Mengembalikan Akun Instagram

Peretasan IG bisa terjadi pada siapa saja. Bukan hanya bagi pengguna yang memiliki banyak follower tapi juga pengguna biasa yang tidak memiliki banyak follower.

Mengingat peretasan bisa terjadi pada siapa saja, pengguna harus lebih berhati-hati dalam menggunakan Instagram dan menjaga keamanan atau privasi.

Jika peretasan sudah terjadi pada akun Anda, masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun:

Pusat Layanan Instagram

mengembalikan instagram dihack

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengembalikan akun adalah mengunjungi pusat layanan Instagram. Anda bisa mengetikan di address bar Google dengan kata kunci “pusat layanan instagram”. Selanjutnya pilih help.instagram.com. Situs ini merupakan website khusus yang disiapkan Instagram untuk membantu pengguna yang bermasalah dengan akunnya.

Pusat Privasi dan Keselamatan

mengembalikan instagram yang dibajak

Setelah memasuki website pusat layanan, akan muncul beberapa pilihan. Untuk pengguna yang memiliki masalah peretasan/pembajakan akun maka pilih “Pusat Privasi dan Keselamatan”. 

Melaporkan Sesuatu

mengembalikan instagram yang diretas

Selanjutnya adalah pilih “Melaporkan Sesuatu”. Dengan memilih menu ini berarti ada sesuatu yang akan dilaporkan berkaitan dengan masalah yang terjadi pada akun Anda. Setelah memilih menu ini, pihak Instagram akan segera menindaklanjuti laporan Anda.

Cek Juga: Cara Hapus Akun IG Permanen atau Sementara

Akun yang dibajak

cara mengembalikan instagram yang dibajak

Dengan memilih “Melaporkan Sesuatu” pada langkah sebelumnya maka akan muncul beberapa permasalahan umum seperti Akun yang Dibajak, Akun Penyamaran, Akun Di Bawah Umur, Akun Kebencian, Hak Kekayaan Intelektual, Pengungkapan Informasi Pribadi, Melukai Diri, Penyalahgunaan dan Spam, Eksploitasi, dan Jenis Laporan Lain.

Karena akan mengembalikan akun yang dibajak, jadi pilih menu Akun yang Dibajak. Setelah memilih opsi tersebut selanjutnya Instagram akan memandu dan membantu mengembalikan akun Instagram yang dibajak.

Sepertinya Akun Instagram Saya Diretas

cara mengembalikan akun instagram dihack

Selanjutnya Instagram akan memberikan dua pilihan yaitu “Akun Instagram saya memposting konten tanpa izin” dan “Sepertinya akun Instagram saya diretas”. Karena kita akan mengembalikan akun yang diretas, jadi pilih “Sepertinya akun Instagram saya diretas”.

Ubah Kata Sandi atau Autentikasi Dua Faktor

cara mengembalikan akun instagram yang dihack

Selanjutnya akan ada 3 pilihan untuk mengembalikan akun yang dibajak yaitu “ubah kata sandi/minta email reset kata sandi”, “batalkan akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan”, “Aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan”.

Kita bisa memilih ubah kata sandi melalui email. Dimana nanti Instagram akan memandu penggantian kata sandi melalui email yang kita daftarkan waktu membuat akun Instagram pertama kali.

Atau bisa memilih autentikasi dua faktor untuk fitur keamanan tambahan. Dimana akan ada SMS ketika ada pergantian kata sandi akun Instagram kita.

 

0 Shares:
You May Also Like