Arti Backup Data

Beberapa tahun silam, ponsel hanya sebagai perangkat standar yang bisa melakukan dan menerima panggilan suara namun tak lebih dari itu. Sekarang, smartphone setara dengan komputer desktop atau laptop yang dijejali dengan ribuan  pesan email, daftar kontak, koleksi video, koleksi foto, maupun file penting lainnya.

Orang makin bergantung ke smartphone tiap hari. Kehilangan data di smartphone layaknya harddisk berisi banyak data yang rusak. Anda harus menyiapkan backup data di ponsel secara rutin.

Kebanyakan platform smartphone bisa melakukan backup data ke komputer atau Internet. Sehingga bila ponsel mengalami kerusakan maka pengguna bisa dengan mudah memulihkan data di dalamnya.

Arti backup yaitu memindahkan atau menyalin serangkaian data (informasi) yang ada di penyimpanan perangkat misalnya memori ponsel atau hardisk komputer ke lokasi atau perangkat lain.

Informasi atau kumpulan data tadi dapat berbentuk file dokumen, foto, video, audio, system windows, driver, hingga aplikasi atau program tertentu.

Arti backup data secara umum adalah memulihkan data jika data itu hilang, apakah karena terhapus atau mengalami kerusakan (corrupt) karena virus atau sebab lain. Backup data juga memiliki fungsi memulihkan data ke titik tertentu di waktu lampau.

Fungsi backup data lebih mementingkan faktor keamanan dan kenyamanan ketika mengoperasikan sebuah perangkat. Mari membahas lebih jauh arti backup data di iPhone, Android, WhatsApp, dan backup foto.

backup data foto iphone android whatsapp

Arti backup Data di iPhone

Penyimpanan iCloud bukan satu-satunya pilihan pengguna saat mencadangkan data iPhone. Selain ke iCloud, back up data iPhone pun bisa dilakukan di komputer melalui iTunes, dan ke hard drive eksternal.

Seperti banyak pengguna iPhone, Anda mungkin telah mengatur perangkat untuk membuat cadangan secara otomatis lalu tak memikirkannya lagi. Hingga Anda kehabisan ruang penyimpanan iCloud atau hard drive. Atau mungkin Anda hanya ingin membuat back up secara manual.

arti backup data di Iphone dan Android

Membuat backup dengan iCloud cukup nyaman sebab bisa dilakukan melalui WiFi dan di latar belakang sehingga pengguna tidak perlu memikirkannya. Tetapi jika pengguna ingin mencadangkan ponsel ke iCloud secara manual, prosesnya dimulai dari menu Pengaturan di perangkat.

  • Pilih nama pengguna yang tertera “Apple ID, iCloud, iTunes & App Store.”
  • Selanjutnya, pilih “iCloud” dari menu.
  • Sekarang, pilih “iCloud Backup” dan alihkan ke “On,” jika berada di posisi “Off”.
  • Klik “iCloud Back Up”
  • lalu pilih untuk mencadangkan ponsel secara otomatis atau “Back Up Now.
  • Dari sini, Anda dapat memilih “Back Up Now” untuk mencadangkan iPhone secara manual.

Jika Anda membiarkan iCloud back Up menyala, maka perangkat akan mencadangkan file setiap hari, selama Anda menggunakan WiFi dan baterai terhubung ke charger.

Apple hanya memberikan kepada pengguna 5 GB ruang kosong di iCloud. Jika Anda memiliki beberapa perangkat Apple yang dicadangkan ke iCloud – atau bahkan satu iPhone dengan besar file backup 10 GB tentu tak muat.

Pada saat itu, Anda akan diminta untuk menaikkan ruang penyimpanan dengan membayar $ 0,99 per bulan untuk 50 GB, $ 2,99 per bulan untuk 200 GB, dan $ 9,99 per bulan untuk 2 TB.

Arti backup di WhatsApp

WhatsApp atau hanya disebut WA menjadi pilihan aplikasi chat sosial terpopuler di dunia. Pengguna dari beragam kelas umur dan zona waktu memanfaatkan aplikasi kepunyaan Facebook ini untuk saling berkirim pesan dengan keluarga dan teman-teman termasuk berbagi agenda istimewa dengan format tulisan, video, foto, maupun update Status.

Namun terkadang karena melakukan update sistem di ponsel atau serangan malware, pengguna harus melakukan reset sistem yang akan membersihkan semua riwayat obrolan, foto, video di WhatsApp. Karena itu, sebelum melakukan format ulang ponsel, backup di WhatsApp harus dilakukan.

Arti backup di WhatsApp yaitu membuat cadangan cadangan seluruh data chat dan meyimpannya di suatu tempat sehingga dapat digunakan ketika dibutuhkan. Prosedur backup di WhatsApp cukup mudah yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Jalankan aplikasi WA di smartphone,
  • lalu ketuk tiga titik di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan lalu menu Chat untuk masuk ke pengaturan chat.
  • Kini ketuk Chat Backup.
  • Di Pengaturan Google Drive,
  • ketuk Back up to Google Drive.
  • Pilih frekuensi backup yang sesuai, namun ada baiknya setiap hari.
  • Kini, setelah opsi backup, Anda dapat menentukan apakah Anda menghendaki backup dilakukan cukup ketika perangkat terkoneksi ke Wi-Fi atau tidak.
  • Anda pun bisa memilih opsi Include Videos untuk menjamin seluruh video tak ada yang hilang.
  • Terakhir ketuk Backup Chats untuk menyimpan seluruh riwayat chat ke Google Drive.

Cek juga: Arti Emoticon Whatsapp

Arti backup di Android

Perangkat Android menggabungkan layanan pencadangan cloud ringan yang disebut Google Backup yang pada prinsipnya mirip dengan Apple iCloud. Anda dapat mengecek dengan masuk ke menu Pengaturan | Cadangkan untuk mengatur ulang dan memastikan semua opsi dicentang.

Arti backup di Android yaitu proses mencadangkan data dalam hal ini aplikasi dan data-data pribadi yang tersimpan di perangkat Android ke lokasi penyimpanan lain di luar perangkat.

Berbagai pengaturan dan data pribadi akan dicadangkan secara berkala ke server Google yang terkait ke akun Google yaitu identitas yang digunakan untuk mengakses Google Play, Gmail, dan layanan lainnya.

Jika Anda harus memformat ulang perangkat Anda, atau bermigrasi ke yang baru, Anda akan diberikan opsi pada saat startup untuk mengembalikan data Anda dari akun tersebut.

Backup data di Android selain disimpan di memori ponsel juga bisa ditempatkan di penyimpanan cloud. Anda juga dapat mencadangkan file Anda ke layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Helium.

Lihat Juga: Arti Streaming Video Youtube

Arti backup Foto

Google Photos backup adalah penyelamat mutlak saat bermigrasi ke perangkat lain atau jika Anda perlu mengosongkan penyimpanan di ponsel Anda. Kebanyakan orang pasti sudah terbiasa mengandalkan penyimpanan di ponsel / laptop / tablet untuk menempatkan banyak koleksi foto hingga penuh dan tak muat lagi. Di sini lah layanan Google Photos berguna.

Arti backup Foto yaitu membuat cadangan data kumpulan foto, gambar atau video ke suatu tempat dengan kapasitas penyimpanan besar. Untuk sekarang ini yang paling memungkinkan adalah penyimpanan Cloud. Dan salah satu pilihan Cloud untuk menyimpan koleksi foto adalah Google Photos.

Baca juga: Arti Mention di Ig, Twitter dan Fb

Cara mencadangkan foto di Google Photos sangat simpel.

  • Instal program Google Photos for Desktop.
  • Setelah terpasang, jalankan aplikasinya dan masuk dengan Akun Google yang akan Anda gunakan untuk program ini.
  • Pilih opsi Back up photos and videos.
  • Kemudian pilih folder mana yang ingin Anda buat cadangannya untuk Google Photos secara terus-menerus.
  • Pilih ukuran unggahan foto dan video yang Anda inginkan; High-quality (unlimited storage) atau Original (15GB storage’).
  • Pilih Start, dan biarkan prosesnya berlangsung sampai tuntas.
0 Shares:
You May Also Like