Apakah Mungkin untuk Mengurangi Ukuran File PDF? Jika Ya, Lalu bagaimana?

Masalah PDF berukuran besar cukup mengganggu di masa lalu, tetapi berkat teknologi modern saat ini, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan masalah ukuran ini tanpa banyak kesulitan. Mayoritas orang masih berpikir bahwa tidak ada cara untuk memperkecil ukuran pdf, tetapi ini tidak benar. Hari ini, Anda dapat kompres PDF file dengan cara yang berbeda dan jika Anda tidak terbiasa dengan cara ini, Anda perlu membaca posting ini. Pada artikel ini, kami telah membahas cara terbaik untuk memperkecil ukuran pdf dalam waktu singkat.

cara kompres file pdf

Cara termudah untuk mengurangi ukuran file PDF!

Kompresi PDF tidak akan sulit setelah Anda membaca cara mudah yang telah kami sebutkan di sini:

Gunakan opsi ‘save as’ di MS Word

Cara paling dasar untuk mengurangi ukuran file PDF adalah dengan bantuan MS Word. File PDF dibuat melalui Word, jadi kemungkinan besar Anda akan menemukan solusi di platform ini. Jika Anda memiliki versi kata asli dari file PDF besar, Anda dapat dengan mudah menyimpannya dalam ukuran yang lebih rendah. Bahkan jika Anda tidak memiliki versi Word, Anda masih bisa mendapatkannya melalui konverter PDF ke Word online. Anda dapat mengonversi file PDF berukuran besar dalam waktu kurang dari beberapa detik dan menyimpannya kembali dalam ukuran yang lebih kecil.

Baca juga :   Mengatasi WhatsApp yang Diblokir Teman

Di MS Word, Anda akan menemukan opsi ‘save as’ di menu File. Di kotak simpan sebagai, Anda akan melihat opsi untuk mengganti nama dan mengatur format file. Anda perlu mengganti nama file dan memilih format sebagai PDF. Sebelum Anda menekan tombol simpan, Anda akan melihat opsi ‘terbitkan online’. Pada akhirnya, klik tombol ‘simpan’ dan bandingkan ukuran file PDF baru dengan yang lama.

Baca: Cara Merubah File JPG ke PDF

Gunakan kompresor PDF online

Anda memang dapat memperkecil ukuran pdf dengan opsi penghematan kualitas rendah dari MS Word tetapi ketahuilah bahwa ukurannya tidak akan berubah secara besar-besaran. Inilah mengapa kami menyarankan Anda menggunakan kompresor PDF online. Alat Kompres PDF adalah yang terbaik karena gratis dan mudah digunakan. Anda dapat dengan mudah menurunkan sampel semua jenis file PDF dengan alat online ini. Proses kerjanya cukup sederhana dan dibahas di sini!

Anda harus membuka kompresor PDF di browser Anda, mengakses alat dengan mengklik tautan: https://www.duplichecker.com/id/compress-pdf.php dan mengunggah file PDF besar di kotak input. Setelah memasukkan file besar, Anda harus memilih mode kompresi. Anda memiliki dua opsi yaitu lossy dan lossless. Dalam kompresi lossy, ukuran file Anda akan berkurang lebih dari 60%, tetapi kualitasnya akan terganggu. Sedangkan dalam kompresi lossless, Anda akan melihat pengurangan ukuran kecil, kualitas dokumen PDF akan tetap sama. Setelah memilih mode, Anda perlu mengklik tombol ‘kompres PDF’ dan menunggu alat mengecilkan bit tambahan.

Baca juga :   Cara Flash Redmi 3

Gunakan adobe acrobat untuk pengoptimalan ukuran

Adobe adalah penemu format PDF. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai alat terkait PDF dan opsi pengoptimalan di platform ini. Jika Anda memiliki Adobe Acrobat di perangkat Anda, Anda dapat dengan mudah menggunakan alat pengoptimalnya untuk memperkecil ukuran pdf. Anda dapat menemukan opsi pengoptimalan di menu FILE di sudut kiri atas adobe. Anda harus memilih opsi ‘PDF yang dioptimalkan’ dari menu ini. Di menu pengoptimalan, Anda akan melihat opsi audit ruang. Anda harus terlebih dahulu mengaudit penggunaan ruang file PDF dan mencari tahu elemen tambahan yang meningkatkan ukuran file.

Alat ini akan memberi tahu Anda tentang konsumsi ukuran elemen yang berbeda, termasuk font, gambar, dan ruang kosong. Setelah mengetahui tentang elemen tambahan, Anda dapat menggunakan alat pengeditan PDF untuk menghapus semua bit tambahan dan memperkecil ukuran pdf. Proses ini sedikit memakan waktu tetapi pasti bermanfaat dalam hal mengecilkan file.

Memilih ruang warna RGB dalam file PDF Ruang

dua warna biasanya digunakan dalam PDF, RGB, dan CMYK. Kedua ruang warna ini ideal untuk tujuan yang berbeda. CMYK adalah gaya font yang lebih berat dan umumnya digunakan ketika Anda harus mencetak file PDF. Jadi jika Anda harus menggunakan file PDF hanya untuk tampilan layar, kami sarankan Anda menggunakan ruang warna RGB. Ruang warna RGB membutuhkan lebih sedikit data daripada CMYK, jadi kami sarankan Anda mengubah ruang warna untuk mengompresi ukuran file. Dengan metode ini, Anda dapat mengurangi ukuran file sekitar 20%.

Baca juga :   Cara Siaran Langsung di Facebook

Ini adalah beberapa cara terbaik untuk membantu Anda mengurangi ukuran file PDF besar Anda. Metode ini tidak merepotkan, jadi Anda harus mencobanya!