Vivo Y65

Tak jauh berbeda dari jajaran HP Y Series sebelumnya, Vivo Y65 yang dibanderol seharga Rp2.599.000 juga diperuntukkan untuk kalangan entry level. Yang menarik, smartphone ini telah dibekali kamera dengan efek bokeh layaknya kamera DSLR. Fitur potrait yang hampir serupa dengan milik Xiaomi Mi A1 dan iPhone 7 Plus.

Sedangkan untuk dapur pacu, smartphone besutan vendor asal Tiongkok ini didukung oleh SoC Snapdragon 425 quad-core dan RAM berkapasitas 3GB. Sedikit lebih rendah dibanding seri sebelumnya Vivo Y69 yang sudah menggunakan octa-core.

Harga Vivo Y65

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
vivo Y65 Rp1.600.000Rp1.100.000
Rilis2017, Oktober
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Setelah 2 tahun pasca rilis, harga Vivo Y65 belum mengalami penurunan yang signifikan. Kecuali untuk harga bekas, rentang harga bisa berbeda-beda tergantung kelayakan barang. Harga di atas mengacu pada harga di beberapa marketplace tepercaya.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 7.1 (Nougat); Funtouch 3.2
RAM3 GB
ROM16 GB
ChipsetQualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
Bodi
Dimensi153.6 x 75.8 x 7.5 mm (6.05 x 2.98 x 0.30 in)
Berat157 g (5.54 oz)
Layar5.5 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/2.2, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaGold, Matte Black, Rose Gold
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery

Desain Ramping dan Simpel

desain vivo y65

Seperti kebanyakan ponsel di tahun 2017, Vivo Y65 juga mengusung desain unibodi yang ramping dan sedikit melengkung di setiap sudutnya. Menggunakan bahan material polikarbonat, HP ini relatif ringan dan enak saat digenggam. Apalagi, dengan ketebalan yang hanya 7.5mm dan berat 157 gram.

Keberadaan frame berbahan dasar metal juga membuat smartphone ini tampak elegan dalam kesederhanaan. Layar yang berukuran 5.5 inci dan dengan resolusi 720X1280 pixel juga terbilang sangat pas. Meski memang, dari segi perlindungan layar belum dilapisi Corning Gorilla Glass dan hanya diproteksi oleh Scratch Resistant Glass.

Ponsel ini menyediakan dua slot untuk kartu SIM, microSD, dan port audio berukuran 3.5mm. Tak hanya itu, Vivo Y65 juga dilengkapi portmicro-usb, microphone, dan speakergrill yang ketiganya ditempatkan di sisi bawah ponsel. Untuk warna, seri ini tersedia dalam dua pilihan, yakni Gold dan Rose.

Kombinasi Snapdragon quad-core, RAM 3 GB, dan Android v7.1 Nougat + UI Fountouch 3.0

prosesor vivo y65 snapdragon

Demi mendukung kinerja ponsel agar responsif, Vivo Y65 telah dibekali dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat yang dipadukan dengan UI Fountouch 3.0. Tak ayal, pengguna bisa menikmati berbagai fitur baru, seperti; Split Screen, Smart gesture, dan mode malam.

Sedangkan untuk dapur pacu, ponsel ini ditenagai oleh procesor Qualcomm Snapdragon quad-core dengan kecepatan sebesar 1.4 GHz. Kinerja tersebut juga akan disokong dengan keberadaan RAM sebesar 3GB dan media penyimpanan internal berkapasitas 16 GB. Jika masih kurang, pengguna pun bisa menambahnya hingga 256 GB.

Kamera 13 MP + Autofokus Aperture F/2.2

kamera vivo y65

Meski dibanderol dengan harga dalam rentang 2 jutaan, ponsel ini menawarkan kamera yang cukup mumpuni. Yakni, kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan kamera depan 5MP.

Keunggulan kamera belakang terletak pada penyematan autofokus dengan aperture F/2.2 yang menjadikan hasil gambar lebih tajam dan jernih. Tak hanya itu, dukungan fitur LED flash, panorama, dan HDR, juga kian menambah apik hasil foto.

Sedangkan untuk kamera depan, terdapat fitur selfi grup dan smart screen flash guna mendukung kebutuhan swafoto para penggunanya. Smart screen flash ini akan menyala secara otomatis ketika Anda hendak berfoto di tengah kegelapan.

Baterai Berkekuatan 3000mAH

baterai vivo y65

Guna menunjang aktivitas dan kebutuhan pengguna, ponsel pintar low-budget ini telah dilengkapi dengan baterainon-removable berkapasitas 3000mAh. Daya yang terbilang cukup besar untuk digunakan seharian dalam kondisi pemakaian normal.

Unik! Smart Split 3.0

smart split

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Vivo Y65 adalah Smart Split 3.0. Fitur yang akan membantu pengguna untuk bisa menjalankan dua aplikasi berbeda dalam satu waktu sekaligus. Jadi, secara otomatis layar akan terbagi menjadi dua, tanpa harus menutup salah satu aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah mengetahui spesifikasi dan fitur-fitur utama, berikut kelebihan dan kekurangan Vivo Y65 yang penting untuk diketahui.

Kelebihan Vivo Y65

  • Menggunakan tampilan layar 5.5 inci dengan IPS LCD sehingga sangat nyaman untuk bermain game atau menonton film.
  • Terdapat fitur ‘mode perlindungan mata’ untuk memfilter cahaya agar mata tidak tegang ketika terpapar cahaya berlebih atau bahkan dalam kondisi gelap.
  • Dengan RAM sebesar 3GB, pengguna tidak perlu khawatir akan terjadi lag saat bermain game HD.
  • Memiliki storage atau media penyimpanan yang besar untuk menampung berkas-berkas penting
  • Kamera belakang dapat menghasilkan efek bokeh ala kamera DSLR dengan adanya autofokus aperture F/2.2, LED flash, panorama, dan HDR.
  • Kamera depan juga bisa menghasilkan foto atau video berkualitas HD berkat adanya smart screen flash dan fitur selfi grup.
  • Kedua slot SIM card telah didukung jaringan 4G LTE dengan koneksi internet hingga kecepatan 150 Mbps.

Kekurangan Vivo Y65

  • Teknologi layar masih menggunakan tipe TFT dan belum dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass sebagai pelindung layar.
  • Kamera belum didukung oleh teknologi OIS (optical image stabilization), yang berfungsi untuk menstabilkan getaran dari tangan pengguna demi hasil foto yang lebih berkualitas.
  • Tidak dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat (fast charging) sehingga baterai membutuhkan waktu pengisian daya lebih lama.
  • Belum dilengkapi dengan teknologi fingerprint sensor atau pemindai sidik jari. Padahal, untuk ponsel lain dalam rentang harga yang sama sudah dilengkapi dengan fitur ini demi keamanan aksesibilitas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Vivo Y65 memiliki keunggulan pada bagian hardware seperti RAM, CPU, baterai,danstorage yang cukup memadai. Terdapat pula beberapa fitur unggulanyang tidak dimiliki ponsel lain, seperti smart screen flash dan smart split 3.0.

Meski memang, ada beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh ponsel ini tapi sudah menjadi fitur andalan ponsel di rentang harga yang sama.

 

 

0 Shares:
You May Also Like

Vivo Xplay 5 Elite

Vivo Xplay 5 Elite: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE dan memiliki layar Super AMOLED

Vivo Y51 A

Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Vivo X7 Plus

Vivo X7 Plus: Dibekali panel layar Super AMOLED dan kamera beresolusi tinggi
Vivo Y95

Vivo Y95

Vivo Y95: Ponsel Kuat dengan Performa Hebat
Vivo Y17

Vivo Y17

Vivo Y17: Kejutan Seru dari Sebuah Smartphone All in One
Vivo V9 6 GB

Vivo V9 6 GB

Vivo V9 6 GB: Upgrade Terbaru dengan Spec Super Tajam