Vivo Y69

Dengan tetap mengunggulkan kamera selfie yang mumpuni, Vivo Y69 hadir menyasar lini market kelas menengah. Menawarkan spesifikasi setingkat di bawah Vivo V5s, ponsel ini terbilang sangat ekonomis dengan harga yang hanya berkisar Rp.2.9 juta.

Ponsel ini hadir menawarkan kamera depan beresolusi 16 mega piksel plus f/2.0 serta dilengkapi dengan Softlight Flash.Tak jauh berbeda dengan pesaing utamanya, yakni Oppo A57 yang telah lebih dulu hadir dengan spek serupa. Ponsel ini juga merupakan penyempurnaan dari Y series sebelumnya, yakni Vivo Y65.

Harga Vivo Y69

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
vivo Y69Rp2.499.000Rp1.250.000
Rilis2017, Agustus
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Meski 2 tahun sudah berlalu sejak pertama kali rilis, harga Vivo Y69 belum mengalami penurunan yang signifikan. Kecuali untuk harga bekas, yang selisihnya bisa mencapai 1 juta lebih. Meski demikian, rentang harga bisa berbeda tergantung kelayakan barang dan harga di masing-masing marketplace.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 7.0 (Nougat); Funtouch 3.2
RAM3 GB
ROM32 GB
ChipsetMediatek MT6750 (28 nm)
CPUOcta-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53)
GPUMali-T860MP2
Bodi
Dimensi154.6 x 75.5 x 7.7 mm (6.09 x 2.97 x 0.30 in)
Berat162.8 g (5.75 oz)
Layar5.5 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan13 MP, f/2.2, AF
Belakang16 MP, f/2.0
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
Konektivitas
SIMDual SIM
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaGold, Matte Black
RadioFM radio
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery

Desain  Slim nan Elegan

desain vivo y69

Tak jauh berbeda dengan seri sebelumnya,bodi dan rangka Vivo Y69 didesain dengan menggunakan material aluminium. Hanya saja, tampilannya cenderung lebih premium berkat adanya 2.5D kaca depan yang dipadukan dengan penutup desain berbahan metal yang elegan.

Dengan bodi yang hanya berukuran 7.7 mm dan dengan berat 162 gram, ponsel ini akan terasa nyaman dan pas di tangan. Untuk warna, tersedia dua pilihan pada seri ini, yaitu Black dan Blackmatte Gold.

Layarnya sendiri hadir dengan tipe TFT berukuran 5.5 inci IPS LCD dan telah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3. Resolusi layar sebesar 1280 x 720 pixel juga akan membuat tampilan tampak lebih jelas dan tajam.

Kombinasi Hardware yang Gahar di Kelasnya

chipset vivo y69

 

Demi performa terbaik, ponsel besutan perusahaan asal Tiongkok ini ditenagai oleh prosesor MediaTekMT6750 Octa-core 1.5 GHz. Didukung pula dengan adanya RAM berkapasitas 3GB dan media penyimpanan sebesar 32GB yang bisa diperluas hingga 256  GB.

Tak berhenti di situ, performa ponsel juga akan semakin lancar berkat sokongan baterai lithium non removable berkapasitas 3.000mAh. Dengan kapasitas daya sebesar ini, pengguna tak perlu khawatir karena baterai bisa bertahan seharian penuh dalam kondisi normal.

Funtouch OS 3.2 (Android Nougat7.0)

os vivo y69

 

Sebagai bentuk penyempurnaan dari seri sebelumnya, melalui Y69 Vivo mencoba menghadirkan sistem operasi Funtouch OS versi 3.2 (Android Nougat 7.0). Sistem operasi Android terbaru yang diklaim memiliki kinerja lebih baik.

Pada sistem Android ini, terdapat beberapa  kelebihan, di antaranya; tersedianya Google Assistant, penambahan emoji, adanya clear all tab, notifikasi yang lebih efisien, serta manajemen daya yang lebih bagus.

Kamera Terbaik untuk Para Pecinta Selfie

kamera vivo y69

Vivo Y69 hadir dengan mengandalkan kemampuan fotografi beresolusi 13MP untuk kamera belakang dan 16 MP untuk kamera depan. Kemampuan sekelas kamera DSLR ini juga disokong dengan adanya berbagai fitur, seperti autofokus ƒ/2.2 aperture dan single LED flash.

 

Sedangkan pada kamera depan, efek bokeh bisa dihasilkan dengan dukungan beberapa fitur, di antaranya; LED flash, fokus potret crystalclear, Selfie group, Selfie Softlight, dan mode mempercantik lainnya. Dijamin, hasil foto akan lebih artistik dan menakjubkan.

Smart Split 3.0, Cocok untuk Multitasking!

smart split vivo y69

Fitur andalan smart split 3.0 yang disematkan pada Vivo Y69 terbilang versi baru. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk menjalankan dua aktivitas dalam satu waktu sekaligus. Misal, menonton Play Movies & TV sembari berbalas pesan di WhatsApp atau media sosial lainnya.

Caranya pun sangat mudah. Cukup geser ke bawah dengan menggunakan tiga jari, dan menu smart split sudah bisa digunakan. Hanya dengan sekali klik, layar akan terbagi menjadi dua bagian, antara hiburan dan komunikasi.

Ada beberapa aplikasi yang telah didukung oleh fitur ini, sebut saja seperti; WhatsApp, Line, Facebook, YouTube, Play Movies & TV, MX Player dan VLC. Di samping, aplikasi bawaan seperti pesan dan video.

V-Appstore, Fitur Penunjang Efektivitas

v-appstore vivo y69

Selain smart split, yang berbeda dari Vivo Y69 adalah adanya fitur V-Appstore. Sebuah fitur yang akan memudahkan pengguna untuk mengelola aplikasi dan membersihkan tembolok (cache).Dengan fitur ini, pengguna akan lebih mudah untuk mendiagnosa kondisi aplikasi dan ponsel secara keseluruhan.

Terdapat pula fitur App Clone yang bisa membuat pengguna menggunakan dua akun dalam satu media sosial yang sama. Fitur ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memisahkan kehidupan pribadi dengan profesionalisme.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah mengetahui detail spesifikasi produk, berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan Vivo Y69.

Kelebihan Vivo Y69

  • Ukuran layar sebesar 5.5 inci sangat cocok untuk aktivitas bermain game dan menonton film. Layar juga telah diproteksi Corning Gorilla Glass v3, sehingga aman dari goresan atau hantaman.
  • Didukung oleh prosesor dan sistem operasi yang mumpuni, sehingga kinerja ponsel relatif stabil meski digunakan untuk multitasking sekalipun.
  • Memiliki kamera dengan sensor pixels yang besar, sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Kamera juga telah didukung dengan kemampuan perekam video full HD.
  • Dilengkapi dengan fingerprint sensor yang cepat guna memaksimalkan keamanan.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, yakni 32 GB dan bisa diperluas hingga 256GB.

Kekurangan Vivo Y69

  • Tipe layar masih menggunakan THT dan belum didukung oleh Super Amoled yang lebih berkualitas.
  • Belum dilengkapi dengan fitur fast charging (pengisian daya cepat), sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya baterai.
  • Belum adanya sensor Gyroscope, sehingga pengguna kurang maksimal untuk bermain game

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dan harga yang terjangkau, kehadiran Vivo Y69 bisa dipastikan akan membuat persaingan di pasar kelas menengah semakin ketat dan kompetitif. Apalagi, ponsel ini terbilang sangat menggiurkan bagi para pecinta swafoto dan fitur-fitur multitasking.

 

0 Shares:
You May Also Like
Vivo Y53

Vivo Y53

Vivo Y53: Smartphone Budget dengan Fitur Gahar
Vivo V7

Vivo V7

Vivo V7: , Layar Memesona & Kamera Sempurna!

Vivo X7

Vivo X7: Menggunakan panel layar Super AMOLED dan dibekali kamera beresolusi tinggi
Vivo Y95

Vivo Y95

Vivo Y95: Ponsel Kuat dengan Performa Hebat
Vivo V15

Vivo V15

Vivo V15: HP dengan Kamera Pop-Up Selfie 32 MP & Tiga Kamera Andalan

Vivo Xplay 6

Vivo Xplay 6: Dibekali baterai dan memori penyimpanan besar