Informasi Menarik Seputar Samsung Galaxy Note 8

Digital Ponsel – Perusahaan smartphone ternama Samsung telah merilis Samsung Galaxy Note 8 pertama kali pada bulan Agustus 2017. Smartphone yang satu ini dirancang untuk bersaingan dengan produk smartphone lainnya yaitu iPhone X dalam hal spesifikasi.

Produk ini memiliki spesifikasi berupa layar sentuh dengan resolusi mencapai 1440×2960 pixel, jadi bisa Anda bayangkan betapa jernihnya gambar yang ditampilkan di dalam layar smartphone tersebut. Selain memiliki resolusi yang tinggi, ponsel ini dilengkapi dengan processor berkekuatan 1.7GHz octa-core dan dengan memori sebesar 6GB.
Processor yang dipasang pada Samsung Galaxy Note 8 dianggap lebih besar dari processor yang terdapat pada

samsung galaxy note 8-2

img: snapcraze.co.za

iPhone X yang hanya menggunakan processor versi hexa-core. Tak hanya itu dalam hal memori, produk ini diklaim juga telah melampau 3GB yang mana merupakan memori dari iPhone X.

Canggihnya lagi, smartphone ini juga dilengkapi memiliki dimensi sebesar 162,5 x 74,8 x 8,6 mm yang mana sangat ringan dan memiliki berat hanya sebesar 195 g. Berat yang sangat ringan bukan bila dibandingkan dengan keluaran terbaru dari produk Blackberry KeyOne.

Dalam penggunaannya, smartphone ini dilengkapi dengan S pen yaitu pena khusus yang digunakan untuk menyentuh layarnya. Dimensi yang dimiliki oleh pena tersebut adalah 108,3 x 5,8 x 4,2 mm dan dengan berat 2.8 g.
Sedangkan untuk spesifikasi lainnya, dapat Anda lihat dalam informasi lebih lanjut di bawah ini:

Baterai

Baterai yang dimiliki oleh smartphone ini termasuk ke dalam baterai tanam, sehingga pengguna tidak akan dapat membuka dan menggantik pada bagian baterai. Baterai tanam tersebut juga sudah memiliki kapasitas baterai sebesar 3300 mAh.

Kapasitas baterai tersebut didesain melampaui 3000 mAh, sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan browsing, telepon, dan chat dengan waktu yang sangat lama. Walaupun memang durasi lama waktu yang ada belum dapat mencapai 24 jam.

Baca juga :   Harga Samsung Galaxy A5 dan Spesifikasi

Namun hal lain yang menakjubkan dari baterai smartphone ini adalah dapat diisi dengan sangat cepat dan hanya membutuhkan waktu selama 90 menit. Jadi pengguna hanya perlu menunggu sebentar sebelum akhirnya dapat menggunakan kembali smartphone untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Kamera

Bagi rakyat Indonesia terutama para remaja, hal yang paling penting dari sebuah smartphone adalah kamera. Kebanyakan kamera tersebut akan digunakan untuk berselfie, jadi semakin tinggi megapiksel yang ada akan semakin bagus dari foto yang dihasilkan.

Tentu saja kabar ini akan menjadi kabar baik bagi pengguna setia dari Samsung, karena produk Samsung Galaxy Note 8 memiliki kamera belakang dan depan dengan megapiksel yang tinggi. Pada kamera bagian belakang memiliki 12MP dan kamera depan sebesar 8MP.

Pada kedua bagian kamera tersebut terdapat auto-fokus yang sangat canggih, sehingga sangat cocok digunakan untuk memotret pemandangan alam. Pada kamera belakang juga dilengkapi dengan lubang lensa sebesar f1,7 dan f2,4.

Anda pasti akan bertanya-tanya apa sajakah fungsi dari celah kamera tersebut dan mengapa ada seri yang besar dan kecil. Jawabannya adalah celah kamera sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Celah atau bukaan pada kamera tersebut berfungsi seperti iris dan pupil pada mata yang mana digunakan untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam retina. Jadi semakin besar celah yang ada, maka memungkinkan kamera untuk mengumpulkan semakin banyak cahaya untuk dapat menghasilkan gambar yang berkualitas.

Loading...

Jadi dapat dikatakan bahwa kamera belakang dari smartphone ini memiliki versi f1,7 dan f2,4 yang mana dapat mengatur jumlah cahaya yang dibutuhkan. Jadi penggunanya akan sangat dimanjakan mengenai berfoto dengan menggunakan fitur yang satu ini. Sedangkan pada bagian kamera depan hanya dilengkapi dengan f1,7.

Baca juga :   Harga Samsung Galaxy J1 Ace Neo dan Spesifikasi

Beberapa Sensor Canggih

Sensor paling penting yang terpasang dalam Samsung Galaxy Note 8 adalah CMOS image sensor. Anda pasti langsung berpikir sensor ini terkait dengan cara pengambilan gambar dari kamera yang dimiliki oleh ponsel ini. Jawaban yang sudah Anda berikan adalah benar.

CMOS berarti semikonduktor dengan pelengkap oksida logam. Pada dasarnya, prinsip kerja yang dilakukan sensor CMOS sudah coba untuk diterapkan mulai dari tahun 1960-an. Hanya saja pada tahun tersebut, perangkat tersebut tidak terlalu terkenal sampai adanya teknologi mikrofabrikasi yang cukup canggih pada tahun 1990-an.

Bahkan hingga saat ini teknologi tersebut masih terus dikembangkan dan banyak digunakan pada kamera yang ada di handphone dan kamera digital. Selain dari CMOS ada juga sensor lain yang disebut dengan CCD yang memiliki kepanjangan charge coupled device. Walaupun memang saat ini CCD menjadi terkenal seperti CMOS, karena sensor CMOS dapat mengungguli dari segi hasil.

CMOS ini berfungsi sebagai mata elektronik yang menggunakan photodioda dan transistor. Transistor pada CMOS berfungsi untuk menguatkan setiap piksel pada gambar yang diambil. Selanjutnya, dengan mengoperasikan matrik yang ada, setiap sinyal dari piksel dapat diakses secara langsung dan berkesinambungan dengan kecepatan yang tinggi.

Keunggulan dari CMOS ini adalah dapat mengurangi noise atau gangguan yang terjadi saat membaca sinyal elektrik yang diperoleh dari cahaya yang diambil. Hal itu membuat smartphone ini sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar pemandangan dalam saat apapun.

Selain itu, sensor CMOS memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sensor lain seperti CCD. Kemudian, sensor ini juga hanya memanfaatkan lebih sedikit daya, sehingga bisa menghemat penggunaan baterai.
Software

Baca juga :   Harga Samsung Galaxy Note 4 SM-N910C dan Spesifikasi

Ponsel ini telah dilengkapi dengan sistem operasi dari Android 7.1.1 Nougat yang mana juga dapat ditingkatkan menjadi versi Android 8.0 Oreo. Android versi ketujuh ini pertama kali dirilis pada tanggal 22 Agustus 2016.

Sistem operasi yang satu ini telah dimodifikasi pada bagian notifikasi, sehingga pengguna akan dapat melihat adanya deretan ikon yang lebih kecil pada bagian pengaturan. Selain itu, notifikasi yang ada didesain seperti lembaran dengan pesan sebaris.

Kemudian, keunggulan dari sistem operasi Nougat adalah pada bagian keamanan. Hal tersebut akan dapat melindungi penggunanya dari kerentanan serangan dari pihak cracker. Berbagai bug dan masukan mengenai Android versi sebelumnya yang ada pada tahun 2015 sudah sepenuhnya diatasi.

Hal menarik lainnya adalah MediaServer saat ini sudah dibagi menjadi beberapa proses terpisah, sehingga hanya fitur tertentu yang diperbolehkan untuk melakukan suatu fungsi. Contohnya adalah hanya AudiServer yang dapat melakukan akses terhadap Bluetooth.

Pilihan Warna dan Desain

Samsung Galaxy Note 8 menyediakan beragam warna pilihan yaitu Midnight Black, Maple Gold, dan Orchid Gray. Keseluruhan warna tersedia dalam pilihan warna yang elegan. Sedangkan untuk bentuk desain, pada layar terdapat bagian tepi yang menjorok ke dalam dan memudahkan untuk memegang bagian body ponsel.

Ketahanan Terhadap Debu dan Air

Smartphone ini telah dilengkapi dengan pelindung anti-debu dan air dengan tipe IP68. Jadi apabila dikontakkan dengan debu selama kurang lebih 8 jam, ponsel masih dapat bertahan dari kerusakan. Sedangkan di dalam air, ponsel dapat bertahan selama 30 menit dengan kedalaman sampai dengan 1.5 meter. Tetapi walaupun demikian, jangan coba untuk mencoba untuk mencelupkan ke dalam air ya.

Kamu pasti juga suka..

Loading...