Cara Membersihkan Speaker Hp yang Kotor

Cara Membersihkan Speaker Hp yang Kotor –  Jika speaker di hp kamu tidak memberikan kualitas suara yang dihasilkan seperti saat masih baru, kamu mungkin perlu meluangkan waktu untuk membersihkannya. Saat digunakan secara teratur, permukaan speaker menarik kotoran dan debu. Dan jika kamu tidak membersihkannya untuk waktu yang lama, lapisan debu dapat menempel dan menembus ke permukaan.

Hal Ini akan membuat speaker tidak bekerja pada potensi tertinggi mereka. Meskipun menurut kamu membersihkan handphone kamu itu mudah, membersihkan area speaker hp kamu membutuhkan lebih banyak perhatian dan perawatan karena merupakan komponen yang rumit. Jika kamu membersihkannya tepat waktu, kamu akan dapat mencegah kotoran masuk ke speaker.

Cara membersihkan Speaker Hp yang Kotor

Kenapa Kamu Harus Membersihkan Speaker Hp kamu Secara Teratur?

Membersihkan area speaker hp kamu secara teratur berarti mencegah kotoran masuk ke permukaannya. Jika kamu mengabaikan untuk membersihkannya dari waktu ke waktu, debu yang membandel dapat menyebabkan audio handphone berhenti bekerja. Kamu juga mungkin mulai menghadapi masalah audio yang jelek selama melakukan panggilan telepon.

Baca juga :   Arti Unlimited Kuota Internet

Meskipun membersihkan bagian smartphone ini mungkin tampak rumit, dalam artikel ini, kami akan memberi tahu kamu bagaimana kamu dapat melakukannya secara lebih mudah.

Cara membersihkan Speaker Hp yang Kotor dengan Sikat Gigi

  • Langkah 1: Cuci Tangan kamu

Sebelum membersihkan speaker ponsel kamu adalah untuk mencuci tangan kamu. Ini akan mencegah partikel kotoran dari tangan berpindah ke hape kamu. Setelah kamu mencuci tangan, keringkan dengan handuk bersih.

  • Langkah 2: Matikan Hp

Sebelum kamu mulai membersihkan, matikan hp kamu. Ini adalah langkah penting. Jangan pernah membersihkan handphone dalam keadaan masih menyala.

  • Langkah 3: Gunakan Sikat Gigi Lembut

Setelah hp dimatikan, kamu dapat memulai pembersihan. kamu akan membutuhkan sikat gigi yang bulunya lembut. Bisa memakai sikat gigi bekas yang sudah pernah dipakai, tapi pastikan bersih dan bulunya lembut ya! Jika kamu memiliki sikat gigi cadangan anak kamu, kamu juga dapat menggunakannya karena sikat gigi anak-anak lebih lembut.

  • Langkah 4: Sikat Port Speaker

Periksa handphone kamu untuk menemukan port speaker. Dengan menggunakan sikat gigi, gosok dengan lembut. Saat kamu membersihkan speaker hp, ingatlah untuk tidak menggosok terlalu keras karena jika bulunya masuk ke dalam, dapat merusaknya. Cukup sikat dengan lembut untuk menghilangkan partikel kotoran.

  • Langkah 5: Goyangkan Dengan Lembut

Setelah kamu membersihkan partikel kotoran, goyangkan hp kamu dengan lembut untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

  • Langkah 6: Bersihkan Hp kamu
Baca juga :   Melihat Story Instagram

Terakhir, bersihkan hp kamu untuk memastikan tidak ada debu yang tertinggal di permukaan. Ambil kain lembab untuk melakukan ini. Kamu bisa juga meneteskan sedikit cairan pencuci piring ke air, celupkan kain kamu ke dalam campuran ini dan kemudian bersihkan hp kamu.

  • Langkah 7: Bersihkan Dengan Kain Kering

Setelah pembersihan selesai, biarkan permukaan mengering. Kemudian bersihkan dengan kain kering untuk menghilangkan semua kelembapan.

  • Langkah 8: Bersihkan Jack Headphone

Jika kamu menemukan kotoran di jack headphone kamu dan ingin membersihkannya, silakan gunakan tips mudah ini. Cukup ambil cotton bud tipis dan dorong sedikit ke dalam lubang. Sekarang, putar untuk menghilangkan kotoran dari semua sisi lubang. Keluarkan kapas. Ini akan menghilangkan sebagian besar kotoran. Jika masih ada sisa kotoran, ulangi langkah tersebut sekali lagi. Ingatlah untuk tidak menjepit cotton bud dengan kencang di dalam lubang.

Cara Bersihkan Speaker Hp Menggunakan Selotip

  • Langkah 1: Siapkan Beberapa Selotip

Ambil selotip kecil dan gulung hingga membentuk silinder. Pastikan sisi lengketnya menghadap ke luar.

  • Langkah 2: Tempatkan selotip di atas Speaker Telepon kamu

Tekan selotip ke speaker telepon kamu. Sisi perekat yang lengket menarik sebagian besar kotoran yang menumpuk di dalam dan di sekitar speaker kamu.

  • Langkah 3: Ulangi

Ingatlah untuk mengganti selotip karena menjadi kotor. Ulangi langkah ini sampai kamu tidak melihat kotoran pada selotip. Itu menunjukkan sebagian besar kotoran dihilangkan.

Baca juga :   Membuat Hashtag Instagram

Tips Menjaga Speaker Hp agar tetap Awet

Ingatlah untuk menghindari menyimpan hp kamu dalam suhu lembab seperti di kamar mandi. Saat kelembapan terkumpul di sekitar speaker hp kamu, kualitas audionya akhirnya menurun. Apalagi kalau sampai speaker hp kemasukan air, sangat berbahaya.

Baca juga: Daftar Hp Oppo Tahan Air Terbaik

Cobalah untuk membersihkan area di sekitar speaker hp kamu dengan kain bebas serat secara teratur untuk membersihkannya partikel debu atau kelembapan. Juga, gunakan casing hp berkualitas baik untuk melindunginya dari kotoran dan debu.

Bahkan jika kamu tidak mengalami masalah dengan kualitas suara speaker hp kamu, ada baiknya untuk membersihkannya seminggu sekali. Ini mencegah dari kotoran yang menumpuk. Sebab, kotoran yang menempel di Smartphone kamu dapat menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.

Jadi, ikuti metode yang diberikan di atas untuk sering membersihkan speaker hp kamu dan nikmati kualitas suara terbaik dari hape kamu.