OPPO A83

Oppo A83 yang dirilis Januari 2018 bisa dibilang merupakan tipe yang lebih minimalis dari pendahulunya, Oppo F5. Dijual dengan harga 2 jutaan, Oppo A83 memang menyasar kelas yang lebih rendah dibanding Oppo F5. Meski murah, fitur yang dimiliki tidak mengecewakan.

Salah satu keunggulan sebagaimana merek Oppo yang lain adalah kamera depan 8 MP andalan untuk selfie. Oppo A83 juga dibekali fasilitas AI Beauty Recognition yang lebih fokus mengenali wajah. Selain itu layar 5,7 inci yang dimiliki adalah desain layar penuh.

Oppo A83 juga memiliki kapasitas baterai cukup besar, yaitu 3180 mAh. Kapasitas tersebut bisa menunjang kinerja Anda seharian untuk menjalankan beragam aplikasi sekaligus. Bahkan, ponsel ini diklaim bisa melakukan semua tugas selama 13 jam tanpa kehabisan baterai.

Harga OPPO A83

Last Update: 8 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Oppo A83 RAM 2 GBRp2.199.000Rp1.250.000
Oppo A83 RAM 3 GBRp2.700.000Rp1.300.000
RilisJanuari 2018 (Global)
Link terkaitDaftar Harga Hp Oppo Terbaru

Oppo A83 yang beredar di Indonesia memiliki 2 tipe, yaitu RAM 2 GB dan 3 GB. Harga barunya termasuk terjangkau karena Oppo A83 memang menyasar kelas menengah. Sejak dirilis awal tahun 2018 lalu, kini harga bekasnya melorot cukup jauh.

Harga yang ditawarkan tersebut cukup terjangkau di kelasnya. Padahal fitur yang dimiliki Oppo A83 cukup canggih dan menarik. Terutama dengan tagline smart selfie yang diusung untuk Anda yang hobi mengabadikan kenangan.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 7.1 (Nougat); ColorOS 3.2
RAM2/3/4 GB
ROM16/32/64 GB
ChipsetMediatek MT6763T Helio P23 (16 nm)
CPUOcta-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPUMali-G71 MP2
Bodi
Dimensi150.5 x 73.1 x 7.7 mm
Berat143 gr
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
Layar5.7 inch IPS LCD
Kamera
Depan8 MP, f/2.2
Belakang3 MP, f/2.2, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
NFCNo
Jack Audio 3.5mmYes
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaGold, Black, Red, Blue
RadioNo
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3180 mAh

Kamera Depan 8 MP dengan AI Beauty Recognition

Kamera depan OPPO A83

Oppo A83 memang mengunggulkan diri pada kamera depan 8 MP yang akan membuat foto selfie Anda tampak sempurna. Apalagi dengan teknologi AI Beauty Recognition yang bisa lebih detail mengenali wajah sehingga kamera lebih fokus.

Untuk kamera belakang, Oppo A83 dibekali kekuatan 13 MP. Namun jika Anda mengaktifkan mode Ultra-HD, otomatis akan diambil beberapa lapis foto sekaligus untuk menghasilkan foto yang setara dengan resolusi 50 MP. Sebuah hasil yang mengagumkan untuk ukuran harga ponsel yang terjangkau.

Tentu dengan fitur tersebut, Oppo A83 sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan fotografi. Momen langka dan unik bersama kawan-kawan akan tertangkap dengan sempurna melalui kamera Oppo A83.

Layar Jernih Memanjakan Mata

Layar OPPO A83

Oppo A83 telah memakai desain layar penuh HD+ dengan ukuran 5,7 inci 1440×720 piksel. Ukuran tersebut akan memanjakan mata Anda dengan tampilan jernih dan tampak lebih nyata saat menonton video ataupun bermain game.

Untuk metode keamanannya, Oppo A83 memilih facial unlock sebagai metode pembuka layar. Metode ini diklaim lebih aman dibanding fingerprint. Namun pengguna tertentu ada yang merasa lebih nyaman dan mudah mengoperasikan fingerprint dibanding facial unlock.

Meski menyasar kelas menengah, desain yang dibawa Oppo A83 tidak tampak murahan. Kesan elegan dari desain rampingnya semakin sempurna dengan berbagai pilihan warna yaitu emas, hitam, merah, dan biru. Lengkungan bodinya pun sangat pas dan nyaman untuk digenggam.

Dapur Pacu Canggih Penunjang Aktivitas Hiburan

prosesor oppo a83

Oppo A83 dirakit dengan CPU Octa-Core (hingga 2.5 GHz) serta pilihan tipe RAM 2 GB dan 3 GB. Untuk harga yang ditawarkan, spesifikasi ini termasuk lumayan dan cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda akan media hiburan.

Anda bisa bermain game dengan lancar dan menjalankan berbagai aplikasi dan media sekaligus tanpa gangguan. CPU yang dimiliki juga memungkinkan peningkatan performa hingga 40% namun tetap menghemat konsumsi energi dari baterai.

Apalagi, ponsel ini dibekali baterai kapasitas 3180 mAh yang mampu menunjang aktivitas seharian. Namun, sayang belum ada fasilitas fast charging untuk membuat baterai cepat terisi. Padahal fasilitas ini penting mengingat baterai yang dipakai memiliki kapasitas cukup besar.

Sistem Operasi Mumpuni

sistem operasi oppo a83

Oppo A83 memakai sistem operasi Android Nougat 7.1. Meski bukan yang terbaru, namun kinerjanya ditunjang pula dengan fasilitas lain seperti ColorOS 3.2 yang memungkinkan Anda tidak terganggu saat bermain game karena telepon masuk.

Fasilitas lain adalah fitur split screen yang memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi dalam satu layar secara bersamaan. Oppo A83 juga memiliki fitur O-share untuk pengiriman data antar ponsel Oppo yang diklaim memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dibanding Bluetooth.

Kelebihan dan Kekurangan

Dilihat dari spesifikasi di atas, Oppo A83 termasuk unggul di kelasnya. Namun cermati dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut dengan lebih saksama.

Kelebihan Oppo A83

  • Layar full screen HD+ 5,7 inci yang sangat jernih dan tajam untuk bermain game atau melihat video.
  • Kamera depan 8 MP dengan AI Beauty Recognition yang membuat foto selfie Anda nampak lebih sempurna.
  • Kapasitas baterai besar 3180 mAh untuk menunjang aktivitas seharian.
  • Sistem keamanan facial unlock yang canggih dan melindungi data ponsel Anda lebih baik.

Kekurangan Oppo A83

  • Tidak ada fasilitas fingerprint yang lebih nyaman bagi beberapa pengguna.
  • Material bodi ponsel terbuat dari plastik.
  • Tidak ada Fasilitas fast charging untuk bisa mengisi daya baterai dalam waktu cepat, padahal kapasitas baterai cukup besar.

Kesimpulan

Untuk harga yang ditawarkan, Oppo A83 telah menyediakan cukup banyak fitur yang memuaskan. Tagline smart selfie yang disematkan memang menunjukkan keunggulannya dengan kamera depan 8 MP disertai AI Beauty Recognition.

Dengan segala fitur unggulannya tersebut, Oppo A83 layak dipertimbangkan untuk dipinang. Namun dari kompetitor merek lain, ada banyak pesaing seperti Xiaomi Mi A1 dan Samsung Galaxy J5 yang memiliki harga mirip dengan fasilitas yang tak beda jauh.

 

 

0 Shares:
You May Also Like

Oppo Mirror 5

OPPO Mirror 5: Desain elegan dan dibekali terkonologi jaringan super cepat 4G

OPPO K3

OPPO K3: Smartphone kelas menengah dengan prosesor ngebut dan pop-up kamera cantik

Oppo A39

OPPO A39: Menawarkan kamera beresolusi tinggi
OPPO A9

OPPO A9 2020

OPPO A9 2020: Ponsel kamera dengan baterai badak

Oppo Find X

OPPO Find X: Smartphone flaghsip dengan pengisian daya sangat cepat
OPPO A5 2020

OPPO A5 2020

OPPO A5 2020: Ponsel kamera dengan kemampuan gaming mumpuni