Menyembunyikan Pesan Chat WhatsApp

Hari ini WhatsApp menjadi aplikasi pesan singkat yang sangat populer. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia. Kurang lebih aplikasi sudah didownload sebanyak 1 Milyar kali di Google Play Store. Hampir semua orang setiap hari menggunakan aplikasi pesan singkat ini setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, rekan, saudara, dan keluarga. Baik melalui pesan pribadi ataupun melalui grup. 

Seringkali HP kita dipinjam oleh orang lain dan secara sengaja atau tidak sengaja membuka pesan chat WhatsApp. Sementara pesan tersebut adalah pesan yang bersifat pribadi dan tidak seharusnya diketahui oleh orang lain.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menyembunyikan pesan chat WhatsApp pada ponsel Android secara manual dengan sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah menyembunyikan pesan chat WhatsApp pada smartphone Android.

Menyembunyikan pesan chat WhatsApp bisa dilakukan secara manual ataupun dengan menggunakan aplikasi tambahan. Pada artikel ini hanya akan membahas menyembunyikan pesan chat WA secara manual tanpa install aplikasi apapun. Selain itu Anda juga bisa memunculkan kembali pesan chat yang disembunyikan tersebut dengan mudah.

Buka Aplikasi WhatsApp, Tahan Chat yang Akan Disembunyikan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WA seperti biasa kemudian tekan agak lama pesan chat yang akan Anda sembunyikan. Seperti tampil pada kotak merah pada gambar di bawah ini:

tahan pesan yang akan disembunyikan

 

Langkah ini bisa dilakukan untuk menyembunyikan lebih dari satu pesan. Dengan melakukan langkah yang sama seperti di atas.

Klik Tanda Arsipkan

Setelah menekan lama pesan yang akan disembunyikan, kemudian pilih/klik tanda “arsipkan”. Seperti gambar di bawah ini:

pilih tanda diarsipan

Setelah itu pesan Anda akan “hilang” dalam sekejap. Namun Anda tidak perlu khawatir karena pesan Anda tidak benar-benar hilang. Anda bisa scroll hingga ke bawah. Maka akan ada tanda chat yang diarsipkan. Seperti nampak pada gambar:

diarsipkan

Untuk memunculkan kembali pesan chat yang disembunyikan Anda bisa melakukan langkah sebagai berikut:

Pilih Tanda Diarsipkan

Untuk mengembalikan pesan chat WA yang disembunyikan Anda tinggal scroll ke bawah kemudian pilih tanda “diarsipkan”. Selanjutnya akan muncul seperti ini:

mengembalikan arsip

Tahan Pesan yang Ingin Dimunculkan Kembali

Selanjutnya tekan dan tahan pesan yang ingin dimunculkan kembali. Seperti di bawah ini:

tahan untuk mengembalikan chat

Pilih Kembalikan Arsip

Setelah ditahan, selanjutnya pilih tanda “kembalikan arsip”. Seperti di bawah ini:

kembalikan arsip

Sekarang pesan yang Anda sembunyikan sudah muncul kembali seperti sedia kala. Seperti di bawah ini:

pesan yang disembunyikan sudah kembali muncul

Demikian cara menyembunyikan pesan chat WhatsApp pada smartphone Android. Mudah bukan?

0 Shares:
You May Also Like