Arti Unlimited Kuota Internet

Sering pakai internet untuk streaming video youtube atau yang lainnya? pasti sering dengar istilah unlimited kuota internet bukan? Mau tahu penjelasan lengkapnya beserta istilah istilah lainnya? Simak saja sampai selesai yaa.

Akses internet yang begitu masif saat ini lewat smartphone membuat kebutuhan kuota data makin besar. Bukan hanya aktif di aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp, kebanyakan pengguna milenial pun tak pernah melewatkan akses konten hiburan dalam bentuk streaming baik video maupun musik. Paket internet berbasis kuota jelas tak akan mencukupi. Solusinya adalah paket internet unlimited yang tak ada batasan kuota.

Arti Unlimited Kuota Internet

Saat ini beberapa operator seluler di Indonesia menawarkan paket internet dengan kuota unlimited. Arti unlimited secara kata adalah sesuatu yang bersifat tak terbatas atau penggunaan sekehendaknya. Arti unlimited kuota internet bisa bervariasi dari operator satu ke operator lain. Namun pada dasarnya itu berarti pengguna boleh mengakses data sebanyak yang dimaui namun biaya yang harus dibayar (seperti isi ulang untuk prabayar atau tagihan untuk pascabayar) tetap sama.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Tapi hari ini sebagian besar unlimited kuota internet datang dengan pembatasan yang dalam hal ini batas kecepatan. Pengguna akan mendapatkan kecepatan akses internet X hingga batas tertentu penggunaan data dan kemudian kecepatan yang lebih rendah akan diberikan bila batas X terlampaui. Ini tanpa memengaruhi biaya yang harus dibayar.

Kecepatan setelah batas terlampaui biasanya sangat rendah misalnya hany 64 kbps atau 80 kbps. Bandingkan kecepatan sebelum batas terlampaui yang bisa mencapai 5 hingga 10 Mbps.

Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Tri, dan Smartfren masing-masing memiliki paket internet berbasis unlimited. Setiap paket internet tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Misalnya Smartfren yang meluncurkan paket Super 4G unlimited seharga Rp.70 ribuan dan paket internet unlimited lite dengan biaya hanya Rp.50 ribu untuk masa pakai 1 bulan.

Kelebihan paket Super 4G unlimited Smartfren ini adalah memberikan akses full 4G 24 jam selama 1 bulan. Paket internet smartfren unlimited ini pun dapat diaktifkan dari berbagai tipe Hp 4G. Hanya saja kekurangannya adalah diterapkannya Fair Usage Policy atau batas pemakaian wajar sebesar 1 GB per hari. Jika FUP terlampaui maka kecepatan akses internet unlimited akan diturunkan secara signifikan hingga hanya 64 Kbps.

Cek Juga: Arti Emoticon Wa

Arti Unlimited FUP Indosat

Indosat pun memiliki Paket internet Unlimited meski dengan ketentuan FUP. Jadi Arti Unlimited FUP Indosat yaitu diterapkannya batas wajar penggunaan (FUP) baik harian maupun bulanan bagi para pelanggan akses Unlimited Apps di paket Unlimitednya.

arti unlimited kuota internet fup indosat
arti unlimited kuota internet fup indosat

Indosat memiliki hak memberlakukan penurunan kecepatan internet bagi pelanggan yang telah melampaui Batas Pemakaian Wajar tanpa notifikasi lebih dulu. Sehingga apabila pelanggan masih memiliki kuota utama dan dipergunakan untuk kebutuhan lain, tentu kecepatan yang bisa dinikmati tak dibatasi. Hanya saja bilamana pelanggan telah mencapai Batas Pemakaian Wajar baik Harian maupun Bulanan, meski akses internet masih bisa digunakan, akan tetapi kecepatan yang diberikan akan dipangkas sehingga hanya 512 Kbps saja.

Sehingga kendati di tempat tersebut sinyal Indosat cukup kuat menggunakan smartphone berfitur 4.5G, kecepatan tetap dalam satuan Kbps saja. Mengandalkan speed akses cuma 512 Kbps, tentu mengakses konten streaming di YouTube akan tersendat-sendat. Kendati dengan kecepatan akses 512 Kbps masih dapat digunakan untuk melihat video YouTube, namun resolusi layar wajib dipangkas ke 240p yang pastinya tak cukup tajam.

Paket internet unlimited Indosat datang dengan nama paket Freedom Internet. Paket Freedom Internet merupakan Paket Terbaru dari Indosat Ooredoo yang bisa difungsikan untuk berinternet unlimited berkat kuota utamanya yang besar dan bebas was-was jika pulsa akan tergerus. Bila kuota utama sudah habis maka pengguna masih tetap dapat mengakses internet tanpa memakai pulsa atau dinamakan Pulsa Safe. Harga paket Freedom Internet Indosat ditetapkan mulai Rp.15 ribu yang memiliki kuota utama 2 GB dengan masa aktif 15 hari.

Cek Juga: Apa itu Arti Kata Mention

Arti Unlimited FUP XL

Tak hanya Indosat, operator XL pun meluncurkan paket internet unlimited dengan pembatasan FUP. Arti unlimited FUP XL yaitu paket internet yang menawarkan kebebasan berinternet tanpa batas kuota dan kecepatan namun hanya untuk beberapa aplikasi saja yaitu : WA, Line, Gojek, Joox, Facebook, YouTube, Tiktok, Netflix, Viu, dan Instagram.

Paket internet xl tersebut datang dengan nama Paket Xtra Unlimited Turbo dengan tarif mulai Rp.10.000. Ada banyak macam paket Xtra Unlimited Turbo diantaranya Xtra Unlimited Basic untuk akses tanpa batas ke WA, Line, dan Gojek. Lalu ada paket Xtra Unlimited YouTube dengan tarif Rp.25.000 untuk akses tanpa batas ke aplikasi YouTube.

Cek juga: Arti Roaming

Arti Unlimited 3 AON

Paket internet unlimited adalah salah satu paket pilihan internet yang sering digunakan pelanggan seluler tak terkecuali Tri. Tri memiliki produk kartu perdana yang populer yaitu Always On atau disingkat AON. Kartu AON pun menawarkan paket internet unlimited kepada para penggunanya. Paket yang dinamakan AlwaysOn Unlimited 6GB ini memberikan kebebasan online kepada para pelanggan.

Arti unlimited AON tri pada paket internet 3 ini menawarkan dua macam kuota. Pertama yaitu kuota++ 6Gb yang merupakan kuota utama. Kuota utama tersebut punya keunggulan masa aktif panjang mengikuti masa aktif kartu. Kedua yaitu kuota unlimited yang bisa diakses mulai jam 01.00 – jam 17.00. Kuota unlimited disediakan 2 GB tiap hari sebagai nilai FUP. Kuota unlimited tersebut akan diperbaharui tiap hari.

Cek: Arti Backup Data di iPhone atau Android

Arti Unlimited YouTube

Beberapa operator pun meragamkan produk paket internetnya untuk kebutuhan khusus. Misalnya saja kebutuhan akses jejaring berbagi video YouTube. Kebutuhan tersebut diakomodasi operator dengan menghadirkan paket internet unlimited YouTube. Jadi arti unlimited YouTube pada paket internet yaitu memberikan kebebasan kepada pengguna mengakses website YouTube dengan beberapa pembatasan.

Paket Xtra Unlimited Turbo khusus untuk YouTube misalnya, tersedia khusus untuk mengakses YouTube tanpa batas kuota dan kecepatan. Harga paketnya pun tergolong murah yaitu hanya Rp.25 ribu saja. Sementara masa aktif paket Xtra itu akan mengikuti masa aktif paket utama.

Arti Unlimited Apps

Seringnya para pelanggan internet dari operator seluler hanya menggunakan kuota paket yang dibelinya untuk mengakses beberapa aplikasi tertentu saja. Misalnya sebagian orang setiap harinya hanya aktif di Facebook dan Instagram. Ada juga yang cuma mengakses WhatsApp dan Gojek. Karena itu, beberapa operator seluler pun merespon kebutuhan tersebut dengan menghadirkan paket unlimited Apps.

Jadi arti unlimited Apps adalah paket internet khusus yang menawarkan akses tak terbatas ke beberapa aplikasi tertentu. Misalnya saja paket internet Xtra Unlimited Turbo dari XL menawarkan beberapa macam jenis paket khusus sesuai aplikasi yang akan digunakan pelanggan. Misalnya paket Xtra unlimited Turbo YouTube yang menyediakan akses hanya untuk menikmati konten video di YouTube. Lalu ada paket Xtra unlimited Turbo Tiktok yang juga khusus untuk menikmati layanan aplikasi TikTok. Ada lagi paket khusus untuk Joox, Viu, Netflix dan lainnya. Harga paket internet unlimited Apps yang ditawarkan pun cukup murah mulai dari Rp.10 ribu saja.

Best Seller Lazada
About Author: