Membuat Hashtag Instagram

Hashtag dikenal dengan simbol pagar (#) adalah metadata tag yang pertama dikenalkan pada sosial media. Hashtag adalah alat untuk mempermudah pengguna dalam menemukan sebuah pesan dengan tema atau konten tertentu.

Selain itu Hashtag juga merupakan cara untuk mengklasifikasikan sebuah kata kunci pada sebuah postingan. Misalnya saat Anda ingin memasukan postingan Anda pada klasifikasi shoping dan kebetulan produk Anda adalah baju.

Anda bisa menambahkan #bajukeren #jualbaju pada caption Instagram Anda. Hal tersebut bisa meningkatkan engagement pada postingan Anda sehingga produk Anda bisa cepat terjual.

Hashtag pada penggunaanya memang segampang dan sesimpel itu. Namun berbeda bila kita ingin mempunyai tujuan tertentu agar hashtag bisa lebih maksimal. Berikut penjelasan dan tips:

Cara Membuat dan Memakai Hashtag Instagram

Setelah memahami apa itu hashtag dan kegunaanya berikut langkah-langkah membuatnya:

  • Jalankan aplikasi Instagram yang ada di smartphone Anda.
  • Berikutnya Anda bisa membuat/mengunggah sebuah postingan berupa foto atau video.
  • Bila sudah Anda bisa membuat hashtag pada kolom caption atau kolom komentar. Kali ini Digitalponsel akan membuat hashtag #love.
  • Setelah segalanya telah disetting sesuai dengan keinginan Anda maka postingan sudah bisa di publikasikan.

Setelah tahu cara membuatnya kita akan melanjutkan ke bagian dimana hashtag ditujukan untuk keperluan tertentu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Hashtag Instagram sebagai Cara untuk Marketing Online

Selain sebagai pengklasifikasikan konten dan mempermudah pencarian. Hastag juga bisa mendatangkan pengunjung yang berpotensi meningkatkan kesadaran untuk produk (brand awareness) yang Anda miliki.

Hal tersebut dinamakan marketing online karena secara tidak langsung hashtag juga bisa menjadi pemasaran yang baik untuk produk Anda

Berikut tips dan cara hashtag Instagram untuk marketing online:

Menambahkan Hashtag Link di Bio Profile

Membuat Hastag pada bio profil Instagram

Pada sekarang ini hashtag Instagram sudah bisa ditempatkan pada bio profil. Hal tersebut sangat menguntungkan karena Anda bisa langsung menempatkan produk Anda di bio. Apalagi Anda ingin meningkatkan kesadaran tentang produk Anda.

Jadi tidak perlu diposting di foto postingan yang kecil kemungkinan terlihat karena harus membukanya dulu. Cukup langsung ditulis di bio profil milik Anda.

Penggunaanya juga cukup simpel, Anda bisa lihat caranya pada gambar di bawah ini.

Menambahkan Hashtag di Instagram Story

Hashtag pada Instastory

Pada penggunaan kali ini memang sudah banyak diketahui banyak orang. Langkah ini bisa memudahkan setiap orang yang melihat instastory yang Anda buat.

Apalagi di algoritma saat ini, Instastory sudah ada di bagian explore jadi besar kemungkinan untuk banyak yang menemukan postingan hashtag milik Anda.

Follow Hashtag di Instagram

Hastag pada following Instagram

Fitur ini sudah ada sejak tahun 2018, selain kita bisa memfollow akun personal. Pada Instagram terbaru sudah menghadirkan follow sebuah hashtag. Ini bisa sangat membantu buat siapa saja yang ingin menargetkan pangsa pasar yang sesuai.

Untuk pengguna yang ingin follow sebuah hashtag, pengguna bisa mencarinya di tombol pencarian dan pilih bagian hashtag. Maka apa yang Anda maksudkan akan lebih mudah untuk dicari.

Bagi Anda yang menginginkan follow hashtag tertentu, Anda dapat langsung membuka halaman hashtag Instagram dan tap icon follow di bawahnya.

Berdasarkan tulisan di atas pasti Anda sudah bisa memanfaatkan hashtag dengan mudah bukan. Manfaat lain dari hashtag adalah untuk meningkatkan jumlah like dan komentar pada postingan. Maka manfaatkanlah penggunaan hashtag sebaik mungkin.

0 Shares:
You May Also Like