Aplikasi Fidusia Online

Diantara inovasi yang diluncurkan Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham untuk meningkatkan layanan kepada warga yaitu aplikasi Fidusia online. Dengan keberadaan platform tersebut maka layanan hukum fidusia akan makin akurat, responsif dan tanpa adanya pungli yang menganggu rasa keadilan rakyat.

Aplikasi Fidusia Online

Apa itu Aplikasi Fidusia Online?

Anda dapat mengalihkan kepemilikan suatu benda atau Fidusia melalui aplikasi yang tersedia, tanpa harus pergi ke kantor. Hal ini dapat mempercepat dan mempermudah pembuatan akta jaminan fidusia online notarial.

Baca: Aplikasi Lowongan Kerja

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi Fidusia, sebaiknya dimulai dengan memahami apa itu aplikasi Fidusia Online. Aplikasi Fidusia Online adalah website atau program yang membantu pengalihan kepemilikan suatu benda atau fidusia secara online.

Dulu, pendaftaran fidusia hanya bisa dilakukan secara manual di Kantor Pendaftaran Fidusia, dan bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Sekarang, Anda bisa mendapatkan sertifikat jaminan fidusia secara online.

Selama ini untuk pengurusan fidusia atau jual beli kendaraan masih ditemui berbagai pungli. Oleh sebab itu keberadaan aplikasi fidusia online dimaksudkan agar bisa mengurangi berbagai kondisi yang tak dikehendaki itu. Lewat aplikasi fidusia online itu artinya seluruh sertifikat jaminan fidusia bisa dicetak dengan segera. Pengguna malah bisa mencetak dokumen fidusia kira-kira 7 menit saja. Tadinya, registrasi fidusia secara manual di Kantor Pendaftaran Fidusia membutuhkan waktu beberapa bulan.

Akan tetapi dengan sistem online, segala kendala tadi saat ini dapat tertangani secara baik. Di samping keuntungan waktu yang lebih singkat, biaya yang mesti dibayarkan ketika registrasi fidusia pun kian sedikit. Faktor itu bisa dilakukan sebab notaris cuma akan menarik biaya pembuatan akta kepada perusahaan pembiayaan. Ini pastinya merupakan sisi yang sangat bagus sebab selama ini, tarif registrasi fidusia tak standar yang cenderung mahal sebab mekanisme pendaftaran yang memerlukan waktu lama ditambah melibatkan banyak instansi.

Aplikasi Fidusia Online ini memiliki sistem kerja yang harus dipahami agar dapat memanfaatkan aplikasi dengan maksimal. Sistem kerja dari aplikasi fidusia ini didasarkan pada jenis transaksi yang berbeda, seperti pendaftaran, daftar transaksi, dan juga perubahan. Anda bisa menggunakan semua jenis transaksi fidusia tersebut, namun proses perubahan menu dalam aplikasi tetap berjalan.

Pendaftaran fidusia biasanya merupakan proses yang panjang dan mahal, yang melibatkan banyak pihak yang berbeda. Aplikasi ini merampingkan proses dengan mengurangi jumlah pihak yang terlibat dan mempercepat proses secara keseluruhan.

Notaris biasanya terbiasa dengan pendaftaran fidusia secara manual, karena sebagian besar pekerjaan mereka berkisar pada akta otentik dan dokumen fisik. Namun, aplikasi online membuat prosesnya jauh lebih praktis.

Lebih-lebih tugas pokok dari notaris yang ada hubungannya dengan akta otentik pastinya menyebabkan notaris sering menghadapi dokumen dalam bentuk fisik. Hanya saja dengan hadirnya aplikasi fidusia online ini maka diharapkan notaris akan dapat menyesuaikan diri.

Pada masa mendatang, setiap pihak berkeyakinan jika notaris akan lebih menerima adanya kemajuan teknologi yang begitu cepat. Oleh karena itu pastinya mereka dapat makin terbiasa dengan pekerjaan berbasis online. Salah satunya adalah pengurusan pendaftaran fidusia.

Tapi segala sesuatunya butuh waktu dan proses agar aplikasi fidusia online dapat berfungsi dengan optimal. Berkat kehadiran mekanisme pendaftaran fidusia online sendiri, penerimaan yang akan diperoleh negara dari PNBP akan meningkat secara signifikan. Kecuali itu langkah penghematan dari pengeluaran negara pun bisa dipangkas dengan baik.