Hp Oppo Tahan Air

Apa yang dulunya ceruk kini menjadi arus utama. Ponsel tahan air terbaik bukan lagi sebuah handset yang jelek dengan ukuran besar tetapi perangkat yang ramping yang bukan saja tahan percikan air bahkan juga terendam dalam waktu tertentu. Memiliki ponsel tahan air berarti Anda dapat memotret di tepi kolam renang atau menggunakan ponsel di tengah hujan dengan tidak khawatir akan rusak. Meski tak banyak, hp Oppo tahan air pun diluncurkan ke pasaran oleh pabrikan.

Untuk hp tahan air, standarnya adalah sertifikasi IP68, yang berarti perangkat akan bisa bertahan meski terendam dalam air berkedalaman 1,5 m selama 30 menit. Perangkat iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max adalah dua contoh ponsel premium dengan IP68 yang mengungguli merek lain di pasaran. Alternatif merek lain seperti Samsung, Google, LG dan juga Oppo bagi mereka yang lebih suka Android. Kemudian ada lagi IP67 yang juga mengindikasikan ketahanan ponsel dalam air berkedalaman 1 m selama 30 menit. Cek tipe apa saja hp Oppo tahan air berikut ini.

hp oppo tahan air

Beberapa orang mengatakan jika peralatan elektronik akan rusak bila terkena air. Mereka tampaknya, belum pernah menjumpai Hp tahan air. Sebuah ponsel tahan air biasanya ditutupi dengan lapisan kedap air yang melindunginya dari hujan, keringat, tumpahan, atau bahkan jatuh dalam genangan air. Tahan air dari sebuah perangkat elektronik dikategorikan dengan peringkat yang ditentukan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Peringkat tersebut memiliki dua digit. Angka pertama menunjukkan seberapa baik telepon dilindungi terhadap benda padat, seperti tangan dan debu; yang kedua menunjukkan berapa banyak air yang dapat ditahan perangkat. Pada dasarnya, semakin tinggi salah satu nomor, semakin tinggi ponsel bisa anti air.

IP kepanjangannya tidak Internet Protocol. IP di sini yaitu Ingress Protection yang berarti perlindungan terhadap sesuatu yang berusaha masuk. Patokan tersebut dirancang komisi elektronik internasional atauIEC seperti telah disebutkan di atas. IP67 dan IP68 adalah suatu kode yang mana ada 3 unsur utama, ialah huruf “IP”, angka 6, dan angka 7. Angka 6 adalah indikator jika sebuah perangkat memiliki ketahanan pada debu, pasir, atau semacamnya. Sedangkan angka 7 dan 8 adalah sebuah penanda, yang mana sebuah perangkat memiliki ketahanan terhadap penetrasi air.

IP67 mengindikasikan jika suatu perangkat tahan dengan air dan bisa dibawa ke kedalaman 1 meter, untuk 30 menit lamanya. Sementara IP68 adalah penanda yang mana sebuah ponsel tahan dengan air sampai kedalaman 1,5-2 meter untuk 30 menit. Sehingga yang membedakan dari IP67 dan IP68 cuma untuk kode belakangnya saja. Namun tetap hindarkan dari laut karena smartphone yang tahan air tidak cocok untuk air asin. Juga tidak boleh digunakan di sauna, ruang uap, atau kolam air panas, karena suhu yang lebih tinggi dapat merusak perangkat. Anda juga harus menghindari menekan tombol pada perangkat Anda saat berada di bawah air, karena itu dapat menyebabkan air yang tidak dikehendaki memasuki casing. Pastikan untuk menunggu ponsel Anda benar-benar kering sebelum mengisi dayanya.

Oppo R15 Pro

Dalam hal tampilan keseluruhan, Oppo R15 Pro agak mirip dengan desain iPhone X. R15 Pro tidak cukup edgeless tetapi bezel yang digunakan super tipis. Oppo dikenal sebagai pembuat smartphone berkualitas yang berorientasi pada fotografi dan produktivitas. Unggulan terbaru mereka Oppo R15 Pro adalah contoh yang bagus untuk itu. Muncul dengan tampilan layar penuh 6,28 ? dengan resolusi 1080 x 2280 piksel. Oppo R15 Pro didukung oleh prosesor 2.2 GHz octa-core dan dipasangkan dengan 6GB RAM. Ini lebih dari cukup untuk menangani berbagai tugas yang ringan hingga berat. Perangkat ini mengemas kamera belakang 16 MP dengan Exmore RS Sensor. Jadi foto yang dihasilkan smartphone ini akan terlihat sangat fantastis.

Untuk diketahui, Oppo R15 Pro menyandang sertifikat IP67 yang artinya tahan terhadap air. Dalam sebuah uji untuk membuktikan jika Oppo R15 Pro ini anti air, dikenakan perlakuan membuat kondisi semacam percikan dan hujan buatan.   Karena Oppo R15 Pro menyandang peringkat IP67, secara teori tentu tidak akan menjadi masalah dengan perlakuan seperti itu. Oppo R15 Pro pun diberikan lapisan oleofobik di seluruh bodinya.

Setelah menguji Oppo R15 Pro dalam kondisi hujan buatan, hp oppo anti air ini masih tetap berfungsi dengan baik. Tidak ada masalah apa pun ketika pengguna memakainya dalam kondisi hujan, saat mandi, dan bahkan dicuci dalam kucuran air leding selama 1 menit. Tak ada kerusakan perangkat keras sama sekali termasuk kamera, speaker, layar, microphone, tombol power dan volume, dan port charger. Sehingga bisa disimpulkan, hp anti air Oppo R15 Pro ini cukup tangguh untuk penggunaan di segala medan khususnya di kondisi basah.

Oppo Find X 2 Pro

Membawa deretan fitur yang mengesankan, termasuk layar top-end, konektivitas 5G dan chipset canggih, Oppo Find X2 akan menjadi salah satu perangkat terbaik tahun 2020.  Varian Pro bisa menjadi salah satu ponsel paling sukses di tahun 2020, sebab sepertinya Oppo telah menyempurnakan hampir setiap fitur di perangkat ini. Oppo Find X2 Pro tak membawa banyak bahasa desain yang serupa dibanding pendahulunya, Find X sebab tak menawarkan kamera depan sembul. Untuk gantinya, kamera depan terpasang di area cut-out di pojok kiri atas layar.

Layar melengkung ke sudut 68 derajat di sisi samping terasa demikian menonjol, kendati tak sebanyak teknologi layar ‘Air Terjun’ Oppo. Tidak ada jack headphone 3.5mm di sini, sehingga penggemar headphone kabel tentu akan kecewa. Pada area belakang handset dijumpai tonjolan kamera ke arah kiri atas, yang jauh lebih besar dibanding yang ditemukan di Oppo Find X2 reguler, serta dibuat dari material berbeda. Sementara basis Oppo Find X2 membawa material kaca di belakang, Find X2 Pro muncul dengan versi dengan cover belakang dari bahan keramik (sebagaimana beberapa seri Samsung Galaxy S10) atau kulit vegan, yang mampu menghasilkan kesan yang lebih premium .

Smartphone Oppo ini diproteksi dengan sertifikat IP68, dengan begitu aman dari debu dan juga air. Seri Hp Oppo tahan air terbaru ini dianggap mampu untuk menahan debu, kotoran dan pasir, dan tahan terhadap perendaman dalam air hingga kedalaman maksimum 1,5 m selama hingga tiga puluh menit. Namun tetap saja tidak disarankan untuk penggunaan di pantai atau kolam renang.

Kerusakan karena air atau debu tidak tercakup oleh garansi, itu yang harus disadari oleh pengguna Hp Oppo. Karena itu meski Hp Oppo yang digunakan membawa sertifikasi tahan air baik IP67 atau IP68 namun sangat tidak disarankan untuk digunakan beraktifitas dalam lingkungan basah.

0 Shares:
You May Also Like

Oppo R5

OPPO R5: Mendukung jaringan internet cepat 4G LTE

Oppo R7 Plus

OPPO R7 Plus: Dibekali kamera 13 MP dan prosesor ngebut

Oppo Joy R1001

OPPO Joy R1001: Menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean
Oppo F3 Plus

OPPO F3 Plus

OPPO F3 Plus: Lebih meyakinkan dengan dua kamera selfie

OPPO F9

OPPO F9: Smartphone kamera ganda dengan VOOC Flash Charge