Arti Roaming Data

Jika Anda berada di area di mana ponsel tidak mampu menangkap sinyal dari operator seluler yang digunakan, ponsel harus ‘menjelajah’ untuk mencari jaringan lain untuk dihubungkan. Itulah pengertian dan arti roaming data secara umum.

Itulah yang terjadi ketika Anda bepergian ke luar negeri dengan ponsel Anda. ‘Roaming data’ mengacu pada ponsel yang terhubung ke internet melalui jaringan yang berbeda dengan kartu seluler yang digunakan.

Saat berada di luar negeri, jaringan seluler yang anda gunakan akan membebankan biaya roaming ke jaringan lain. Sehingga pastikan Anda tahu berapa yang harus dibayarkan sebelum Anda bepergian. Biaya roaming data untuk mengakses internet biasanya akan sangat mahal, dan Anda mungkin tak menyadarinya.

Meskipun begitu saat menggunakan ponsel di luar negeri, Anda dapat meminimalkan biaya data roaming menggunakan trik berikut. Pastikan fitur roaming data dimatikan dan aktifkan kembali ketika Anda benar-benar membutuhkannya, misalnya saat Anda ingin membaca email.

Kemudian matikan semua pengaturan push di aplikasi email atau jejaring sosial.  Langkah berguna lain yaitu manfaatkan hanya jaringan Wi-Fi untuk mengakses internet saat Anda berada di luar negeri, untuk menghindari pengenaan biaya roaming.

Anda biasanya harus meminta password Wi-Fi untuk mengakses internet tersebut. Jika Anda harus sering menggunakan ponsel saat berada di luar negeri, tanyakan penyedia layanan seluler Anda tentang paket roaming data yang tersedia. Dengan menggunakan trik tadi maka Anda aka tetap bisa menikmati waktu Anda di luar negeri tanpa adanya biaya tambahan yang tidak terduga.

Cek Juga: Arti Emoji Whatsapp

Arti Roaming Data iPhone

Jika Anda akan segera ke luar negeri dan ingin tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman menggunakan WhatsApp atau Messenger, unggah foto liburan ke Instagram atau melacak berita terbaru di iPhone, Anda akan melakukan apa yang disebut roaming data. Jadi arti roaming data iPhone adalah istilah yang digunakan saat Anda menggunakan data pada jaringan seluler di luar negeri.

Anda menggunakan data untuk apa pun yang melibatkan koneksi ke internet, seperti memeriksa email, mengirim tweet, memperbarui Facebook atau menggunakan Google Maps. Beberapa tahun lalu, menggunakan data di ponsel Anda di luar negeri berarti Anda akan dikenai biaya tak terduga.

Namun pada tahun 2017 biaya roaming dihapuskan di Uni Eropa. Itu berarti Anda dapat menggunakan iPhone Anda dengan cara yang sama seperti di negara sendiri dimana Anda tidak akan dikenai biaya roaming. Juga gratis untuk menerima panggilan dan SMS ketika Anda mengunjungi negara Uni Eropa lain.

Namun jika Anda kebetulan berada di negara di luar Uni Eropa seperti Amerika, Australia, atau Jepang maka penggunaan data di iPhone harus hati-hati. Anda sebaiknya mematikan fitur roaming data di iPhone. Caranya, masuk ke menu Settings kemudian tap Cellular, atau Cellular Data, atau Mobile Data. Turn off Cellular Data, kemudian tap Cellular Data Options dan turn off Data Roaming.

Sebelum Anda pergi ke luar negeri, Anda dapat membeli atau menyewa kartu SIM untuk negara atau wilayah tertentu. Setelah tiba di negara tujuan, ganti kartu SIM Anda saat ini dengan yang baru. Anda akan membutuhkan kartu lama saat kembali ke rumah, jadi simpan di tempat yang aman.

Lihat Juga: Arti mention di IG

Arti Roaming Data Android

Tak berbeda dengan iPhone, ponsel Android pun memiliki fitur data roaming. Arti roaming data Android juga hampir sama dengan pengertian roaming data pada umumnya. Pengenaan biaya roaming akan tergantung dari kartu seluler yang digunakan.

arti roaming data
arti roaming data

Paket roaming data Telkomsel misalnya, tarifnya berdasarkan negara tujuan roaming. Paket RoaMax Eropa, Amerika Serikat dan Kanada menetapkan biaya Rp.450 ribu dengan kuota 10 GB dan masa aktif 30 hari. Kemudian ada paket Combo Asia Australia masa aktif 1 hari yang mengenakan biaya Rp.150 ribu. Untuk paket telkomsel tersebut pelanggan akan mendapatkan : nelpon roaming 15 menit, SMS roaming 15 SMS, dan Internet roaming 2,5 GB.

Cek juga: Arti Streaming Video

Paket Internet Luar Negeri Asia Australia 1 Hari dari Telkomsel memberlakukan biaya hanya Rp.125 ribu dimana pelanggan akan memperoleh kuota 1,25 GB untuk pemakaian selama 1 hari. Untuk mereka yang akan umrah ke Arab Saudi, bisa mengaktifkan paket Combo Asia Australia seharga Rp.600 ribu yang akan memberikan : kuota data 1,75 GB, nelpon roaming 30 menit, da SMS roaming untuk 30 SMS. Masa berlaku paket selama 7 hari.

Anda pun bisa membeli atau menyewa kartu seluler ketika berada di negara tujuan. Namun saat akan berangkat, pastikan untuk mematikan fitur Roaming di ponsel Android. Caranya, buka Pengaturan, cari menu Jaringan & internet, klik Jaringan seluler dan gulirkan penggeser di sebelah Roaming ‘On’. Antarmuka pada perangkat Android bervariasi di antara produsen handset, jadi jika Anda tidak dapat menemukannya, cari ‘roaming’ atau periksa situs web produsen.

Baca Juga:

Tips Menghindari Biaya Roaming Data yang Tinggi

Berikut 6 tips untuk mengurangi penggunaan data dan menghindari biaya roaming yang tinggi:

  1. Perhatikan berapa banyak data yang Anda gunakan

Banyak ponsel yang memungkinkan Anda mengatur peringatan data yang akan mengingatkan Anda ketika sudah dekat dengan batas penggunaan. Tetapkan batas maksimal penggunaan data sesedikit mungkin untuk menghemat biaya pemakaian data.

  1. Tetapkan Batas Roaming Data

Anda dapat mengubah batas roaming data ke jumlah yang sesuai untuk Anda. Dengan begitu Anda akan merasa tenang sebab tak akan kecolongan dalam penggunaan akses data berlebih.

  1. Beli Paket Roaming Data

Biasanya operator seluler menawarkan paket roaming data dengan banyak pilihan. Anda bisa memilih yang paling pas dengan kebutuhan data saat di luar negeri. Misalnya saja Telkomsel memiliki banyak paket roaming data sesuai negara tujuan.  Paket RoaMax Singapura dari Telkomsel dengan biaya Rp.150 ribu dan pelanggan akan mendapatkan kuota hingga 100 GB untuk pemakaian selama 7 hari.

  1. Hati-hati dengan cara Anda menggunakan ponsel

Hindari mengunggah atau mengunduh gambar atau video dengan ukuran file besar menggunakan data seluler, karena itu dapat dengan cepat kuota roaming Anda. Gunakan wi-fi atau unduh sebelum Anda pergi. Hati-hati juga menggunakan Google Maps, yang membutuhkan koneksi data aktif. Anda dapat mengunduh area peta tertentu sebelum pergi, atau menggunakan aplikasi seperti Here We Go (Android, Apple), yang berfungsi secara offline.

  1. Matikan pembaruan aplikasi

Aplikasi seperti Instagram dan WhatsApp tetap up-to-date dengan memperbarui di latar belakang, yang berarti ponsel Anda dapat menggunakan data tanpa menyadarinya. Buka menu Pengaturan, cari Pembaruan dan matikan atau hanya terjadi ketika Anda terhubung ke hotspot wi-fi.

  1. Manfaatkan wi-fi

Hotspot Wi-fi sudah tersedia di hotel atau kedai kopi dan beberapa operator seluler tertentu pun kadang menyediakan wi-fi gratis tanpa batas di seluruh dunia. Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk lebih menghemat.

0 Shares:
You May Also Like
cara hapus akun ig

Cara Menghapus Akun Instagram

Mau tahu Cara Menghapus Akun Instagram? Simak ulasan lengkap cara hapus akun ig secara permanen atau menonaktifkan sementara…