Tidak Bisa Login Instagram dan Penyebabnya

Pernah kejadian tidak bisa login ke akun Instagram? Jika pernah, tentu itu bukan hal menyenangkan. 

Padahal kita ingin lihat-lihat postingan teman atau akun publik yang kita ikuti.

Penyebab tidak bisa login Instagram

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab akun Instagram tidak bisa login. Di antaranya seperti di bawah ini:

Tidak tersambung ke internet

Salah satu sebab tidak bisa login ke Instagram adalah karena perangkat kita sedang tidak tersambung ke jaringan internet. Baik karena kehabisan paket data ataupun paket data sedang tidak diaktifkan. Jadi, untuk login ke Instagram pastikan perangkat tersambung ke jaringan internet dan kuota internet masih ada.

Akun Instagram diblokir

Pemblokiran akun biasanya dilakukan oleh pihak Instagram. Biasanya ini terjadi karena ada kebijakan privasi Instagram yang dilanggar. Postingan yang berbau SARA, pornografi, atau hoax bisa membuat sebuah akun diblokir oleh Instagram. Hal ini bisa dikarenakan ada yang melaporkan postingan kita. Pemblokiran oleh pihak Instagram bisa bersifat sementara atau juga bisa permanen.

Akun Instagram dikunci

Akun Instagram yang terkunci bisa disebabkan ketika pengguna membuat akun tidak melakukan konfirmasi email. 

Dengan demikian, ketika pengguna log out dari akun atau ganti perangkat, akun dikunci oleh pihak Instagram.

Sangat disarankan ketika membuat akun FB atau IG untuk tidak lupa mengkonfirmasi email sebagai langkah antisipasi hal-hal seperti ini.

Akun Instagram dinonaktifkan

Akun dinonaktifkan hampir seperti akun diblokir. Dimana penyebabnya adalah karena adanya pelanggaran terhadap Pedoman Komunitas dan Ketentuan Penggunaan.

Instagram akan menonaktifkan akun yang mencurigakan atau janggal menurut standar kebijakan mereka. Pengguna akan diberi notifikasi mengenai penonaktifan akun. Jika pengguna merasa tidak bersalah dan tidak melanggar kebijakan Instagram, pengguna dapat mengajukan banding. Untuk mengajukan banding dilakukan melalui aplikasi Instagram. 

Lupa password atau nama pengguna

Lupa password atau nama pengguna juga bisa menjadi sebab tidak bisa login ke Instagram. Karena untuk login harus memasukan nama pengguna dan password yang sesuai. Jika antara keduanya tidak sesuai, maka pengguna tidak akan pernah bisa login selamanya.

Jika pengguna lupa password, maka tinggal pilih menu lupa password dan ikuti langkah selanjutnya.

Cara mengatasi tidak bisa login Instagram

Ada beberapa cara untuk mengatasi tidak bisa login Instagram. Di antaranya adalah seperti cara berikut:

Mengecek koneksi internet

Cara pertama untuk mengatasi Instagram tidak bisa login adalah dengan mengecek sambungan internet. Pastikan perangkat yang digunakan tersambung dengan jaringan internet. Jika menggunakan data seluler, pastikan sudah aktif dan masih ada kuota internet. Jika menggunakan wifi, pastikan juga wifi sudah tersambung dan password belum berubah. 

Reset password melalui email

Cara kedua untuk mengatasi Instagram tidak bisa login adalah dengan mengatur ulang password melalui email. Caranya mencoba masuk seperti biasa, kemudian pilih “Dapatkan Bantuan Untuk Masuk” > masukkan username atau email > pilih selanjutnya > masuk ke email > klink link dari Instagram > ganti password.

Login dengan akun lain di perangkat

Cara ketiga adalah dengan mencoba login dengan akun IG lain di perangkat yang sama. Jika bisa masuk berarti akun kita yang bermasalah. Dan jika menggunakan akun lain tetap tidak bisa masuk,maka kemungkinan besar aplikasi Instagramnya yang bermasalah.

Login di perangkat lain

Cara lain adalah dengan mencoba untuk login di perangkat lain seperti komputer. Jika di perangkat lain bisa masuk berarti masalah ada di perangkat. Jika masih tetap tidak bisa artinya akun Instagram yang bermasalah.

 

0 Shares:
You May Also Like