Samsung Galaxy J2 Prime

Sebagai penguasa ponsel global, Samsung memiliki banyak varian produk untuk semua kelas. Dari kelas entry level hingga flagship. Samsung Galaxy J2 Prime adalah salah satu ponsel entry level besutan Samsung yang dirilis pada November 2016.

Saat ini, J2 Prime dibanderol dengan harga Rp925.000. J2 Prime diotaki chipset Mediatek MT6737T. Yang dipadukan dengan RAM 1,5 GB dan ROM 8 GB.

Smartphone yang diluncurkan bersama J5 Prime dan J7 Prime ini, memiliki kamera belakang 8 MP serta kamera depan 5 MP. Sedangkan untuk menggerakan operasional ditopang oleh baterai dengan kapasitas 2600 mAh.

Harga Samsung Galaxy J2 Prime

Last Updates:
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J2 PrimeRp925.000Rp850.000
RilisNovember 2016
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Sebagai smartphone kelas entry level, fitur atau teknologi yang ditanamkan di Samsung Galaxy J2 Prime bisa dibilang pas-pasan. Pada saat pertama peluncurannya, J2 Prime dibanderol dengan harga 1,7 jutaan. Sekarang harganya sudah turun separuhnya menjadi Rp925.000. Sedangkan untuk yang second ada di kisaran harga Rp850.000.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 6.0 (Marshmallow)
RAM1,5 GB
ROM8 GB
ChipsetMediatek MT6737T (28 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720MP2
Bodi
Dimensi144.8 x 72.1 x 8.9 mm
Berat160 gr
Layar5.0 inch PLS TFT
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang8 MP, f/2.2, AF
Video[email protected]
FiturLED flash
Konektivitas
SIMMicro-SIM
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
Jack Audio 3.5mmYes
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Silver
RadioFM radio, RDS, recording
SensorAccelerometer, proximity
BateraiLi-Ion 2600 mAh

Kamera 8 MP dan 5 MP

kamera samsung galaxy j2 prime

Sektor kamera memang tidak terlalu diunggulkan pada Samsung Galaxy J2 Prime. Kamera belakang dengan resolusi 8 MP dan bukaan f/2.2 bisa dibilang cukup. Tidak terlalu bagus. Dan tidak terlalu jelek. Cukup untuk mengabadikan kegiatan-kegiatan Anda.

Yang menarik perhatian pada Samsung Galaxy J2 Prime justru pada kamera depannya. Hasil selfie dengan kamera depan ini terbilang bagus dan tidak begitu mengecewakan. Meskipun cuma beresolusi 5 MP. Lampu LED flash sudah dibenamkan untuk mendukung foto selfie. Terutama pada kondisi kurang cahaya.

Mediatek MT6737T

chipset samsung galaxy j2 prime mediatek mt6737t

Secara performa, J2 Prime sudah cukup baik untuk menjalankan beberapa aplikasi ringan seperti media sosial atau chatting. Operasional multitasking juga sudah cukup baik. Namun jika terlalu banyak aplikasi yang dipakai bersamaan keteteran juga. Performa yang cukup baik ini diotaki oleh chipset Mediatek MT6737T yang dipadukan dengan RAM 1,5 GB. Dengan RAM 1,5 tentu tidak bisa diandalkan untuk bisa mengoperasikan aplikasi-aplikasi berat seperti game. Memori penyimpanan pada J2 Prime juga belum terlalu besar, yaitu hanya 8 GB. Kabar baiknya untuk memori penyimpanan bisa diperluas dengan micro SD hingga 256 GB.

Layar PLS TFT 5 Inchi

layar samsung galaxy j2 prime

Bodi Samsung J2 Prime terbilang mungil dengan balutan plastik. Lebar layar hanya 5 inchi. Tidak cukup memuaskan untuk digunakan menonton video atau bermain game. Tapi beberapa orang yang suka menggunakan smartphone dengan satu tangan, J2 Prime sangat pas di tangan.

J2 Prime masih menggunakan layar PLS TFT. Belum menggunakan layar IPS, apalagi super AMOLED seperti pada smartphone Samsung lain yang berada di kelas menengah hingga flagship. Resolusi layarnya juga masih terbilang kecil. Hanya 540 x 960 pixel.

Baterai 2600 mah

baterai samsung galaxy j2 prime

Sebagai penyokong daya, J2 Prime ditenagai baterai dengan daya 2600 mAh. Meskipun dayanya tidak begitu besar, namun untuk pemakaian normal bisa bertahan seharian. Hal ini dipengaruhi antara lain oleh chipset yang lebih efisien, layar dengan resolusi yang kecil, dan juga bentangan layar tidak begitu lebar.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

  • Kamera yang cukup bagus untuk ukuran kelasnya
  • Berjalan pada sistem operasi terbaru pada saat diluncurkan (Marshmallow)
  • Enak digenggam dalam satu tangan
  • Sudah mendukung jaringan 4G

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime masih memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Layar masih PLS TFT
  • Resolusi layar masih kecil
  • RAM kecil
  • Tidak ada LED notifikasi

Kesimpulan

Samsung Galaxy J2 Prime untuk Anda yang menggunakan smartphone untuk aktivitas standar dan tidak banyak aplikasi. Sangat tidak cocok untuk bermain game karena spek yang ditanamkan sangat pas-pasan. Dengan harga yang sama, saat ini Anda bisa memiliki Redmi 7A atau Redmi Go yang memiliki spesifikasi lebih mumpuni.

0 Shares:
You May Also Like