Vivo V7

Dirilis sejak Desember 2017, Vivo V7 hadir belakangan dibanding sang ‘kakak’ Vivo V7 Plus. Walau tanpa embel-embel plus, tapi spesifikasi V7 secara umum tidak kalah dengan pendahulunya.

Vivo V7 sudah menggunakan layar FullView dengan aspek rasio 18:9, kamera depan 24MP, RAM 4GB, dan memakai chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core 1,4 GHz. Bedanya, Vivo V7 tidak dilengkapi Corning Gorilla Glass, storage internal lebih kecil (32GB), dan kapasitas baterai hanya 3.000 mAh.

Dijual pada range harga Rp3 jutaan, smartphone ini bersaing dengan Oppo F5, LG Q6, dan Xiaomi Mi A1. Vivo V7 sendiri mengandalkan layar penuh dan kamera selfie sebagai daya tarik utamanya.

Harga Vivo V7

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
vivo V7Rp1.850.000Rp1.500.000
Rilis2017, November
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Awal diluncurkan pada 2017 lalu, Vivo V7 dibanderol Rp3,7 jutaan. Kini harga baru smartphone tersebut masih berada di kisaran Rp3 jutaan. Sedangkan harga second-nya menjadi Rp1 jutaan.

Walau sudah cukup lama beredar, tetapi harga ponsel ini tidak mengalami penurunan yang signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa Vivo V7 masih cukup laris di pasaran hingga saat ini.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 7.1.2 (Nougat); Funtouch 3.2
RAM4 GB
ROM32 GB
ChipsetQualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Bodi
Dimensi149.3 x 72.8 x 7.9 mm (5.88 x 2.87 x 0.31 in)
Berat139 g (4.90 oz)
Layar5.7 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan24 MP, f/2.0
Belakang16 MP, f/2.0, 1/3", 1.0µm, PDAF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaChampagne Gold, Matte Black, Energetic Blue
RadioFM radio, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery

Layar Penuh untuk Kenikmatan Visual

layar full view vivo v7

Vivo V7 memiliki layar IPS FullView 5,7 inci dengan aspek rasio 18:9, sedikit lebih kecil dari V7+. Layar ponsel ini begitu penuh sehingga menjanjikan kenikmatan visual bagi pemiliknya saat browsing, melihat video, maupun menonton video. Warna di layar juga cukup kuat dengan tingkat kecerahan yang bagus.

Adapun Vivo V7 memiliki dimensi seluas 149.3 x 72.8 x 7.9 mm, dengan bobot 139 gram. Bezel di semua sisi cukup tipis, namun masih ada ruang yang cukup pada bagian atas untuk lubang suara, kamera depan, dan sensor. Pun bodinya berbahan plastik, sekalipun sekilas tampak seperti metal.

Di sisi bagian kiri terdapat tempat untuk memasukkan dua kartu SIM ukuran nano dan kartu microSD. Slot microSD ini bisa di-upgrade hingga 256GB. Sementara itu, pada bagian bawah terdapat port Micro-USB dan speaker. Pada bagian belakang, terdapat sensor fingerprint.

Kamera Selfie 24 MP

kamera selfie vivo v7

Dengan resolusi 24 MP, kamera depan sudah dibekali mode portrait selfie dan mendukung HDR. Pun mampu menangkap dan menyimpan gambar dengan cepat. Hasil fotonya detail dan jernih, meski dalam kondisi cahaya minim.

Didukung dengan mode Face Beauty untuk mengedit foto agar hasilnya bisa sesuai keinginan. Juga terdapat fitur Selfie Group untuk dipakai berfoto selfie dengan banyak orang sekaligus. Selain dengan menggunakan tombol selfie yang tersedia, untuk mengaktifkan kamera selfie ini juga bisa dilakukan lewat gerakan tangan maupun perintah suara.

Performa Apik! Snapdragon 450 + RAM 4 GB

chipset vivo v7 snapdragon 450

Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450, dengan CPU octa-core ARM Cortex-A53 dan GPU Adreno 506, ponsel ini memberikan kinerja cukup menawan.

Ditambah lagi dengan RAM 4GB, menjanjikan proses ponsel berlangsung lancar. Hanya memang kapasitas ruang simpan berkurang separuhnya dibandingkan dengan V7+, yakni memiliki ROM 32GB saja. Begitupun dengan kapasitas baterai yang lebih kecil, tepatnya 3000mAh.

Kaya Fitur

fitur vivo v7

Vivo V7 sudah memiliki fitur-fitur umum sebagaimana ponsel di kelas 2-3 jutaan. Ponsel ini mendukung 4G VoLTE, memiliki fitur radio FM, USB-OTG, Wi-Fi single-band b / g / n,  accelerometer, proximity, dan compass.

Vivo V7 berjalan dengan Funtouch OS 3.2 dan Android 7.1.2 Nougat. Cukup baik tampilannya dengan user interface yang mudah dimenegrti. Tapi memang OS Funtouch ini tidak mendukung mode layar split.

Miliki Fitur Pengenal Wajah

fitur pengenalan wajah

Vivo V7 sudah memiliki fitur pengenal wajah untuk membuka  kunci akses. Anda tinggal mengarahkannya ke wajah Anda dan akses ponsel pun akan terbuka. Fitur ini bekerja dengan baik sekalipun dalam pencahayaan yang tidak terlalu bagus.

Namun jika Anda kurang menyukainya, Anda bisa mematikan fitur tersebut dan menggunakan cara biasa untuk membukanya. Vivo V7 juga sudah dibekali kemampuan meng-kloning aplikasi dan mengenali gerakan. Ada juga sejumlah aplikasi seperti multimedia yang bisa Anda singkirkan jika dirasa tidak diperlukan.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum memutuskan membeli Vivo V7, sebaiknya Anda pelajari terlebih dulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini rangkumannya.

Kelebihan Vivo V7

  • Layar penuh IPS Fullview 5,7 inchi dengan aspek rasio 18:9 menjadi kelebihan ponsel ini.
  • Lebih ergonomis dan lebih nyaman dilihat.
  • Performa ponsel cukup mengesankan di kelasnya.
  • Memiliki kapasitas baterai yang cukup tahan lama.
  • Sensor fingerprint responsif.
  • Kemampuan kamera bagus. Baik dipakai untuk berfoto selfie maupun memotret dalam kondisi minim cahaya.
  • Ukuran yang lebih kecil dibandingkan V7+ membuat ponsel ini lebih mudah digenggam dan dimasukkan ke dalam saku.

Kekurangan Vivo V7

  • Tidak memiliki NFC.
  • Bodi yang masih terbuat dari plastik
  • Tidak ada fitur fast charging.

Kesimpulan

Dari segi harga, Vivo V7 menawarkan spesifikasi yang sepadan. Fitur layar penuh dan kamera selfie menjadi hal yang mengesankan dari ponsel ini. Dua kualifiikasi itulah yang kerap diminati saat ini, terutama di kalangan anak muda.

Dijual pada range harga Rp3 jutaan, Vivo V7 cocok bagi anak muda yang menginginkan ponsel untuk kebutuhan selfie dan media sosial. Adapun fitur Face Unlock juga lumayan membantu untuk membuka ponsel secara cepat.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin ponsel dengan harga lebih murah dan spesifikasi tidak kalah mumpuni, sebaiknya mempertimbangkan Oppo F5.

 

0 Shares:
You May Also Like

Vivo X6 S

Vivo X6 S: Memiliki layar Super AMOLED dan memori penyimpanan berkapasitas besar
Vivo Y81

Vivo Y81

Vivo Y81: Memiliki layar luas dan fitur Face Beauty

Vivo Y51 A

Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Vivo X7 Plus

Vivo X7 Plus: Dibekali panel layar Super AMOLED dan kamera beresolusi tinggi
Vivo Y83

Vivo Y83

Vivo Y83: Smartphone dengan fitur face access

Vivo Y21

Vivo Y21: Memiliki layar 16 juta warna