1. Home
  2. /
  3. Tips & Trick
  4. /
  5. Cara Agar Video TikTok...

Cara Agar Video TikTok Jernih di Android

Cara Agar Video TikTok Jernih di Android – Menghilangkan rasa bosan saat tidak ada kerjaan, berselancar di TikTok merupakan salah satu solusinya. Kita bisa menonton berbagai video pendek menarik yang dibagikan di TikTok. Selain menonton, kita sebagai pengguna juga memungkinkan untuk membuat video TikTok sendiri dan mengunggahnya di akun TikTok. Selain sebagai saranan hiburan, TikTok juga bisa menjadi ladang untuk Anda mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebelum lanjut, ada baiknya jika kamu masih baru mulai di tiktok, bisa baca dulu artikel sebelumnya: Cara Membuat Video TikTok Pemula di Android

Bermain TikTok, terkadang video yang ditampilan di sana kurang jernih atau bahkan tampak buram. Hal tentunya akan cukup mengganggu kenyamanan kita saat menonton video di TikTok atau saat membagikan video sendiri. Tenang saja, ada kok trik yang bisa diterapkan agar video di TikTok menjadi jernih dan jelas. Berikut adalah cara agar video TikTok jernih di android yang bisa coba Anda terapkan.

Baca: Cara Melihat Riwayat Video TikTok Tanpa Like

Cara Agar Video TikTok Jernih di Android

Cara Agar Video TikTok Jernih di Android

Ada dua aspek dalam hal membuat video TikTok menjadi tampak jernih dan detail di HP android. Pertama membuat video tampak jernih saat menonton video TikTok, dan yang kedua menjernihkan video yang diunggah ke akun TikTok. Keduanya akan dibahas secara lengkap pada artikel ini. Berikut cara agar video TikTok jernih di android selengkapnya, yakni:

Baca: Cara Video masuk Beranda FYP Tiktok

1. Membuat Video TikTok Jernih Saat Menonton

Untuk cara yang pertama ini bisa diterapkan bagi Anda para penikmat video TikTok. Di mana video yang diputar di TikTok terkadang tampak buram dan pecah-pecah, di sini akan dibahas solusi untuk mengatasinya. Terdapat dua metode yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

Metode 1 – Memastikan Sinyal Jaringan Lancar dan Stabil

Untuk masalah satu ini, sebaiknya Anda gunakan kartu operator yang punya sinyal kuat di daerahmu. Misalnya saja Telkomsel yang terkenal dengan sinyalnya yang kuat dan stabil, serta sudah menjangkau hingga ke daerah pelosok desa.

Baca juga :   Cara Membuat Video TikTok Pemula di Android

Alternatif lainnya yakni Anda bisa menghubungkan HP ke jaringan Wifi. Di mana jaringan Wifi ini biasanya punya sinyal yang lebih lancar dan stabil sehingga membuat video yang ditampilkan di TikTok lebih jernih.

Metode 2 – Mematikan Fitur Data Saver

Data Saver merupakan fitur khusus yang ada di TikTok dan berfungsi untuk meminimalkan penggunaan kuota data. Mengaktifkan fitur ini adalah cara terbaik untuk menghemat kuota internet.

Namun, dampaknya membuat video yang diputar di TikTok resolusinya diturunkan sehingga tampak buram, pecah-pecah dan tidak detail. Sebaiknya Anda matikan saja fitur tersebut agar video TikTok menjadi jernih. Berikut langkah-langkah mematikannya:

  • Buka aplikasi TikTok di HP.
  • Klik pada menu Profil yang ada di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya klik ikon tiga garis di pojok kanan atas.
  • Klik pada opsi Data Saver. Tinggal Anda nonaktifkan saja fitur tersebut.

2. Membuat Video Jernih Saat Diunggah di Akun TikTok

Untuk cara yang kedua ini khusus diterapkan bagi Anda yang suka mengunggah video di TikTok. Membuat video TikTok bisa dilakukan dengan dua metode, yakni merekam langsung dari aplikasi TikTok dan merekam melalui kamera HP atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Untuk membuat video yang dibuat jernih dan detail saat diposting di akun TikTok, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

  • Menggunakan orientasi video vertikal. Jangan memiringkan HP saat merekam, karena ini akan menghasilkan video berformat horizontal sehingga kurang maksimal saat diposting di TikTok.
  • Gunakan aspek rasio 9:16 saat merekam video atau 1:1 sidebar.
  • Atur resolusi video ke tingkat HD atau yang lebih tinggi.
  • Simpan video ke format MP4 atau MOV, jangan pilih format video lainnya.
  • Pastikan ukuran video yang dibuat tidak lebih dari 72MB. Dan jangan juga terlalu kecil dari ukuran tersebut.

Itulah tadi beberapa cara agar video TikTok jernih di android yang paling mudah bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Shares:
You May Also Like

Arti Roaming Data

Apa itu Arti Roaming? Temukan Cara, Fungsi dan Tips Hematnya Disini