Samsung Galaxy A2 Core

Mengimbangi banjir ponsel pintar keluaran negeri tirai bambu, Samsung meluncurkan ponsel murahnya di Indonesia, yaitu Samsung Galaxy A2 Core. Resmi dirilis di Indonesia bulan Mei 2019, ponsel level entry ini dibanderol dengan harga Rp1.099.000.

Seperti Galaxy J2 Core, ponsel ini juga menjalankan operasi Android Go. Sebagai ponsel pertama dari seri A yang menjalan sistem operasi tersebut, Samsung A2 Core dibekali dengan RAM sebesar 1 GB dan ruang penyimpanan internal 8 GB.

Sebelumnya, Xiaomi merilis Redmi Go yang juga menjalankan sistem operasi yang sama dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, keberadaan antarmuka One UI terbilang cukup menarik bagi para penggemar Samsung.

Harga Samsung Galaxy A2 Core

Last Updates: 07 Oktober 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Samsung Galaxy A2Rp1.019.000Rp950,000
Rilis2019, Mei
Link terkaitDaftar Harga HP Samsung Terbaru

Samsung A2 Core dinyatakan sebagai ponsel keluaran Samsung termurah tahun 2019. Dengan spesifikasi yang diberikan, Samsung terlihat semakin kewalahan melawan ponsel-ponsel keluaran Cina yang mampu memberikan kualitas lebih baik dengan harga lebih terjangkau.

Secara harga dan kualitas, Samsung A2 Core tidak bisa bersaing seimbang di pasar gawai. Untuk tipe ini, Samsung hanya bisa berharap pada ketenaran mereknya yang sudah lebih dahulu merajai dunia gawai.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.0 Oreo (Go edition)
RAM1 GB
ROM8/16 GB
ChipsetExynos 7870 Octa (14 nm)
CPUOcta-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP1
Bodi
Dimensi141.6 x 71 x 9.1 mm (5.57 x 2.80 x 0.36 in)
Berat142 g (5.01 oz)
Layar5.0 inches, PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang5 MP, f/1.9, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR
Konektivitas
SIMSingle SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Blue, Red, Gold
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity
BateraiRemovable Li-Ion 2600 mAh battery

Tidak Tanggung-Tanggung! Prosesor Exynos 7870

Samsung Exynos 7870

Jika Anda sedang mencari ponsel murah dengan kinerja yang cepat, Samsung A2 Core adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, ponsel ini dibekali prosesor octa-core dari chipset Exynos 7870, berkecepatan 1,6 Ghz.

Untuk urusan grafis, didukung oleh GPU Mali-T830 MP1 yang bertandem dengan RAM 1 GB. Dengan dua kekuatan tersebut, kinerja ponsel terbilang cukup mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari maupun bermain gim kecil.

Ponsel ini juga dipasangi ruang penyimpanan internal sebesar 8 GB. Jika dirasa kurang, Anda bisa memasang Micro SD hingga 256 GB.

Desain yang Tidak Murahan

Samsung Galaxy A2 Core Desain

Walaupun dikatakan sebagai keluaran termurah, Samsung A2 Core tampil dengan desain yang tidak murahan. Hadir dengan balutan warna hitam, biru, dan merah, ponsel ini sangat menarik dan cocok untuk kalangan remaja.

Samsung A2 Core menggunakan desain unibody dengan bingkai berbahan plastik. Dengan dimensi 141,6 x 71,0 x 9,1 mm, ponsel ini berbobot 142 gram yang cukup ringan baik di genggaman maupun di kantong.

Layar 5 Inci Berteknologi IPS LCD

Samsung Galaxy A2 Core Layar

Seperti sebagian besar ponsel murah lainnya, Samsung A2 Core memiliki layar berukuran 5 inci saja dengan teknologi IPS LCD. Dengan adanya layar IPS, pengguna bisa melihat konten dengan jelas walaupun dengan kemiringan 178 derajat.

Dengan panjang 141,6 mm dan poni yang cukup tebal, ponsel ini memiliki rasio aspek standar, yaitu 16:9. Namun, sangat disayangkan jika resolusi layarnya hanya 540 x 960 piksel dengan kerapatan 220 ppi. Padahal, Redmi Go bisa memberikan lebih daripada itu.

Kamera Utama Cuma 5 MP

Samsung Galaxy A2 Core D

Samsung A2 Core hanya dibekali kamera utama beresolusi 5 MP dengan bukaan lensa f/1,9. Dengan harga tersebut, seharusnya ponsel ini bisa menargetkan kaum muda yang suka berfoto. Namun, kekurangan itu masih bisa diselamatkan dengan adanya LED flash dan fitur autofokus.

Walaupun demikian, ponsel ini sudah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi sama dengan bukaan lensa f/2,2, tanpa LED flash dan fitur auto fokus. Sekali lagi, produk ini diselamatkan dengan kualitas video full HD (1920×1080) @30fps yang diberikan.

Tanpa beberapa kelebihan tersebut, ponsel ini akan kesulitan bersaing di pasaran karena banyaknya permintaan kamera canggih dari masyarakat. Walaupun demikian, gambar yang dihasilkan terbilang cukup bagus.

Baterai Berdaya 2.600 mAh

Samsung Galaxy A2 Core Baterai

Baterai yang diusung ponsel simpel nan murah ini berdaya 2.600 mAh. Meskipun terbilang lebih kecil daripada daya yang disematkan pada ponsel murah keluaran Cina, daya sebesar itu sudah cukup untuk menyokong penggunaan sehari-hari yang tahan lama.

Selain itu, ponsel ini juga menggunakan aplikasi dengan konsumsi daya rendah keluaran Android Go. Untuk penggunaan internet jaringan 3G, ponsel ini diklaim mampu bertahan hingga 15 jam dan 18 jam untuk internet jaringan LTE dan Wi-Fi.

Baterai ini mampu bertahan hingga 18 jam jika digunakan untuk memutar video, 75 jam untuk mendengarkan musik, dan 16 jam untuk berbicara.

Sistem Keamanan Standar

Samsung A2 Core sensor

Sistem keamanan yang disematkan pada Samsung A2 Core masih standar, yaitu model pola, PIN, maupun kata sandi untuk membuka layar. Hal ini karena ponsel hanya dibekali dengan sensor accelerometer dan proximity.

Semua itu dilakukan demi menekan harga seminimal mungkin untuk spesifikasi yang lumayan. Walaupun demikian, sistem tersebut sudah cukup melindungi.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung A2 Core

  • Layar sudah menggunakan teknologi IPS dengan ukuran yang cukup besar
  • Prosesor menggunakan octa-core dengan kecepatan 1,6 Ghz
  • Menggunakan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) edisi Go
  • Didukung jaringan internet 4G
  • Video berkualitas full HD
  • Desain diluncurkan dengan warna menarik
  • Harga yang murah

Kekurangan Samsung A2 Core

  • Resolusi layar belum mencapai HD
  • Kapasitas baterai tergolong lebih kecil daripada saingannya
  • Kamera utama hanya 5 MP

Kesimpulan

Walaupun hanya bertenaga RAM sebesar 1 GB, keberadaan prosesor octa-core sangat membantu kinerja Samsung A2 Core. Termasuk dalam kategori level entry, ponsel ini sudah cukup untuk menyokong kinerja sehari-hari maupun untuk bermain gim kecil.

Ponsel ini cocok bagi para penggemar Samsung pemula dan orang-orang yang hanya ingin menggunakannya untuk berkomunikasi. Jika menginginkan spek yang lebih tinggi, Anda bisa membeli ponsel keluaran Cina dengan harga yang lebih terjangkau.

0 Shares:
You May Also Like