iPhone 5C

Sejak rilisnya pada September 2013 lalu, iPhone 5C diakui sebagai ponsel unggulan Apple pada masanya. Selain tampilan casing plastik polikarbonat trendy dengan warna-warni pastel ceria, gawai penerus iPhone 5 ini juga dilengkapi kamera 8 MP yang mumpuni.

Dari segi harga pun, iPhone 5C lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya, iPhone 5. Cukup dengan Rp1.000.000 (harga bekas) saja, Anda sudah dapat memiliki ponsel tersebut. Hampir semua fitur pada spesifikasi kedua gadget tersebut sama, kecuali casing dan jumlah kapasitas memori internalnya.

Meski masih diminati, ponsel yang sudah tidak diproduksi lagi sejak September 2014 ini akan sulit berkompetisi dengan gadget terbaru tahun 2019. Banyak fiturnya yang sudah ketinggalan zaman. Apple sudah akan merilis iOS 13, sementara iPhone 5C masih menggunakan iOS 7.

Harga iPhone 5C

Last update: 31 Juli 2019
Tipe PonselHarga BaruHarga Bekas
iPhone 5C 8 GB-Rp1.000.000
iPhone 5C 16 GB-Rp1.100.000
iPhone 5C 32 GB-Rp1.270.000
RilisSeptember 2013 (Global)
Link terkaitDaftar Harga iPhone Terbaru

Saat dirilis, iPhone 5C dibanderol sekitar Rp7.000.000. Namun, kini harganya sudah menurun drastis seiring dengan perkembangan zaman dan semakin tingginya persaingan antar merek. Kini harga di pasaran tidak sampai Rp1.500.000. Itulah mengapa masih banyak orang yang “memburu” ponsel tersebut.

Kini, Anda dapat membeli iPhone 5C di toko-toko online terkemuka. Perlu diingat, cek kondisi keseluruhan ponsel, karena produk ini hanya tersedia dalam kondisi bekas atau refurbished (diperbarui).

Spesifikasi

Platform
OSiOS 7, upgradable to iOS 10.3.3
RAM1 GB
ROM8GB/16GB/32GB
ChipsetApple A6
CPUDual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based)
GPUPowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics)
Bodi
Dimensi124.4 x 59.2 x 9 mm
Berat132 gram
ProteksiCorning Gorilla Glass, oleophobic coating
LayarIPS LCD 4 inci (1.136 x 640 piksel)
Kamera
Depan1.2MP, f/2.4, 35mm
Belakang8 MP, f/2.4, 33mm, LED flash
Video1080p @30fps
FiturTouch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMSingle SIM Nano
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS
NFCNo
Jack audio 3.5mmYes
USB2.0, reversible connector
Lainnya
WarnaWhite, Blue, Green, Yellow, Pink
RadioFM radio
SensorAccelerometer, Gyro, Proximity, Compass
BateraiLi-Po 1510 mAh
Fast ChargingNo

Spesifikasi iPhone 5C kurang lebih sama seperti pendahulunya, iPhone 5 dan iPhone 5S. Terdapat sedikit perbedaan, yaitu casing, ukuran kapasitas memori internalnya, dan beberapa fitur spesifikasi lainnya. Berikut uraian mengenai spesifikasi iPhone 5C.

Tampilan Casing dan Layar yang Menarik

Pilihan Warna iPhone 5C

Strategi Apple saat merancang iPhone 5C adalah menggunakan bahan plastik polikarbonat untuk casing bodinya. Berbeda dari iPhone 5 dan iPhone 5S yang dibalut dalam aluminium. Sehingga harganya bisa ditekan.

Dengan bobot 132 gram dan dimensi 124,4×59,2×8,97 milimeter, iPhone 5C terhitung lebih tebal dan berat dibandingkan iPhone 5 dan iPhone 5S. Hadir dalam warna-warni pastel ceria (putih, biru, hijau, kuning, dan pink), ponsel pintar ini banyak diminati wanita.

Meski tidak dilapisi anti-gores dan oleophobic coating, iPhone 5C juga disukai karena layarnya yang berukuran 4 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi 1136×640 piksel, sehingga lebih ringan dan mudah masuk saku celana.

Daya Chipset dan RAM yang Mumpuni

Apple A6 Chipset

Seperti pendahulunya, iPhone 5C diberi kekuatan chipset Apple 6, RAM 1GB, dan sistem operasi iOS 7. Gawai ini juga dibekali GPU PowerVR SGX 543MP3 dengan triple-core pada sektor pengelolaan grafis. Sangat mumpuni di eranya!

Soal penyimpanan, iPhone 5C tidak dilengkapi dengan lubang untuk kartu memori eksternal. Bila Anda tertarik untuk membelinya, Anda sudah harus cukup puas dengan kapasitas memori internalnya yang terbagi dalam tiga pilihan, yaitu 8GB, 16GB, serta 32GB.

Kombinasi Sangar antara Kamera 8 MP dan 1,2 MP

Kamera iPhone 5C 8MP dan 1,2 MP

Untuk mengambil gambar, kamera utama iPhone 5C beresolusi 8MP dan didukung dengan fitur LED flash, aperture f/2.4, dan facial recognition. Meskipun termasuk ukuran resolusi standar, hasil jepretan kamera ini cukup jernih dan memuaskan.

Sayangnya, bagi Anda yang memiliki hobi selfie, kamera depan iPhone 5C tidak dapat benar-benar memuaskan hati. Ukuran resolusinya yang hanya 1,2MP tidak dapat menghasilkan foto selfie yang jernih.

Kombinasi duo kamera ini juga dapat merekam video berkualitas High Definition beresolusi 1080p (kamera belakang) dan 720p (kamera depan). Cukup sangar untuk kamera ponsel sekelasnya, bukan?

Peningkatan pada Daya Baterai

Salah satu hal yang membedakan iPhone 5C dari pendahulunya adalah baterai yang ditanam dalam bodi ponsel tersebut. Meski tidak dapat dibongkar-pasang, baterai ini telah mengalami peningkatan daya dari 1440 mAh (untuk iPhone 5) hingga menjadi 1510 mAh.

Daya baterai yang telah ditingkatkan oleh Apple ini memungkinkan penggunanya untuk menelepon dan memutar video selama 10 jam dalam sehari. Dengan daya baterai ini, iPhone 5C juga dapat stand by hingga 250 jam. Penggunaan internet 3G pun hingga 8 jam.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5C

Sebelum memutuskan untuk membeli iPhone 5C, Anda dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya yang dijabarkan dalam poin-poin berikut ini.

Kelebihan iPhone 5C

  • Dalam sektor dapur pacu, iPhone 5C dilengkapi sistem operasi iOS 7 yang dapat ditingkatkan hingga iOS 10.3.3. Chipset Apple 6 yang disertakan juga dapat mempercepat kinerja ponsel sebanyak 1.3 GHz.
  • Kamera utama gawai ini beresolusi 8MP yang mampu menghasilkan foto-foto berkualitas, plus fitur lainnya yang dapat mendukung kejernihan foto seperti dual LED, auto-focus dan Sony Exmor R IMX145 (sensor yang membuat gambar menjadi berkualitas High Definition).
  • Gadget ini dilengkapi Siri, asisten pribadi yang cerdas serta navigator pengetahuan. Aplikasi yang merupakan salah satu daya tarik iPhone ini dapat menjawab pertanyaan, memberi saran, dan mendelegasikan permintaan ke layanan Web.

Kekurangan iPhone 5C

  • Ponsel iPhone 5C hanya berkapasitas RAM 1GB saja sehingga berisiko memperlambat kinerja ponsel, terutama saat membuka aplikasi.
  • Material plastik untuk casing bodi memang anti gores, namun rentan retak atau bahkan pecah bila terkena benturan.
  • Konektivitas yang belum didukung 3G/4G dapat memperlambat koneksi ke internet dan tentunya akan menyusahkan bila Anda ingin mengakses internet dengan gawai ini.

Kesimpulan

Meskipun iPhone 5C sangat fashionable dari segi tampilan, banyak fiturnya yang sudah
tertinggal jauh, sehingga berisiko menyulitkan pengguna dalam mengakses internet.

Lagi pula, di harga yang kurang lebih sama, kini sudah banyak ponsel Android yang
menyaingi spesifikasi iPhone 5C. Contohnya, Huawei P9 dan Oppo F1s dari segi kamera.
Atau, Samsung Galaxy S7 dan Xiaomi Mi5 dari segi performa RAM dan prosesor.

Untuk itu, perlu dipertimbangkan lagi secara matang sebelum Anda memutuskan untuk
membeli ponsel iPhone 5C yang sudah tergolong ponsel “jadul” ini.

0 Shares:
You May Also Like

iPhone 7

iPhone 7: Nyaman dalam genggaman
iPhone 6s Plus

iPhone 6s Plus

iPhone 6s Plus: Veris bongsor dari iPhone 6s dengan kamera 12 MP
iPhone SE

iPhone SE

iPhone SE: Smartphone mungil dengan spesifikasi gahar paduan iPhone 5s dan iPhone 6s

iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus: Hadir dengan desain yang lebih kaya warna
iPhone 6s

iPhone 6s

iPhone 6s: Produk Apple pertama yang menggunakan kamera di atas 10 MP!

iPhone 5S

iPhone 5s: Hadir dengan sistem operasi iOS 7