Vivo Y55s

Sebagai penyempurna dari seri sebelumnya yakni Vivo Y55, ponsel ini hadir dengan fitur kamera yang meningkat menjadi 13 MP. Didukung dengan fitur autofokus dan LED flash, kamera ini diyakini bisa menghasilkan foto yang apik meski dalam kondisi minus cahaya sekalipun.

Dirilis resmi per Februari 2017 dengan harga sekitar 2.4 juta rupiah, HP ini didukung oleh prosessor snapdragon 425 Quad Core dan OS Android V6.0 Marshmallow. Hampir serupa dengan spesifikasi yang dibawa oleh Redmi 5A, meski di rentang harga setingkat di bawahnya.

Harga Vivo Y55s

Last Updates: 15 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Vivo Y55s 2 GBRp1.750.000Rp1.000.000
Rilis2017, Februari
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Hadir pertama kali dengan kisaran harga 2.1 – 2.4 juta, kini pasaran harga Vivo Y55s terbilang cukup beragam. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah berbagai promo yang ditawarkan oleh masing-masing marketplace. Begitu pun dengan harga bekas, yang tergantung dari kondisi ponsel.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 6 (Marshmallow); Funtouch 3
RAM2/3 GB
ROM16 GB
ChipsetQualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 306
Bodi
Dimensi147.9 x 72.9 x 7.5 mm (5.82 x 2.87 x 0.30 in)
Berat142 g (5.01 oz)
Layar5.2 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang13 MP, f/2.2, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaCrown Gold, Rose Gold, Space Gray
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 2730 mAh battery

Desain Minimalis dan Elegan

vivo y55s

Masih mempertahankan desain Vivo Y55, bodi utama HP tetap berbasis aluminium yang dilapisi bahan metal. Desainnya semakin menawan sekaligus elegan dengan adanya 2.5 D Curved Glass pada kedua sisinya.

Hadir dengan dimensi 147.9 x 72.9 x 7.5 mm dan berat 147 gram, membuat ponsel ini sangat nyaman dalam genggaman. Layarnya sendiri berukuran 5.2 inci IPS LCD dengan resolusi layar HD 720 x 1280 pixel. Ini menjadikan tampilan layar sangat jelas dan jernih.

Tak hanya itu, Vivo Y55s juga hadir dengan tampilan warna yang menarik. Terdapat 3 pilihan warna pada seri ini, yaitu Rose Gold, Crown Gold, dan Space Gray.

Dapur Pacu dengan RAM Jumbo

chipset vivo y55s snapdragon 425

Demi menyokong kinerja optimal dan stabil, smartphone ini ditenagai oleh Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang berpadu dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortez A-53. Jika dibandingkan dengan seri Y55 sebelumnya, prosesor ini memang mengalami penurunan dari Octa-core menjadi Quad-core.

Namun, pengguna tak perlu khawatir, karena ponsel ini juga didukung oleh komponen lain demi performa yang andal. Salah satunya adalah kolaborasi dengan GPU Adreno 306 sebagai pengolah grafis, sehingga pengguna bisa bermain berbagai game dengan tingkat grafis yang tinggi.

Keberadaan RAM berkapasitas 2/3 GB juga akan menyokong performa HP semakin baik dan lancar, saat digunakan untuk berbagai aplikasi. Media penyimpanan yang disediakan pun cukup besar, yakni 16 GB yang bisa diperluas hingga 256GB dengan adanya slot microSD.

Fountouch OS 3.0 berbasis Android V6.0 Marshmallow

sistem operasi vivo y55s android marshmallow

Untuk sistem operasi, ponsel ini telah didukung oleh Fountouch OS 3.0 berbasis Android V6.0 Marshmallow. Platform khas Vivo yang diyakini mampu melengkapi kinerja dapur pacu, baik untuk urusan performa komputasi maupun multitasking.

Sedangkan untuk dukungan dari sektor daya, terdapat baterai berkapasitas 2730mAH yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam dalam kondisi normal. Meski memang, ponsel ini belum dilengkapi dengan fitur fast charging atau pengisian daya cepat.

Kamera 13 MP

kamera vivo y55s

Keunggulan Vivo Y55s memang terletak pada penyematan kamera berkualitas mumpuni. Dibanding seri sebelumnya, fitur kamera utama mengalami peningkatan hingga 13MP serta didukung dengan banyaknya fitur lain, seperti;  LED flash dan autofokus f/2.2.

Tak ayal, perpaduan antara dua fitur tersebut mampu menghasilkan gambar yang epik dan berkualitas meski di tengah kondisi minus cahaya. Sedangkan untuk kamera depan, para pencinta swafoto tak perlu khawatir karena ponsel ini menawarkan resolusi 5MP.

Adanya dukungan berbagai fitur, seperti smart screen flash dan beautify akan membuat foto selfie semakin cantik. Tak hanya itu, kamera depan ini juga mendukung perekam video berkualitas HDR.

Layar Bisa Dibagi 2 dengan Smart split 2.0

smart split 2.0 vivo y55s

Seperti yang diketahui sebelumnya, smartphone besutan perusahaan asal Tiongkok ini memang menjalankan sistem operasi yang khas yakni fountouch 3.0. Inilah yang kemudian menghasilkan fitur unggulan smart split, yang mampu membagi layar menjadi dua bagian.

Dengan smart split 2.0, pengguna bisa menjalankan dua aplikasi berbeda dalam satu waktu sekaligus. Misal, sedang menonton YouTube sembari membalas chat WhatsApp atau media sosial yang telah didukung lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah mengetahui penjelasan detail terkait spesifikasi dan fitur unggulan yang ada pada Vivo Y55s, berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan ponsel ini yang perlu diketahui.

Kelebihan Vivo Y55s

  • Layar menggunakan teknologi IPS LCD yang diyakini mampu menampilkan akurasi warna yang jelas dan jernih
  • Keberadaan RAM yang cukup besar mampu menyokong aktivitas komputasi dan multitasking dengan baik. Ditambah lagi dengan tersedianya media penyimpanan yang bisa mencapai 256 GB.
  • Kamera belakang dengan resolusi 13 MP sangat bisa diandalkan. Apalagi, dengan dukungan fitur autofokus f/2.2 dan LED flash.
  • Adanya fitur smart split 2.0 yang bisa menunjang efektivitas penggunaan smartphone.
  • Adanya fitur eye protection atau perlindungan mata, guna melindungi mata dari bahaya cahaya berlebih atau ketika berada di tengah kegelapan.
  • Kapasitas daya baterai 2730mAH cenderung lebih besar dari seri sebelumnya yang hanya berkisar 2650mAH.
  • Adanya paket penjualan lengkap. Setiap pembelian, pengguna bisa mendapatkan 1 set HP lengkap dengan Charger, kabel data, Handset, earset, buku manual, kartu garansi, SIM ejector, dan soft case.

Kekurangan Vivo Y55s

  • Layar belum diproteksi dengan Corning Gorilla Glass sehingga kurang tahan terhadap gesekan atau hantaman.
  • Belum dilengkapi dengan fast charging atau pengisian daya cepat, sehingga harus mengisi daya dalam waktu yang cukup lama.
  • Tidak dilengkapi dengan fingerprint, sehingga untuk keamanan dan privasi masih kurang maksimal.
  • Prosesor Quad-core yang digunakan masih kurang mendukung untuk berbagai game berat berkualitas HD.

Kesimpulan

Jika dilihat dari spesifikasi dan beberapa fitur yang mengalami peningkatan atau penurunan dari seri Y55 sebelumnya, Vivo Y55s ini memang diperuntukkan untuk keperluan para pencinta fotografi. Sedangkan untuk aktivitas lain, utamanya bermain gamegame berat, ponsel ini masih kurang mendukung.

 

 

 

 

 

0 Shares:
You May Also Like
Vivo V9 6 GB

Vivo V9 6 GB

Vivo V9 6 GB: Upgrade Terbaru dengan Spec Super Tajam

Vivo Xplay 5 Elite

Vivo Xplay 5 Elite: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE dan memiliki layar Super AMOLED
Vivo Y69

Vivo Y69

Vivo Y69: Memiliki kemampuan kamera selfie mumpuni

Vivo X7 Plus

Vivo X7 Plus: Dibekali panel layar Super AMOLED dan kamera beresolusi tinggi

Vivo V3

Vivo V3: Menggunakan kamera utama beresolusi tinggi

Vivo X9

Vivo X9: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE dan panel layar Super AMOLED