Cara Tutup Akun Tokopedia

Cara Tutup Akun TokopediaDigitalPonsel, Banyak pengguna yang mencari cara hapus akun Tokopedia karena merasa tidak membutuhkannya lagi. Entah disebabkan minimnya keuntungan dari berjualan di marketplace tersebut atau memang tidak akan melakukan transaksi lagi. Jika benar-benar menutup akunnya, secara otomatis juga kehilangan semua benefit, kemudahan cara bayar, dan promo menarik yang diberikan Tokopedia.

Baca: Cara Belanja di Tokopedia Lengkap

cara tutup akun tokopedia

Hal Penting Sebelum Hapus Akun Tokopedia

flashsale shopee 11.12
KLIK LINK BERIKUT: https://shope.ee/5KbOEEsu92

Pengguna harus tahu bahwa akun yang ditutup hanya bersifat sementara, bukan permanen. Bisa dikatakan, toko tersebut sedang libur di jangka waktu tertentu. Dan jika memang ingin menutup akun, sebaiknya simak dulu hal-hal penting yang diberikan oleh pihak Tokopedia sebagai berikut:

1. Pengguna Tidak Memiliki Tanggungan

Pastikan bahwa tidak ada lagi tanggungan yang dibebankan dari akun yang hendak ditutup, seperti cicilan pinjaman online. Selain itu, pengguna juga harus menyelesaikan semua transaksi yang masih dalam proses. Karena jika masih mempunyai tanggungan dan ada transaksi yang berjalan, pengguna tidak akan diperbolehkan oleh pihak Tokopedia untuk menutup akunnya.

2. Sudah Menarik Saldo

flashsale shopee 12.12
KLIK LINK BERIKUT: https://shope.ee/5KbOEEsu92

Hal penting kedua yaitu saldo bernilai nol. Jika di dalam akun masih tersisa saldo, bisa dicairkan atau ditransfer ke rekening pengguna. Selain itu, saldo juga dapat dipakai untuk bertransaksi dan menyelesaikannya sebelum menutup akun. Saldo-saldo ini mencakup semua yang ada di sana, baik saldo Tokopedia, Emas, ataupun Reksadana.

3. Data Tidak Dapat Dipakai Lagi

Setelah menutup toko, pengguna juga harus tahu bahwa data yang ada di akun sebelumnya tidak dapat dipakai kembali. Nomor telepon dan email hanya bersifat satu kali. Jika suatu hari nanti ingin mendaftarkan toko yang baru, gunakanlah alamat email yang lain. Jadi sebaiknya pikirkan benar, apakah harus menonaktifkan akun.

Cara Menutup Akun Tokopedia

Apabila pengguna merasa harus menonaktifkan tokonya, bisa mengikuti cara tutup akun Tokopedia yang diuraikan di bawah. Pada penjelasan ini diberikan dua metode, yakni menutupnya melalui aplikasi atau mengakses situs Tokopedia. Berikut rincian dari cara-cara tersebut:

1. Hapus Akun Melalui Aplikasi Tokopedia

Cara yang pertama adalah menonaktifkan sementara akun Tokopedia melalui aplikasi. Ini merupakan cara yang mudah jika pengguna mengakses marketplace tersebut menggunakan smartphone. Jika sudah mempunyai aplikasinya, langsung buka dan masuk ke akun yang hendak ditutup. Setelah ada di tampilan awal dari Tokopedia, ikuti tahapan berikut:

  • Pilihlah menu Akun yang terletak di tab bawah.
  • Setelah itu masuklah ke menu Pengaturan yang terletak di sudut atas, tepatnya di sisi kanan layar.
  • Lalu cari dan pilih menu Toko.
  • Masuklah ke menu Informasi.
  • Langkah berikutnya, tekan pada pilihan Status Toko.
  • Nonaktifkan akun dengan meng-klik pilihan Toko Ditutup.
  • Selesaikan proses konfirmasi dengan menekan tombol Simpan.

2. Menutup Melalui Website Tokopedia

Bagi yang lebih sering menggunakan market place Tokopedia di laptop, maka lebih mudah jika menutup akun melalui website resminya. Sebenarnya tidak terlalu beda dengan cara tutup akun di aplikasi Tokopedia. Hanya saja letak dari menunya yang tidak sama. Untuk melakukan cara ini, bisa mengikuti penjelasan berikut:

  • Akses alamat tokopedia.com melalui browser yang dijalankan.
  • Masuk ke akun yang hendak ditutup jika sebelumnya belum pernah login.
  • Lalu klik logo bergambar rumah.
  • Masuklah ke menu Pengaturan Toko.
  • Pilih lagi menu Informasi Toko.
  • Setelah itu tekan Status Toko.
  • Pada menu Tutup Toko Sekarang, buatlah jadwal dengan menceklis checkbox.
  • Berikan pula alasan menonaktifkan akun.
  • Terakhir, pilih Atur.

Demikian adalah 2 cara tutup akun Tokopedia melalui aplikasi dan website resminya. Pengguna yang ingin menonaktifkan tokonya perlu memahami ketentuan yang diberikan oleh Tokopedia. Terutama harus menyelesaikan semua transaksi dan tagihan. Jika masih memiliki tanggungan, pengaturan tutup toko tidak dapat dilakukan.

About Author: