Samsung Galaxy A20

Setelah berhasil merilis Samsung Galaxy A30 dan A50, kini produsen asal Korea Selatan ini melengkapi ponsel seri A-nya dengan mengeluarkan Samsung A20. Walaupun rilis bersamaan, Samsung A20 memiliki kualitas yang lebih baik daripada Samsung A10.

Sebagai kakak dari Samsung A10, ponsel ini dibekali RAM sebesar 3 GB. Ponsel yang dibanderol dengan harga Rp2.088.000 tersebut memiliki ruang penyimpanan internal sebesar 32 GB. Jika kapasitas masih kurang, Anda bisa memasang Micro SD sebesar 512 GB.

Fitur lain yang menjadi keunggulan Samsung A20 terdapat pada teknologi AMOLED yang digunakan pada layar. Teknologi ini diklaim bisa menghemat konsumsi daya hingga 10 kali lebih rendah daripada teknologi IPS.

Harga Samsung Galaxy A20

Last Updates: 07 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A20Rp1.975.000Rp1.750.000
Rilis2019, Maret
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Kehadiran Samsung A20 dikatakan menambah stok ponsel pintar murah dengan spesifikasi menarik. Pasalnya, dengan spesifikasi layar yang sama dengan Samsung A30, ponsel ini dibanderol dengan harga jauh di bawah pendahulunya.

Teknologi pada layar tersebut semakin menguatkan kedudukan Samsung sebagai produsen gawai dengan kualitas terbaik.

Spesifikasi

Last Updates: 07 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A20Rp1.975.000Rp1.750.000
Rilis2019, Maret
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Canggih! Layar Berteknologi Super Amoled

Samsung Galaxy A20 Super Amoled

Jika kebanyakan ponsel pintar dengan harga 2 jutaan baru berbekal layar berteknologi IPS, Samsung A20 sudah menggunakan teknologi super Amoled. Teknologi ini diklaim memiliki kualitas lebih baik daripada IPS.

Selain mengonsumsi daya yang lebih rendah, Amoled memiliki kualitas kontras yang sangat tajam tanpa harus membuatnya terlalu cerah di bawah sinar matahari. Teknologi ini juga lebih baik dalam hal waktu respons, refresh rate, dan ketahanan terhadap goresan.

Layar Samsung A20 berukuran 6,4 inci dan memiliki resolusi HD+. Seperti kebanyakan ponsel baru, layar itu memiliki tampilan poni Infinity-V di bagian atasnya sebagai tempat kamera depan dan beberapa sensor lainnya.

Gahar! Dua Kamera Utama Bersanding dengan Kamera Depan 8 MP

Samsung Galaxy A20 Kamera

Jika Anda suka berfoto, keunggulan ini perlu Anda simak. Samsung A20 sudah dibekali dengan dua kamera utama. Satu kamera beresolusi 13 MP dengan bukaan lensa f/1,9 dan fitur autofokus. Sedangkan kamera sekundernya berlensa ultra wide dengan resolusi 5 MP.

Di samping kombinasi menakjubkan dari kamera utamanya, Samsung A20 juga memiliki kamera depan beresolusi 8 MP bukaan lensa f/2,0 dengan fitur “Selfie focus.” Fitur ini memungkinkan Anda mendapatkan hasil gambar yang berfokus pada fitur terbaik Anda dengan memburamkan latar.

Perlu diketahui bahwa sensor ultra wide pada kamera sekundernya mampu menangkap gambar hingga kemiringan 123 derajat. Melihat keunggulan kameranya, ponsel ini diproduksi untuk bersaing dengan Vivo Y93 dan Redmi 7.

Prosesor Exynos 7884 dengan RAM 3 GB

Prosesor Exynos 7884

Walaupun dibekali prosesor yang sama dengan Samsung A2 Core, prosesor ini terbilang cukup untuk bersaing di kelas level entry. Untuk menopang prosesor octa-core dari chipset Exynos 7887, Samsung A20 sudah dibekali dengan RAM sebesar 3 GB.

Prosesor delapan otak tersebut berkecepatan 2×1,6 Ghz dan 6×1,35 Ghz. Untuk sektor grafis, ponsel ini didukung oleh Mali-G71 MP2. Untuk menopang keunggulan itu, ponsel ini dibekali dengan memori internal sebesar 32 GB yang bisa dimaksimalkan hingga 512 GB dengan eksternal.

Baterai Berdaya Besar 4.000 mAh

Daya Baterai yang Tergolong Besar

Ponsel yang telah menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie) ini mengantongi daya besar hingga 4.000 mAh. Walaupun tidak sebesar pendahulunya yang berdaya 5.000 mAh, jumlah tersebut sudah cukup untuk membuat ponsel ini tahan lama.

Samsung A20 diklaim mampu bertahan hingga 82 jam untuk memutar musik, 26 jam untuk berbicara, 21 jam untuk menonton video, 13 jam untuk berinternet dengan jaringan Wi-Fi dan LTE, dan 12 jam untuk berinternet dengan jaringan 3G.

Selain itu, ponsel yang dilapisi antarmuka One UI ini sudah dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat 15w. Tentunya ini berita menggembirakan bagi pengguna ponsel aktif.

Desain Minimalis Tidak Capek di Mata

Samsung Galaxy A20 desain

Samsung mengklaim bahwa ponsel ini memiliki desain minimalis yang tidak membuat mata capek. Hal ini terlihat dari bingkainya yang terbuat dari bahan plastik kaca atau yang sering disebut “glasstic” dengan bagian depan berlapis kaca.

Dengan dimensi 158,4×74,7×7,8 mm, Samsung A20 memiliki bobot cukup berat, yakni 169 gram. Namun, keduanya tidak mengurangi kemudahannya untuk digenggam. Jika Anda tertarik, ponsel ini hadir dalam balutan warna hitam, biru gelap, merah, dan jingga.

Dua Sensor untuk Keamanan Ganda

Samsung Galaxy A20 sensor

Untuk keamanan maksimal, ponsel ini sudah meninggalkan model kata sandi, PIN, dan pola. Dengan dua sensor biometrik sekaligus, Samsung A20 sudah dibekali dengan fitur finger print dan pengenal wajah untuk membuka layar.

Tentunya hal ini bisa menjadi alasan lain kenapa ponsel ini lebih unggul daripada Samsung A10 yang tidak dibekali dengan fitur finger print.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung A20

  • Dilapisi layar berteknologi super AMOLED yang tahan goresan
  • Kamera utama dilengkapi sensor ultra wide dengan mode pendeteksi flaw
  • Prosesor yang mumpuni dengan sistem operasi terbaru
  • Kapasitas RAM dan memori internal dan eksternal yang besar
  • Baterai tahan lama dengan teknologi pengisian daya cepat
  • Sistem keamanan finger print dan face recognition
  • Dibekali antarmuka One UI
  • Desain yang menawan dan elegan
  • Harga bersaing

Kekurangan Samsung A20

  • Tidak dibekali dengan fitur NFC
  • Kamera depan tidak didukung dengan fitur LED flash sehingga kurang bagus ketika berswafoto di lingkungan kurang cahaya.

Kesimpulan

Untuk ponsel pintar produksi Samsung yang dibanderol seharga 2 jutaan, kekurangan tersebut tidak seberapa. Dengan kualitas kamera yang tinggi, ponsel ini sangat cocok bagi para pencinta fotografi.

Selain itu, baterai dan teknologi pengisian daya cepat yang dibekalkan pada Samsung A20 perlu dipertimbangkan oleh pengguna yang sangat bergantung pada ponsel.

0 Shares:
You May Also Like
Samsung Galaxy J2 Pro

Samsung Galaxy J2 Pro

Samsung Galaxy J2 Pro: Samsung Galaxy J2 Pro hadir dengan berbagai fitur seperti layar AMOLED dan Android Oreo. Namun, semuanya serba tanggung. Mengapa?