Samsung Galaxy J7 Duo

Galaxy J7 Duo diluncurkan pada Mei 2018, sebagai versi menengah ke bawah untuk Galaxy J7 Plus. Dibanderol dengan harga Rp3.700.000, smartphone ini memiliki spesifikasi kapasitas RAM 3 GB dan storage 32 GB. Kapasitas penyimpanan internal ini masih bisa diperbesar hingga 256 GB menggunakan micro SD.

Disebut-sebut sebagai versi murah dari Galaxy J7 Plus, Samsung Galaxy J7 Duo diciptakan untuk bersaing dengan ponsel kelas mid-low milik kompetitornya, Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus. Ketiganya mengusung konsep smartphone murah dengan kualitas kamera mumpuni.

Harga Samsung Galaxy J7 Duo

Last Updates: 07 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy J7 DuoRp1.550.000-
Rilis2018, April
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Dirilis pertama kali pada bulan Mei 2018, harga Samsung Galaxy J7 Duo turun sekitar 2 jutaan per bulan Agustus 2019 ini. Saat ini, harga baru Galaxy J7 Duo masih ada di kisaran 1,5 jutaan. Penurunan harga tersebut relatif cepat untuk produk sekelas Samsung.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie)
RAM4 GB
ROM32 GB
ChipsetExynos 7885 (14 nm)
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G71
Bodi
Dimensi153.5 x 77.2 x 8.2 mm (6.04 x 3.04 x 0.32 in)
Berat174 g (6.14 oz)
Layar5.5 inches, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/1.9
BelakangDual
13 MP, f/1.9, AF
5 MP, f/1.9, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMSingle SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBYa
Lainnya
WarnaBlack, Gold, Rose Gold, White
RadioFM radio
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity
BateraiRemovable Li-Ion 3000 mAh battery

Memadukan Desain Alumunium dan Kaca

Samsung Galaxy J7 Duo Desain

Dari segi desain, Samsung Galaxy J7 Duo tidak terlalu berbeda dengan J7 series pendahulunya. Smartphone ini memiliki bodi yang terbuat dari perpaduan material alumunium dan kaca pada sisi bagian depan.

Pertama kali diluncurkan, Samsung Galaxy J7 Duo hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu biru, hitam, dan emas. Dari segi dimensi, Galaxy J7 berukuran 153.5 x 77.2 x 8.2 mm dengan bobot 174 gram.

Layar Super AMOLED 5.5 inci

Samsung Galaxy J7 Duo Layar

Samsung Galaxy J7 Duo hadir dengan layar 5.5 inci yang telah didukung oleh panel super AMOLED. Meskipun resolusi layarnya masih 720p, gambar yang dihasilkan oleh layar Galaxy J7 Duo cukup tajam dan jernih sehingga masih layak untuk Anda miliki saat ini.

Sebagai pelindung layar, Samsung Galaxy J7 Duo juga telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass. Oleh karena itu, smartphone ini juga cocok untuk Anda yang sering melakukan kegiatan luar ruangan.

Face Recognition dan Fingerprint Sensor

face unlock redmi note 6 pro

Seperti Samsung Galaxy J seri sebelumnya, Samsung Galaxy J7 Duo juga telah dilengkapi sensor fingerprint. Sensor pengaman ini diletakkan pada tombol home depan.

Selain fingerprint, Galaxy J7 Duo juga dilengkapi sistem face recognition. Fitur ini memungkinkan Anda membuka kunci layar menggunakan kamera depan yang sebelumnya perlu diatur untuk merekam wajah Anda.

Ciptakan Efek Bokeh dengan Dual Kamera

Samsung Galaxy J7 Duo Kamera

Sebagaimana telah disebutkan di atas, salah satu spesifikasi unggulan Samsung Galaxy J7 Duo ada pada kameranya. Dilengkapi kamera belakang beresolusi 13 MP dan 5 MP. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan efek bokeh.

Selain itu, Galaxy J7 Duo juga dilengkapi kamera depan 8 MP dengan arpeture f/1.9 yang pastinya cocok untuk para pencinta selfie. Anda tidak perlu lagi khawatir ketika mengambil gambar dalam ruangan gelap karena kamera ini sudah dilengkapi dengan LED flash.

Performa Mumpuni dengan Exynos 7870 octa-core 1.6GHz

Exynos 7884 Samsung A10

Dapur pacu Galaxy J7 Duo tidak terlalu berbeda dengan ponsel menengah lainnya. Prosesor Samsung Galaxy J7 Duo didukung Exynos 7870 octa-core berkecepatan 1.6 GHz. Selain itu, smartphone ini juga ditunjang dengan GPU Mali-T830 MP1 yang mengolah grafisnya.

Untuk menunjang kerjanya, Galaxy J7 Duo disokong RAM 3 GB, serta memori internal 32 GB. Memori penyimpanan ini masih bisa diperbesar hingga 256 GB dengan menambahkan micro SD.

Fitur Penunjang Lainnya

Samsung Galaxy J7 Duo dual massanger

Bagi Anda yang ingin memisahkan urusan bisnis dan pribadi, Samsung Galaxy J7 Duo juga memiliki fitur dual messenger. Fitur ini memungkinkan Anda memiliki dua aplikasi chat dan menjalankannya di saat bersamaan.

Fitur lain yang dibawa oleh smartphone ini adalah Bixby Home, Bixby Reminer, dan Bixby Vision. Ketiganya berfungsi untuk memudahkan Anda mengakses asisten virtual Samsung.

Kelebihan dan Kekurangan

Datang dengan berbagai kelebihan, Samsung Galaxy J7 Duo juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk Anda yang berencana membelinya dalam waktu dekat, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo

  • Akses internet cepat dengan jaringan 4G LTE.
  • Dual SIM card.
  • Layar Super AMOLED 5.5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel.
  • Dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass 4.
  • Didukung teknologi 2.5 D Curved (layar sedikit lengkung).
  • Sistem operasi Android 8.0 Oreo.
  • Prosesornya menggunakan Exynos 870 octa-core berkecepatan 1.6 GHz.
  • Didukung RAM 3 GB dan memori internal 32 GB (up to 256 GB).
  • Dilengkapi dual kamera beresolusi 13 MP + 5 MP, autofocus, dan LED flash.
  • Kamera depan 8 MP dilengkapi LED Flash untuk selfie dan live vlogging.
  • Kapasitas baterai 3000 mAh mampu bertahan sekitar 12 jam.

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

  • Belum mendukung USB tipe-C.
  • Tidak ada pembaruan desain.
  • Belum didukung fast charging.

Kesimpulan

Untuk Anda yang aktif menggunakan kamera ponsel, baik untuk fotografi, live vlogging maupun sekadar selfie, Samsung Galaxy J7 Duo bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Kamera belakangnya bahkan memungkinkan Anda menghasilkan gambar dengan efek bokeh.

Soal display, Samsung memang tidak pernah mengecewakan pelanggannya. Meskipun layarnya masih HD, adanya panel super AMOLED membuat kualitas gambar pada layar Samsung Galaxy J7 Duo tidak kalah jernih dan tajam jika dibandingkan smartphone di atasnya.

Bagi Anda yang sering melakukan multitasking, Samsung Galaxy J7 Duo juga bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda andalkan. Pasalnya, smartphone ini memiliki fitur multiwindow yang memungkinkan Anda membuka dua aplikasi bersamaan sehingga Anda dapat melakukan dua aktivitas sekaligus. Ada juga smartphone Samsung Galaxy J7 Plus yang keren.

0 Shares:
You May Also Like