Cara Menghapus Akun Instagram

Mau tahu Cara Menghapus Akun Instagram? Simak ulasan lengkap cara hapus akun ig secara permanen atau menonaktifkan sementara account instagram kamu akan coba kami ulas dengan langkah mudah dan cepat dalam artikel ini. Silakan simak sampai selesai yaa.

Kendati Instagram (IG), platform jejaring sosial populer milik Facebook memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia namun tak selalu cocok untuk setiap orang. Jika kamu merasa bahwa dunia maya yang menawarkan filter foto funky malah membuat hidup terganggu, kamu bisa menghapus akun Instagram. Cara menghapus akun Instagram itu tidak susah sebab pihak pengembang sudah menyediakan fiturnya untuk itu.

Cara hapus akun IG diberikan pilihan yang sementara (menonaktifkan) atau yang permanen.

Apa Perbedaan antara Menghapus dan Menonaktifkan akun Instagram?

Kungkin suatu saat kamu merasa jenuh untuk bersosial media dan ingin keluar sejenak serta memutuskan untuk tidak aktif untuk semenara waktu dari instagram, maka kamu bisa blokir sementara akun ig kamu, tidak perlu sampai dengan hapus permanen.

Ketika kamu menonaktifkan akun Instagram maka profil kamu, foto, komentar, suka, pengikut kamu, pencarian dan pengikut tidak ditampilkan untuk pengguna lain.

Suatu ketika jika kamu tertarik lagi untuk beraktifitas dan ingin login masuk lagi ke IG ini, maka saat itu pula kamu mendapatkan akun IG kamu kembali. Kamu hanya perlu log in, dan akun Instagram akan dimulai pada posisi lama yang sama yang kamu tinggalkan.

Tapi ketika kamu menghapus akun IG permanen maka semua data secara permanen akan dihapus. Setelah delete, kamu tidak dapat mengembalikan akun kamu lagi selamanya. Akun ig kamu bakal tidak aktif untuk selamanya.

Selain itu, kamu pun tidak dapat membuat akun Instagram kamu lagi dengan nama pengguna tersebut. Kamu dapat menghapus akun Instagram melalui Mobile App instagram via lewat hp, dan juga via browser di pc kamu.

Simak langkah dan cara hapus akun instagram permanen dan sementara lengkap di bawah ini:

Cara menghapus akun Instagram permanen via PC

  • Buka tautan Hapus akun saya dengan mengakses link berikut: https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/accounts/remove/request/permanent/ ( Copy alamat ini dan paste di browser favorit kamu) atau bisa langsung KLIK link INI. Ini bisa dilakukan pada browser di komputer pc atau laptop kamu.
  • Masuk ke akun Instagram kamu.
  • Setelah login, kamu harus memilih alasan mengapa ingin menghapus akun Instagram kamu.
  • Setelah itu, kamu harus memasukkan kata sandi
  • Klik Hapus akun saya secara permanen (Permanently Delete My Account)
  • Konfirmasikan kembali. Ini menjadi proses terakhir untuk menutup akun Instagram. Ingatlah jika sesudah menutup akun Instagram, kamu tak bisa memulihkannya lagi.
  • jadi silahkan pikirkan ulang sebelum melakukan langkah ini.
cara menghapus akun instagram
cara hapus akun instagram

Cara Hapus akun Instagram permanen Lewat HP

  1. Silakan buka aplikasi IG di Hp Android atau iPhone kamu.
  2. Login aplikasi dan masuk ke profil Instagram.
  3. Klik ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas.
  4. Masuklah ke menu ‘Settings‘ adanya di paling bawah
  5. Kemudian pilih ‘Help Centre‘.
  6. Kamu akan diarahkan ke web help.instagram.com
  7. Pilihlah menu ‘Mengelola Akun Anda’.
  8. Kemudian pilih menu ‘Hapus Akun Anda’.
  9. Pilih ‘Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?’.
  10. Pilih saja nomor pertama dan klik ‘Halaman Menghapus Akun Anda’.
  11. Pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin hapus akun instagram kamu dari beberapa pilihan yang ada, cek gambar diatas.
  12. Kemudian masukkan kata sandi (password) akun IG kamu
  13. Dan klik ‘Permanently Delete My Account’.
  14. Kalau kamu lupa password atau kata sandi instagram kamu, silakan gunakan fasilitas forgot password / lupa kata sandi. (Cek Disini: Cara Mengetahui Password Instagram)
  15. Sekali lagi kami ingatkan, pikirkanlah baik baik sebelum melakukan cara tutup akun ig permanen ini karena setelah kamu delete akun ig kamu pakai cara ini, maka tidak bisa kembali.

Cara menghapus akun IG sementara (menonaktifkan)

Bilamana kamu mau, ketimbang menghapus akun Instagram, kamu bisa hanya sekedar menonaktifkan akun ig kamu untuk sementara waktu. Setelah kamu lakukan maka akun ig kamu tidak akan muncul di depan pengguna lain namun data kamu tetap aman tidak terhapus.

Selain itu, kamu bisa mengaktifkan kembali akun itu dengan mudah suatu saat nanti. Langkah-langkah untuk menonaktifkan akun ig sementara yang harus dilakukan adalah :

  • Masuk ke akun Instagram kamu dari browser internet atau browser seluler dengan mengunjungi Instagram.com.
  • Kemudian klik Edit Profile
  • Scroll ke bawah halaman dan di sisi kanan kamu akan melihat opsi menonaktifkan sementara akun saya (Temporarily Disable My Account). Klik opsi tersebut.
  • Jendela lain akan terbuka di dalamnya yang berisi pertanyaan mengapa kamu menonaktifkan account kamu (Why Are You Disabling Your Account)
  • Masukkan kembali kata sandi
  • Kemudian klik Nonaktifkan akun sementara (Temporarily Disable Account)

Sampai saat ini untuk hapus akun ig baik itu permanen atau nonaktifkan sementara itu harus login ke akun instagram kamu, jadi cara ini belum bisa dilakukan tanpa login terlebih dahulu. Jadi kalau kamu lupa kata sandi masuk ke ig, sebaiknya pakai fitur lupa kata sandi dahulu untuk bisa login lagi ke akun kamu.

Dengan cara hapus akun IG kamu untuk sementara. Bila ingin mengaktifkan akun lagi, ketikkan nama pengguna dan kata sandi untuk login.

Cara Mengaktifkan kembali Akun IG yang Nonaktif Sementara

Silakan ikuti langkah – langkah berikut ini jika kamu mau mengaktifkan kembali akun ig kamu yang tadinya kamu blokir untuk semnetara, ingat sementara ya, bukan yang kamu delete permanen sebelumnya.

  1. Buka aplikasi instagram kamu lewat hp android atau iphone kamu.
  2. Atau kalau kamu pakai komputer, pc atau laptop, bisa akses instagram.com via browser.
  3. Login pakai email dan password kamu
  4. Setelah berhasil login, akun ig kamu bakal aktif seperti semua.
  5. Gampang sekali bukan?

Fitur-fitur terbaru Instagram

Dengan begitu banyak fitur baru yang tersedia di Instagram, ada lebih banyak cara untuk membuat akun menjadi unik sehingga akan mengurungkan niat kamu menghapus akun ig. Berikut beberapa diantara fitur kreatif Instagram yang dapat kamu gunakan :

  1. Gunakan slideshow untuk menampilkan foto Before and After.

Pengguna tidak dibatasi dengan hanya pada satu foto per posting, Instagram menawarkan banyak cara berbeda untuk mengirim gambar di Instagram. Menggunakan fitur slideshow pengguna bisa menambahkan hingga 10 foto, video, atau Boomerang ke sebuah posting sekaligus.

Slideshow adalah salah satu cara paling kreatif untuk memposting di Instagram, terutama ketika pengguna memposting foto menarik before and after untuk mendapatkan nilai unik tersendiri.

Trik ini efektif untuk model rambut baru, transformasi penurunan berat badan, matahari terbenam, makeover, maupun dekorasi ulang. Untuk efek sebelum dan sesudah yang benar-benar dramatis, ambil kedua foto dari sudut yang sama dan gunakan alat pengeditan yang sama pada kedua gambar.

  1. Instagram Stories

Instagram Stories sekarang memungkinkan kamu menandai pengguna lain dengan tautan yang langsung masuk ke akun mereka. Banyak pengguna Instagram menggunakan fitur ini untuk memberikan shoutout ke akun favorit mereka.

Namun, beberapa pengguna menjadikannya menarik untuk dilihat pemirsa saat mengeklik tautan tersebut. Bahkan jika kamu tidak memiliki keinginan untuk membuat film pendek, coba gunakan Instagram Story kamu secara efektif dengan menghubungkannya ke teman.

Kamu dan teman kamu itu lalu membangun jumlah pengikut sambil memberikan dua perspektif berbeda dari peristiwa yang sama.

  1. Visual chain

Ketika kamu melihat profil Instagram orang lain, beberapa terlihat sangat sempurna. Entah bagaimana, setiap gambar tampaknya terkoordinasi dengan sempurna. Jika kamu ingin seluruh profil Instagram kamu memiliki estetika atau tema tertentu, kamu mungkin ingin mencoba visual chain.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menjadi kreatif dengan tampilan profil secara keseluruhan. Untuk efek yang sangat mengesankan, coba atur foto berdasarkan warna, konten, atau orientasi foto.

  1. Co-watching Corona Virus

Merespon terjadinya pandemi wabah virus korona di berbagai belahan dunia, Instagram telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengakses link informasi wabah coronavirus.

Fitur yang dinamakan Co-watching ini menyuguhkan berbagai video Instagram dan atau bentuk konten lain yang akan memudahkan pengguna melalui hari-hari karantina atau isolasi mandiri di rumah.

Fitur ini memiliki tujuan mempromosikan konten yang kredibel tentang wabah korona dan menghentikan informasi keliru atau hoaks terkait wabah tersebut. Fitur “Co-watching” memungkinkan orang untuk tetap berinteraksi dengan orang lain dengan cara melakukan video call.

Dengan adanya kenyataan bahwa banyak orang di seluruh dunia yang terputus dari teman dan keluarga maka fitur ini akan sangat berguna terlebih dengan adanya perintah untuk tetap tinggal di rumah dari pemerintah. Jadi Instagram akan mengarahkan pengguna mendapatkan informasi valid dari Kementerian Kesehatan dan organisasi kesehatan setempat.

Siapa pun bisa menikmati Co watching dari menu video chat di Instagram. Cara memakai fasilitas ini sangat simpel, tinggal sentuh simbol video camera yang terdapat di pojok kanan atas DM (Direct Message). Bilamana pengguna sudah masuk ke halaman video chat, akan ditampilkan ikon foto di pojok kiri bawah layar.

Pengguna bisa membuka Co-Sharing. Dari Co-Sharing ini pengguna dapat menentukan video atau foto, bookmark dan posting yang akan di-share ke grup video chatting. Fitur Co-Watching ini akan memudahkan para pengguna untuk membagikan foto maupun video bersama-sama. Pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut ketika sedang video call dari fitur Co-Watching.

Saat berada di halaman Co-Watching, pengguna bisa menemukan foto dan video yang bisa dibagikan. Tinggal ketuk ikon foto yang ada di sudut kiri bawah dari video itu. Ketika pengguna memposting Stories, otomatis keluar sticker Stay Home. Nah, setiap pengguna Instagram akan bisa melihat kegiatan orang lain menggunakan stiker tersebut.

Co–Watching menyisipkan bermacam macam stiker keren. Pengguna dapat mencari stiker yang diinginkan hanya dengan mengetikkan kata kunci dari sticker di Instastories. Misalnya jika pengguna memasukkan Covid-19, otomatis akan keluar pesan untuk cuci tangan, social distancing, dan banyak tips lainnya mengenai pencegahan penyebaran virus korona.

Kecuali itu, Instagram pun akan menyediakan sumber informasi valid di kolom pencarian. Ada juga sticker tentang ajakan Di Rumah Aja, membersihkan materi hoaks Covid-29 di menu explore, dan menampilkan tagar #dirumahaja.

Kesimpulan

Akun instagram saat ini menjadi trend untuk berinteraksi sosial selain melalui facebook. Banyak yang bahkan menggunakan instagram untuk mempromosikan bisnis mereka.

Nah buat kamu yang sudah baca cara menghapus akun instagram baik secara permanen maupun untuk sementara di halaman ini. Sebaiknya kamu pikirkan dua kali sebelum memutuskan untuk hapus atau delete akun ig secara permanen, karena kalau sudah terjadi tidak bisa dikembalikan lagi.

Pilihan untuk menonaktifkan sementara saya kira adalah yang paling bijak. jadi setelah menonaktifkan sementara akun kamu, hapus aplikasi ig dari hp android atau iphone kamu, sehingga ketika kamu ingin rehat sejenak dari social media ini, tidak tergoda untuk membukanya kembali karena icon ig sudah tidak terlihat di layar hp kamu. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Shares:
You May Also Like