Fakta Menarik Seputar Samsung Galaxy Note 8 Versus iPhone X

Digital Ponsel – Bagi Anda yang sedang berminat untuk membeli smartphone Samsung Galaxy Note 8 atau iPhone X, sebaiknya melakukan peninjauan ulang mengenai segala spesifikasi yang ada. Keduanya sengaja dirilis oleh perusahaan masing-masing dengan memiliki spesifikasi yang hampir sama, karena memang itulah kompetisi dalam dunia smartphone.

Perbedaan spesifikasi antara Samsung Galaxy Note 8 Versus iPhone X:

Iphone x vs note 8

img: businessworld.in

Berdasarkan Desain

Bukan lagi rahasia bahwa iPhone adalah brand mewah yang sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan perusahaan Apple sering sekali mengeluarkan versi terbarunya dengan update sepsifikasinya.

Walaupun demikian, brand yang satu ini mengenai desain memang tidak berubah, sehingga Anda akan melihat adanya desain utama seperti body yang serupa antara versi terdahulu dengan yang terbaru. Maka dari itu ada beberapa pengguna yang menjulukinya konservatif dalam hal desain.

Perbedaan pada body yang terjadi pada iPhone X adalah ukuran body dan layar yang lebih besar dibandingkan dengan iPhone 8 Plus. Jadi tidak lagi ada tombol Home pada iPhone X dan keseluruhan fungsi dari tombol itu telah berbaur dengan layar sentuh. Kemudian, iPhone X memilki ukuran display sebesar 14,73 cm, sehingga sangat nyaman dipegang ditangan.

Sedangkan pada Samsung Galaxy Note 8 memiliki display dengan ukuran 16 cm dan desain yang modern. Pada bagian tepi kanan dan kiri memiliki sudut yang memudahkan tangan penggunanya untuk menggenggam smartphone ini.

Dari satu seri ke seri lainnya yang semakin baru, Anda akan mengamati bahwa Samsung juga selalu berinovasi mengenai bentu body dan cashing. Bentuk desain dari smartphone ini sengaja dibuat terlihat modern dan elegan.
Samsung Galaxy Note 8 memiliki 4 pilihan warna, yaitu hitam, silver, gold, dan merah muda. Semua warna yang ada didesain dengan tampilan yang nude, sehingga semakin menambahkan kesan mewah pada smartphone ini. Kemudian, iPhone X tersedia dalam dua macam warna yaitu space Grey dan silver.

Baca juga :   Galaxy A8 VS Galaxy S8, Lebih Keren Mana?

Processor

Setelah membahas mengenai bagian desain, hal lain yang penting untuk diketahui adalah Processor. Komponen ini adalah yang paling penting saat Anda hendak memilih untuk membeli smartphone, karena ia berfungsi sebagai mesin utama. Processor sangat berhubungan dengan kemampuan smartphone dalam menjalankan berbagai aplikasi.

Pada iPhone X, tipe processor yang digunakan adalah A11 Bionic chip dengan 64-bit. Processor ini sengaja digunakan secara special oleh perusahaan Apple yang mana kemampuannya setara dengan six-core atau biasa disebut hexa-core dari CPU. Processor ini mampu memproses grafis 30% kali lebih cepat dibandingkan dengan A10, yang merupakan processor versi sebelumnya.

Dengan kata lain, A11 adalah processor sangat canggih yang mampu menunjang kinerja fotografi komputasi dan memungkinkan adanya estimasi pencahayaan, penangkapan warna yang lebih canggih, dan mampu meningkatkan pixel pada gambar, sehingga memiliki resolusi yang lebih tinggi.

Kemudian pada pihak pesaing yaitu Samsung Galaxy Note 8, ternyata menggunakan Exynos 8895 yang dilengkapi dengan processor octa-core. Anda pasti bertanya-tanya apa keunggulan dari processor ini. Jawabannya adalah processor ini didesain untuk menghemat konsumsi baterai sebanyak 40% dibandingkan dengan processor 14nm LPE FinFET.

Octa-core pada Samsung Galaxy Note 8 memungkinkan untuk memproses program kecerdasan buatan dan deep learning dengan lebih cepat. Processor ini juga memungkinkan untuk melakukan downlink dengan mengintegrasikan modem LTE yang mendukung 5CA.

Processor ini memungkinkan untuk melakukan downlink mencapai 1 Gbps. Jadi setelah dipaparkan mengenai processor masing-masing, Anda bisa memilih jenis smartphone sesuai dengan kebutuhan Anda.

Loading...

RAM

Smartphone iPhone X memiliki memori sebesar 3GB RAM dan Samsung Galaxy Note 8 dilengkapi dengan memori sebesar 6GB RAM. Jadi bisa disimpulkan bahwa Samsung Galaxy Note 8 memiliki spesifikasi memori lebih besar daripada iPhone X.

Baca juga :   Infinix Zero 5 Versus Oppo F5, Lebih Ciamik Yang Mana?

Kamera Depan dan Belakang

Kamera belakang dari iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8 adalah sebesar 12 megapixel. Pembedanya terletak pada bagian lebar kamera yang mana iPhone X dilengkapi dengan f/1.8 wide-angle.

Kamera belakang dari iPhone X memiliki penstabil otomatis, sehingga sangat cocok digunakan untuk merekam video. Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 dilengkapi dengan f/1.7 wide-angle memilki fokus yang baik, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar panorama.

Jadi, pada bagian kamera belakang dapat dikatakan bahwa masing-masing produk memiliki keunggulan tersendiri. Selanjutnya adalah pembahasan mengenai kamera depan dari iPhone X yang mana sebesar 7 megapixel yang memiliki fitur f/2.2 aperture dan retina flash.

Sedangkan kamera depan dari Samsung Galaxy Note 8 adalah 8.8 megapixel yang memiliki f/1.7 aperture. Kamera depan dari smartphone ini memungkinkan untuk melakukan pengambilan gambar selfie dengan fokus.

Ketahanan Baterai

Perusahaan Apple mengklaim bahwa iPhone X dapat bertahan hidup tanpa dicharge selama 21 jam bila terus-menerus digunakan untuk menelpon dengan menggunakan Wi-Fi, 12 jam bila menggunakan internet, dan 60 jam bila menggunakan audio secara berkelanjutan.

Sedangkan pada Samsung Galaxy Note 8 memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 3300 mAh yang mana merupakan baterai tanam. Baterai dengan kapasitas sebesar ini tetap saja tidak mampu untuk digunakan berselancar internet sampai seharian.

Hanya saja setelah habis, baterai sangat mudah untuk diisi dan memerlukan waktu sekitar 90 menit sampai baterai terisi penuh. Jadi dalam hal ini, kedua produk itu memiliki ketahanan kapasitas baterai yang hampir sama.

Ketahanan Terhadap Debu dan Air

Produk keluaran Apple tersebut dilengkapi dengan IP67 yang mana dibawah pengawasan standar International Electritechnical Commission (IEC) 60529. IP67 diklaim memiliki ketahanan secara kontak langsung terhadap debu dan tanah selama 8 jam. Spesifikasi ini ditunjukkan dengan angka 6 setelah “IP”.

Baca juga :   Oppo F7 vs Oppo F5, siapa yang lebih unggul?

Sedangkan angka 7 setelah angka 6 menunjukkan tingkat ketahanan terhadap air jika smartphone dicelupkan sampai dengan kedalaman 1 meter pada air tawar selama setengah jam. Walaupun demikian, jangan coba dengan sengaja untuk memasukkan iPhone X Anda ke dalam air.

Kemudian, Samsung Galaxy Note 8 didesain dengan pelindung dari debu dan air bertipe IP68. Pelindung ini mampu melindungi dari debu dan tanah yang dilambangkan dengan angka 6 sama seperti iPhone X.

Sedangkan, angka 8 menunjukkan kepada bahwa produk Samsung ini mampu terbenam ke dalam air tawar sampai sedalam 3 meter dan dalam waktu sedikit lebih dari 30 menit. Jadi dalam hal ketahanan terhadap air dapat dipastikan bahwa Samsung Galaxy Note 8 lebih unggul dibandingkan dengan iPhone X, karena mampun mencapai kedalam lebih dari 1 meter dan sampai pada 3 meter.

Perbandingan Harga

Dengan segala spesifikasi yang telah dijelaskan di atas, Samsung Galaxy Note 8 dapat dibanderol seharga sekitar $899 yang mana setara dengan Rp 12.900.000,00. Sedangkan harga dari iPhone X adalah dikategorikan berdasarkan kapasitas penyimpanan data sebesar 64GB atau 256GB.
Untuk iPhone X dengan kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB dapat dibeli seharga Rp.15.000.000,00 dan 256 GB seharga Rp. 16.800.000,00. Harga yang sangat fantastis dan sama – sama tidak murah bukan untuk kedua jenis brand tersebut.

Kamu pasti juga suka..

Loading...