Cara Restore Chat Whatsapp

Beberapa cara restore chat whatsApp perlu Anda coba, terutama jika mengalami kehilangan data atau harus menginstall aplikasi Wa ini di lain smartphone. Beberapa pesan pasti akan terhapus sehingga perlu adanya upaya dalam mengembalikan untuk melihat riwayat obrolan terdahulu.

Cara Restore Chat WhatsApp di Berbagai Media

Cara mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah dihapus atau terhapus memang terdiri dari beberapa macam. Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan dan juga melihat riwayat chat wa kamu di file cadangan jika telah melakukan backup sebelumnya dimana hal ini memang perlu dilakukan. Berikut ulasannya:

Cara restore chat whatsApp

  1. Cara Lihat dan Restore Chat WhatsApp di Hp Android

Cara restore chat WhatsApp hanya bisa dilakukan ketika sebelumnya sudah melakukan backup data wa. Langkah ini dianggap penting demi meminimalkan adanya kehilangan riwayat obrolan bersama orang lain. Sayangnya masih banyak pengguna yang belum sadar akan pentingnya memiliki file cadangan.

Caranya, Ada bisa menghapus aplikasi WhatsApp terlebih dahulu dari hp android kamu. Namun sebelum itu pastikan sudah mencadangkan pesan. Selanjutnya bukalah Google Play Store dan lakukan instalasi ulang aplikasi wa. Lanjutkan dengan melakukan verifikasi seperti biasanya yakni menggunakan nomor HP sebelumnya. Klik pada menu Restore jika muncul sebuah prompt setelahnya.

  1. Cara Mengembalikan Riwayat Chat WhatsApp ke Google Drive

Salah satu tempat tujuan dalam melakukan restore chat WhatsApp adalah Google Drive. Jadi seluruh obrolan akan dicadangkan selama beberapa waktu tertentu sesuai dengan pengaturan yang telah Anda terapkan. Misalnya frekuensi pencadangan dilakukan 3 hari atau seminggu sekali sesuai pilihannya.

Caranya Anda perlu membuka aplikasi WhatsApp lalu:

  • Klik titik tiga di kanan atas layar.
  • Masuk saja ke bagian menu pengaturan / Settings.
  • Pilihlah Chats lalu masuk ke Chat Backup.
  • Tekan pada opsi Backup to Google Drive
  • Pilihlah frekuensi pencadangan yang akan dilakukan.
  • Sesuaikan dengan akun Google sendiri.
  1. Cara Restore Chat WhatsApp Lewat Backup Lokal

Cara satu ini dianggap menjadi yang paling mudah. Pasalnya penyimpanan file cadangan berada di folder kartu SD lokal di dalam HP. Sehingga bisa dikatakan tidak akan memerlukan koneksi internet pada saat mengaksesnya. Anda pun bisa menemukannya di storage utama ataupun internal.

Caranya yakni:

  • Unduh aplikasi berupa file manager.
  • Selanjutnya bukalah sdcard/WhatsApp/Databases/.
  • Cek apakah data tersimpan di dalam kartu SD.
  • Lalu gantilah nama menggunakan msgstore.db.crypt12.
  • Lakukan instalasi ulang aplikasi WhatsApp dan pilih Restore.
  1. Cara Memulihkan Chat WhatsApp dari Perangkat Android ke iPhone

Cara ini tentu perlu Anda coba ketika sedang mengalami pergantian perangkat dari Android menuju iPhone. Hal ini tentu memiliki perbedaan tersendiri, dimana kedua sistem operasi tersebut memiliki metode yang mengembalikan berbeda

Seperti sebelumnya, Anda harus mencadangkan ulang pada Google Drive. Kemudian instal aplikasi WhatsApp dan unduh cadangan. Namun terkadang, karena tidak memiliki sistem operasional yang sama, kebanyakan akan gagal saat proses berlangsung.

Cek juga: Cara Mengetahui Whatsapp disadap

Kenapa Gagal Memulihkan Chat Wa?

Tentu ada beberapa kejadian yang menyebabkan chat WhatsApp ini gagal untuk dipulihkan. Umumnya dikarenakan gangguan koneksi internet yang gagal mencadangkan. Maka dari itu, pengguna akan kehilangan data penting menjadi terhapus dan harus mulai dari awal lagi.

Jadi beberapa penyebab gagal restore chat WhatsApp umumnya ada empat:

  • Tidak terhubung pada akun Google Drive yang sama,
  • Menggunakan nomor telepon berbeda daripada sebelumnya,
  • Folder penyimpanan rusak
  • Saat melihat riwayat namun tidak ada file backup

Jadi pastikan terlebih dahulu keempat poin tersebut jika tidak ingin mengalami kegagalan pada saat melakukan restore. Upaya pencadangan memang perlu dilakukan, mengingat bahwa resiko kehilangan data pasti bisa saja terjadi saat melakukannya.

Itulah tadi ulasan terkait cara restore chat WhatsApp, semoga bermanfaat.


0 Shares:
You May Also Like
Aplikasi Pembuat Graffiti 3D Android

Aplikasi Pembuat Graffiti

Lazimnya sarana yang dipakai untuk menggambar graffiti adalah cat semprot. Tetapi, kini kamu bisa mengekspresikan kreatifitas menggambar graffiti…