybrid.
  • Meski dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur Face Unlock.
  • Kamera telah dilengkapi dengan fitur HDR sehingga memaksimalkan kinerja kamera dan merekam video beresolusi 1080p.

Kekurangan Realme C2

  • Body ponsel yang terbuat dari material plastik polykarbonat membuatnya rapuh dan rentan rusak.
  • Absennya teknologi fast charging sangat disayangkan karena tak mendukung kapasitas baterai yang besar.
  • Tidak adanya fitur sidik jari menyulitkan para pengguna yang ingin meningkatkan keamanan ponsel.
  • Karena kapasitas baterai yang besar, ukuran body Realme C2 memang cukup tebal dan berat bila digenggam dengan satu tangan.
  • Meski punya fitur pengambilan gambar yang lengkap, hardware kamera ponsel bisa dibilang cukup standar ketimbang ponsel lain di segmen low end.

Kesimpulan

Harga yang mudah dijangkau menjadi daya tarik bagi Realme C2. Dengan spesifikasi sebuah smartphone middle end, plus ketangguhan performa, Anda diberi banyak keistimewaan.

Tak perlu ragu dengan kemampuan ponsel ini untuk menunjang aktivitas Anda. Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, ponsel menjadi lebih awet digunakan seharian. Desain body yang tak pasaran membuat Realme C2 layak masuk dalam daftar pembelian.

0 Shares:
You May Also Like

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro: Smartphone Plus-Plus Bagi Kaum Milenial
Realme X2 Pro

Realme X2 Pro

Realme X2 Pro: Flagship pertama Realme dengan RAM 12 GB dan Quad Camera
Realme 3

Realme 3

Realme 3: Ponsel Berdesain Simpel dengan Spesifikasi Tinggi
Realme U1

Realme U1

Realme U1: Jagoan Para Pencinta Selfie
Realme 2 Pro

Realme 2 Pro

Realme 2 Pro: Ponsel Berdesain Simpel dengan Spefifikasi Tinggi
Realme 2

Realme 2

Realme 2: Ponsel bertampilan mewah dengan harga terjangkau