Cara Melepas / Mengganti Baterai iPhone

Digital Ponsel – Ingin melepas baterai iPhone kamu? Terkadang sebuah smartphone perlu untuk di lakukan perawatan-perawatan di bagian dalamnya, seperti membersihkan debu-debu atau mengganti baterai iPhone yang sudah ngedrop. Kali ini kita akan membahas mengenai cara melepas baterai iPhone atau menggantinya. Cara ini boleh di lakukan oleh kamu apabila yakin untuk membongkarnya sendiri, demi memiliki pengalaman.

Standartnya proses membongkar iPhone secara pribadi tidak diperbolehkan apabila masih mendapatkan garansi dari pihak agen dan distributornya jika mengalami kerusakan. Jika terdapat garansi dan memaksakan diri untuk membongkarnya sendiri, kamu harus relakan masa garansi iPhone kamu akan tidak berguna lagi. Karena setiap membongkar iPhone ada segel garansi yang akan di lepas, hal inilah yang akan menghilangkan garansi iPhone kamu.

Cara ini di perbolehkan untuk dilakukan bagi iPhone kamu yang sudah tidak memiliki garansi. Bagaimana caranya? Simak dan baca terus artikel dibawah ini  untuk mempelajari lebih lanjut cara melepas baterai iPhone.

Perhatian pertama, setiap perangkat iPhone cara melepas baterainya berbeda-beda, tergantung serinya. Karena setiap seri iPhone memiliki design dan cara membuka yang berbeda. Jadi harap di mengerti. Untuk yang kami bahas sekarang adalah melepas baterai iPhone 5.

Sebelum melakukan kegiatan ini, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan untuk mengganti atau melepas baterai iPhone 5 kamu. Apa saja itu?

  • Obeng kembang
  • Obeng kecil
  • Alat pembuka plastik (spudger)
  • Mangkuk pengisap (suction cup) kecil
  • Klip kertas atau alat pembuka kartu SIM
  • Wadah untuk menyimpan sekrup

Cara melepas baterai iPhone

1. Langkah yang pertama adalah melepaskan sekrup-sekrup dibagian bawah. Dengan menggunakan obeng kembang untuk membuka dua sekrup 3,6 mm di bagian bawah iPhone 5 milik kamu.

  • Lokasi Sekrup-sekrup ini ada di samping konektor “Lightning” / USB Charger.
Baca :   Cara Cepat Cek Nomor Tri (3) Milik Sendiri

cara mengganti baterai iphone 5

2. Langkah kedua adalah menggunakan mangkuk pengisap (suction cup) ke bagian layar depan ponsel. Tekan mangkuk  pengisap ke layar iPhone 5 agar bisa di gunakan untuk menarik layar, posisinya berada sedikit di atas tombol Utama. Beri tekanan yang cukup agar menempel sempurna.

  • Mangkuk harus menempel sempurna untuk menahan setengah bagian depan saat Anda mencoba melepaskannya dari bagian bawah.

cara melepas baterai iphone 5

3. Langkah yang ketiga adalah mencungkil selubung belakang bawah. Sambil mengangkat mangkuk pengisap ke atas dengan satu tangan sekaliguas menarik selubung belakang ke bawah dengan tangan lain. Setelah terbentuk celah, kemudian lakukan sisipkan alat pembuka plastik di antara kedua bagian lalu bongkar selubung belakang menjauh dengan lebih kencang.

  • Anda harus menarik kedua bagian ini menggunakan tekanan yang merata dan kencang. Unit layar iPhone 5 dikenal kuat dan sulit untuk ditarik.
  • Lanjutkan menarik ke atas pada mangkuk pengisap saat bekerja dengan alat pembuka plastik.
  • Saat bekerja, Anda akan melihat beberapa klip penahan panel depan ke bagian belakang. Klip ini harus dilepas.
    Untuk saat ini cukup lepaskan bagian bawah dan sisi unit.

cara melepas baterai iphone 5s

4. Langkah yang keempat mengangkat panel depan. Setelah bagian sisi dan bawah terpisah, angkat dan putar panel depan sehingga membentuk sudut 90 derajat dari selubung belakang.

  • Jangan dahulu memisahkan panel depan dari selubung belakang. Karena terdapat kabel pita yang harus dilepas terlebih dahulu. Kabel pita ini adalah kabel penghubung mesin dengan layar lcd iPhone 5 kamu.
Baca artikel lainnya :

5. Langkah yang kelima adalah melepaskan braket kabel. Dengan menggunakan obeng untuk melepas sekrup sekitar braket kabel. Kemudian gunakan jari untuk mengangkat braket kabel unit yang masih belum terlepas bagian depan dari papan induk di dalam selubung belakang.

  • Terdapat tiga sekrup yang harus dilepas: dua sekrup 1,2 mm dan satu sekrup 1,6 mm.
  • Simpan sekrup tersebut jangan sampai hilang.
Baca :   Daftar Kode Rahasia Semua HP Android Terbaru

6. Langkah yang keenam adalah melepaskan kabel unit. Dengan menggunakan alat pembuka plastik untuk melepaskan kamera bagian depan dan kabel sensor, kabel digitizer, dan kabel LCD. Cukup angkat kabel dan lepaskan menggunakan ujung alat.

  • Langkah ke enam sini, Kamu sudah bisa melepas sepenuhnya panel depan dari body bagian belakang tanpa merusak apa pun.
Produk Apple iPhone :
harga Apple iPhone 5s apple iphone 6s harga iphone 7 apple iphone 8
Apple iPhone 5 Apple iPhone 6 Apple iPhone 7 Apple iPhone 8

7. Langkah ketujuah adalah dengan melepaskan braket konektor baterai. Lepaskan dua sekrup di sepanjang braket konektor baterai logam. Braket ini berfungsi untuk menahan konektor baterai di papan induk. Setelah sekrupnya dilepas, gunakan jari Anda untuk melepas braket konektor.

  • Ada dua sekrup yang harus dilepas: satu sekrup 1,8 mm dan satu sekrup 1,6 mm.

8. Langkah kedelapan adalah mengangkat konektor baterai. Sisipkan ujung alat pembuka plastik ke bawah konektor baterai, dorong ke atas sehingga keluar dari soketnya di papan induk.

  • Kerjakan dengan hati-hati. Anda hanya harus melepas konektor baterai, bukan soketnya.

9. Langkah yang terakhir adalah mencungkil baterai hingga terlepas. Tempatkan tepi alat pembuka plastik di antara baterai dan selubung belakang ponsel. Jalankan alat di sepanjang tepi kanan untuk mencungkil baterai di beberapa titik untuk melepasnya.

  • Kerjakan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada ponsel atau baterai.
  • Jika perlu, gunakan tab penarik plastik bening di baterai untuk mengupas bahan perekat yang menahannya di selubung belakang iPhone.
  • Langkah ini menyelesaikan proses melepas baterai.

Peringatan melepas baterai iPhone

Melepas baterai dari iPhone akan membatalkan garansi ponsel. Jika masih ada garansi untuk ponsel, lebih baik bawa ponsel ke pusat layanannya untuk gratis melepaskan baterai. Namun jika tidak ada garansi, melepas baterai sendiri bisa jauh lebih murah daripada membawanya ke layanan profesional.

Baca :   Bahaya Mengisi Daya / Charger Hp Android Lewat Laptop
Baca juga :

Matikan iPhone sebelum melepas baterainya. Jika tidak, Anda bisa tersengat listrik dan membuat ponsel rusak.
Gunakan alat pembuka plastik. Alat pembuka logam akan merusak ponsel.

Tri

Family and Quality Conten is number one ! - Ajukan Pertanyaan di sini

Kamu pasti juga suka..

Tinggalkan jejak gan