Vivo V9

Vivo V9 diluncurkan pada April 2018. Dengan kamera depan 24 MP, wajar jika ponsel yang merupakan suksesor Vivo V7 ini diklaim sebagai salah satu ponsel selfie berkualitas terbaik di kelasnya.

Bersaing ketat dengan Oppo F3 Plus dan Honor 8 Pro, Vivo V9 yakin teknologi AI selfie yang dimilikinya bakal menjadikannya sebagai jawara. Setidaknya untuk kelas harga ponsel Rp3 jutaan.

Harga Vivo V9

Last Updates: 09 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
vivo V9 Rp2.525.000 Rp1.900.000
Rilis2018, Maret
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Kali pertama meluncur, ponsel ini dijual dengan harga Rp4 jutaan. Selang setahun kemudian, harga baru ponsel Vivo V9 masih berada pada kisaran Rp3 jutaan. Cukup stabil harga baru ponsel ini. Namun, memang harga bekasnya turun cukup jauh, mengingat rendahnya permintaan pasar.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo); Funtouch 4
RAM4 GB
ROM64 GB
ChipsetQualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626 (14 nm)
CPUOcta-core 2.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Bodi
Dimensi154.8 x 75.1 x 7.9 mm (6.09 x 2.96 x 0.31 in)
Berat150 g (5.29 oz)
Layar6.3 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan24 MP, f/2.0
BelakangDual
16 MP, f/2.0, PDAF
5 MP, depth sensor
Video[email protected], [email protected]
FiturDual-LED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaGold, Black, Sapphire Blue
RadioFM radio, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3260 mAh battery

Layar Berponi

layar poni vivo v9

Saat pertama kali muncul, Vivo V9 menyedot perhatian banyak orang karena poni (notch) yang dimilikinya. Hal tersebut menjadikannya sebagai HP Android berponi pertama yang masuk Indonesia.

Memang tak semua orang suka dengan adanya poni pada bagian atas bodi depan ponsel ini. Namun jika diperhatikan, pengaturan visual terlihat tetap rapi. Sisi kanan poni menampilkan info waktu, sedangkan sisi sebelah kirinya menampilkan status baterai.

Konfigurasi lainnya, susunan tombol volume dan power terdapat pada sisi kanan. Sementara pada bagian bawah, terdapat speaker, jack audio 3,5mm, serta mikrofon.

Layar FullView Keren

layar full view vivo v9

Keunggulan lain smartphone ini adalah layar FullView yang didesain menarik. Layar berukuran 6,3 inci dengan aspect-ratio 19:9 serta resolusi FHD+ memberikan tampilan yang bagus.

Bezel samping pun sangat tipis, hanya 1,75mm saja. Sementara bezel bagian atas mencapai 1,85 mm. Yang cukup longgar adalah bezel bagian bawah yang berjarak 5,99 mm. Dengan pengaturan bezel tersebut, layar ponsel ini tampak lebih mungil dari seharusnya.

Ber-selfie dengan Kamera 24MP

selfie vivo v9

Kamera depan dengan resolusi 24 MP menjanjikan hasil karya foto selfie yang istimewa. Bukan hanya jernih, tapi juga cerah dengan warna tajam. Bahkan sekalipun dengan kondisi minim cahaya, hasil foto selfie masih cukup baik.

Yang menarik tentu adalah adanya teknologi Artificial Intelligence (AI) Face Beauty. Berkat teknologi tersebut, foto selfie menjadi lebih baik dan terlihat alami.

Makin menarik berkat adanya AR stickers pada ponsel ini. Setiap foto bisa ditambah dengan stiker lucu dan unik yang menjadikan nuansa foto lebih ‘hidup’. Pun terdapat teknologi AI Softlight untuk mengatur proses pencahayaan foto agar lebih maksimal.

Performa Lumayan

chipset vivo v9 snapdragon 450

Vivo V9 yang dipasarkan di Indonesia menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450. Dikombinasi dengan RAM 4GB dan ruang penyimpanan 64GB, hasilnya cukup memberikan performa lumayan. Jika soal ruang simpan dinilai terbatas, pengguna pun bisa memperluas ROM hingga 256GB dengan memakai microSD card.

Performa ponsel ini cukup baik. Saat dipakai untuk browsing, membuka aplikasi, maupun berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya cukup lancar. Dengan dukungan baterai 3.260mAh, ponsel ini bisa dipakai seharian.

Mudah Bikin Bokeh dengan Kamera Belakang

foto bokeh vivo v9

 

Vivo V9 memiliki kamera ganda di belakang. Kamera utama memiliki resolusi 13MP dan kamera kedua berresolusi 2MP. Kombinasi tersebut mungkin terbilang kurang gahar. Tapi hal ini dikompensasi oleh Vivo dengan menyematkan teknologi Dual Rear Camera AI Bokeh sehingga membuat foto bokeh menjdi lebih mudah dilakukan.

Kamera belakang juga sudah dilengkapi AI HDR yang berguna untuk menghasilkan foto cerah, detail dan jernih.

Face Unlock + Fingerprint

face unlock vivo v9

Kedua fitur ini sudah terdapat pada Vivo V9. Anda bisa membuka smartphone dengan menggunakan sensor sidik jari maupun menggunakan Face Unlock.

Ponsel yang memakai OS Android 8.1 ini juga berbekal Funtouch OS 4.0. Walhasil secara keseluruhan, pengoperasian ponsel terasa cepat, nyaman, dan aman.

Fitur konektivitas pun sudah cukup lengkap. Mulai dari 4G VoLTE, Wi-Fi dual-band (2.4GHz dan 5GHz) serta Bluetooth v4.2 sudah dibenamkan pada ponsel ini.

Penuh Teknologi AI

ai face detection vivo v9

Banyak teknologi AI yang disematkan pada ponsel ini. Salah satunya adalah AI Face Access yang berfungsi untuk mengenali karakteristik wajah pengguna untuk membuka kunci ponsel.

Juga masih ada teknologi AI Attention Sensing. Dengan teknologi tersebut, ponsel ini scara otomatis akan mengatur volume suara panggilan telepon, SMS, maupun alarm agar suara yang muncul tidak terlalu besar dan mengganggu.

Bebas Gangguan Saat Main Game

game mode vivo v9

Ponsel ini memiliki mode khusus, yakni game mode. Dengan mode tersebut, pengguna bisa bebas gangguan notifikasi saat asyik bermain game. Ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang tentu sangat diharapkan oleh gamer.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum Anda membeli Vivo V9, sebaiknya kenali apa kelebihan dan kekurangan ponsel ini. Berikut ringkasan plus minusnya.

Kelebihan Vivo V9

  • Desain ponsel ini masuk kategori mengagumkan.
  • Kamera selfie 24 MP menjadi andalan
  • Tampilan di layar juga mengesankan
  • Face Unlock yang tergolong cepat, bahkan diklaim dapat memindai dalam waktu 0,1 detik saja.

Kekurangan Vivo V9

  • Tidak ada fitur fast charging
  • Tidak dilengkapi Corning Gorilla Glass
  • Bodi terbuat dari plastik sehingga mengurangi kesan mewah

Kesimpulan

Desain ponsel yang rupawan, kamera selfie terbaik, dan layar berponi adalah tiga keistimewaan yang bisa Anda nikmati dari Vivo V9. Ponsel ini juga tepat bagi Anda penyuka selfie dan gamer sejati. Adanya kamera selfie canggih dan game mode membuat kebutuhan multimedia Anda terpenuhi dengan mudah.

Secara harga, ponsel ini memang lebih mahal dibanding kompetitornya. Namun, bagi Anda yang mengutamakan keunggulan desain dan kamera selfie, ponsel ini layak untuk Anda miliki.

 

 

0 Shares:
You May Also Like
Vivo Y95

Vivo Y95

Vivo Y95: Ponsel Kuat dengan Performa Hebat

Vivo Y31 L

Vivo Y31 L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Vivo Xplay 6

Vivo Xplay 6: Dibekali baterai dan memori penyimpanan besar

Vivo X9

Vivo X9: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE dan panel layar Super AMOLED

Vivo Y51 L

Vivo Y51 L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE
Vivo Y17

Vivo Y17

Vivo Y17: Kejutan Seru dari Sebuah Smartphone All in One