Mengatasi Memori Penuh Hp Android

Banyak pengguna hp terutama hp android mengeluh memori Hp penuh saat mereka hendak menginstal aplikasi baru atau menyimpan foto. Pesan yang muncul biasanya menyebutkan jika media penyimpanan ponsel hampir habis. Ada beberapa penyebab mengapa memori hp android penuh diantaranya adalah berbagai aplikasi yang melakukan update otomatis setiap saat.

Berbagai cara dapat digunakan saat ruang penyimpanan penuh di smartphone Android. Berikut akan dijelaskan beberapa cara mengatasi memori penuh di hp Android.

cara mengatasi memori penuh hp android
cara mengatasi memori hp android penuh

Membersihkan Cache

Salah satu cara mengatasi memori penuh hp android adalah dengan membersihkan cache. Beragam aplikasi Android tersimpan dalam cache dengan tujuan supaya lebih cepat ditemukan saat akan dibuka kembali. Tujuan lainnya adalah untuk agar kuota seluler bisa lebih dihemat. Hanya saja aplikasi yang ditempatkan dalam cache tak seluruhnya dibutuhkan. Bilamana pengguna smartphone harus mengosongkan memori perangkat secara cepat, cache aplikasi menjadi bagian pertama yang wajib ditangani.

Bila ingin menghapus data cache sebuah aplikasi, yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Pengaturan> Aplikasi> Manajer Aplikasi kemudian pilih aplikasi yang hendak dikosongkan cache-nya. Selanjutnya ketuk opsi Penyimpanan, selanjutnya ketuk Hapus Cache untuk mengosongkan data aplikasi di dalamnya. Adapun bila ingin mengosongkan data cache untuk seluruh aplikasi yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan> Penyimpanan kemudian ketuk data yang di-cache untuk membersihkan cache seluruh aplikasi.

Kosongkan File Download

Smartphone Android mempunyai folder download dimana segala file yang diunduh pengguna mulai dari gambar, video, dokumen, aplikasi dan jenis file lain tersimpan di sini. Penuhnya file unduhan yang tak dibutuhkan adalah salah satu penyebab ruang penyimpanan penuh. Oleh karena itu menghapus file di dalam folder Download menjadi pilihan cara mengatasi memori penuh. Ini juga berlaku untuk folder unggahan atau Upload. Folder tersebut biasanya dinamakan My File yang terdapat dalam ruang aplikasi ponsel. Ketuk lalu tahan saat menentukan file yang hendak dihapus. Selanjutnya pilih ikon sampah. Sesudah itu ketuk Hapus untuk membersihkannya.

cek juga: cara mengatasi kode mmi tidak valid hp android

Penanganan Folder Image

Sebagai alternatif cara mengosongkan memori internal penuh, pengguna dapat mengelola koleksi foto dan gambar yang tersimpan. Trik pertama yaitu memperkecil ukuran foto dengan teknik kompresi. Ada berbagai aplikasi yang menawarkan fungsi kompres foto sehingga memiliki ukuran file yang lebih kecil namun kualitas tampilannya hampir tak menurun. Trik lainnya yaitu memindah file foto yang banyak tersebut ke layanan cloud misalnya saja Google Photo atau iCloud bila di iPhone.

Pengguna smartphone harus menghidupkan menu Cadangkan & sinkronisasi Google Photos agar dapat menggunakan seluruh ruang penyimpanan cloud dengan gratis. Untuk ponsel Android, masuk ke aplikasi Google Photos kemudian masuk ke Pengaturan> Cadangkan & sinkronkan, kemudian ketuk tombol Nyalakan. Sesudah membuat cadangan foto dengan Google Photo, pengguna pun bisa masuk ke menu Pengaturan> Kosongkan penyimpanan perangkat maka Google Photo akan membersihkan seluruh foto dan video yang sudah dicadangkan. Cara lain membersihkan memori internal Hp adalah memindahkan seluruh foto, gambar dan video yang tersimpan di ponsel ke penyimpanan di PC atau memori eksternal lain.

Menempatkan Aplikasi di kartu MicroSD

Beberapa aplikasi yang terpasang di hp android boleh jadi memakan ruang penyimpanan dalam jumlah besar. Untuk ponsel yang tersedia slot kartu microSD, coba tambahkan untuk memindahkan beberapa aplikasi ke sana. Perlu diingat bahwa tak setiap aplikasi dapat dipindah ke penyimpanan eksternal. Karena itu bila memungkinkan, masuk ke menu Pengaturan kemudian masuk ke Aplikasi> Manajer aplikasi lalu pilih aplikasi yang hendak dipindahkan. Kalau aplikasi tersebut memang bisa dipindahkan maka akan keluar menu “Pindahkan ke kartu SD”. Klik menu itu untuk memindahkan aplikasi ke penyimpanan microSD.

Mencopot Aplikasi Hp Android

Bilamana beberapa cara mengatasi memori penuh tadi telah dikerjakan namun ruang memori tetap menampilkan pesan penuh, coba copot beberapa aplikasi yang memang tak sering digunakan. Bila ingin mengetahui aplikasi mana saja yang memakan banyak ruang memori, coba masuk ke Pengaturan kemudian pilih Penyimpanan> Aplikasi. Di dalamnya akan ditampilkan daftar aplikasi yang disusun sesuai besarnya file. Aplikasi dengan ukuran file terbesar biasanya menduduki posisi teratas.

Bila ingin mencopot aplikasi android yang tak sering dipakai, pilih aplikasi tersebut kemudian ketuk ikon ‘i’ di samping nama aplikasi. Pilih tombol uninstall untuk membuang aplikasi itu. Hanya saja sejumlah aplikasi default atau bloatware tak dapat dihapus menggunakan prosedur biasa sebab opsinya tak ada di menu Pengaturan. Agar bisa menghapus berbagai aplikasi bawaan maka pengguna harus me-root perangkat Android yang digunakan. Selanjutnya, ketuk menu Pengaturan>Aplikasi> dan tentukan aplikasi mana saja yang hendak dicopot>Hapus.

Pengaturan Pabrik

Memori sistem Hp android yang penuh pun dapat diatasi dengan memilih Factory Reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Namun perlu diingat bahwa dengan metode membersihkan ini pengguna akan kehilangan semua data dan aplikasi yang telah terpasang karena perangkat akan dipulihkan ke setting awal sebagaimana ketika awal dijual. Langkahnya adalah, ketuk menu Setting>Backup & Reset > Factory Data Reset.

Itulah beberapa cara mengatasi memori hp android penuh yang menjadi salah satu penyebab hp android lemot, semoga tips tips tadi bermanfaat ya.

0 Shares:
You May Also Like