Lenovo Z5 Pro Diluncurkan Membawa Desain Kamera Seperti Xiaomi Mi Mix 3

Digital Ponsel – Apakah ini awal smartphone slider kamera mulai menunjukan taringnya lagi.

Sekali lagi pada tahun ini muncul smartphone dengan kamera depan yang disembunyikan di dalam bodinya dan akan tampak jika kita melakukan slide ke atas.

Smartphone tersebut dikeluarkan oleh vendor Lenovo yang diberi nama Z5 Pro, model kamera depan tersembunyi ini juga hadir didalam Xiaomi Mi Mix 3 dan juga Honor Magic 2.

lenovo-z5-pro

img : fossbytes.com

Biasanya kamera depan dan juga beberapa sensor ditempatkan pada notch seperti smartphone terbaru saat ini, tapi itu tidak dilakukan pada Lenovo Z5 Pro ini.

Hal itu kemungkinan besar untuk memperbesar dimensi layar sehingga akan menampilkan model lebih bazzelles.

Vendor asal China ini kemungkinan memang akan mengekpansi basis pasar yang lebih luas, dengan melakukan inovasi baru.

Dengan inovasi kamera yang disembunyikan memang membuat Lenovo Z5 Pro ini memiliki rasio layar ke bodi hingga 95 % memang sungguh mengesankan, hal ini membuat smartphone ini bisa masuk ke jajaran smartphone bazelles.

Table of Contents

Desain

Kami telah mengikuti fenomena ponsel slider sepanjang 2018 saat desain seperti ini sedang mengumpulkan momentumnya.

Dan apakah smartphone slider akan semakin berjaya di masa depan atau dapat menggeser keberadaan notch yang beberapa tahun belakangan muncul.

Kita lihat saja kedepannya seperti apa model seperti ini dapat mendobrak pasar.

Dari semua perangkat ponsel slider di luar sana, Lenovo memang telah mantap dengan Z5 Pro yang dikeluarkannya.

Ya mungkin bukan kejutan ketika perusahaan yang mengakusisi Motorola mulai mengekspansi pasar di negara berkembang seperti Indonesia yang sebelumya pihak Lenovo tidak mendistribusikan smartphone di luar China.

Memang menjadi kejutan besar bahwa Lenovo Z5 Pro mengungguli dalam segi desain daripada smartphone keluaran Lenovo terdahulu yang lebih terlihat sederhana.

Hal ini bisa dilihat dari bagian bazel yang lebih kecil dari pada pendahulunya.

Tetapi jika kita berbicara masalah bazel kita tidak menampik bahwa vendor Xiaomi masih menjadi salah satu yang terdepan, sehingga pihak Lenovo agaknya harus memikirkan cara untuk lebih unggul seperti memperbaiki dari segi desain atau kemampuan hardwarenya.

Baca juga :   Harga Asus Fonepad 7 FE171CG dan Spesifikasi

Jika kita lihat Lenovo Z5 Pro memang tidak terlalu canggih dari segi hardwarenya, namun itu wajar karena smartphone ini tidak masuk dalam jajaran smartphone flagship dan dengan harga yang ditawarkan kemungkinan masuk dalam jajaran mid range.

Garis penggabungan menang terbuat dari plastik dan itu membuatnya masih tertinggal dengan yang lain. Walaupun kita yakin pihak Lenovo dapat membuat smartphone ini lebih unggul lagi dari segi desain.

Jika dilihat smartphone ini terasa lebih tebal dan juga kapasitas baterai yang hanya sebesar 3350mAh membuatnya lebih kecil dari para pesaingnya.

Ada yang menjadi perhatian kami disini, yaitu Layarnya telah mengunakan panel AMOLED 6.39 inch yang dikatakan menggunakan layar sama yang digunakan oleh vendor Samsung dan layar tersebut juga digunakan oleh smartphone Huawei di Mate 20 Pro, hingga Xiaomi di Mi Mix 3, teknologi panel terlihat lebih cerah dan membuat tampilan lebih dalam dan kaya.

Apalagi dengan ukuran bazel yang kecil pada Lenovo Z5 Pro, membuat lingkar hitam yang mengelilingi layar hampir menyatu dengan tampilan smartphone ini, hal ini membuat perbatasan layar di smartphone ini terlihat lebih rapi.

Loading...

Lenovo Z5 Pro terlihat seperti tidak memiliki pemindai sidik jari, tapi ternyata smartphone Lenovo Z5 Pro ini telah menerapkan pemindai sidik jari pada bagian layarnya.

Hal ini terlihat seperti yang diterapkan pada smartphone besutan Vivo V11 Pro dan juga Huawei Mate 20 Pro, kemampuan membacanya memang kurang lancar.

Hal ini dapat dimaklumi dikarenakan smarphone ini jauh lebih terjangkau daripada pesaing pesaingnya itu.

Mekanisme slide itu sendiri memiliki tarikan pendek dan tajam pada panel layar utama, dioperasikan secara manual dan serupa seperti yang diterapkan pada perangkat Xiaomi dan Honor.

Hal ini akan memunculkan kamera depan secara otomatis saat anda membuka aplikasi kamera.

Dengan tidak mengunakan sistem mekanis dan terbilang mahal menjadikannya sesuatu yang realistis sesuai harganya, hal ini membuatnya tidak terlihat seperti mekanisme slide yang ada pada Oppo Find X yang harganya lebih mahal dari smartphone ini.

Baca juga :   Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan Spesifikasi

Spesifikasi

Kita akan melihat di mana proposisi Lenovo Z5 Pro sedikit kurang ‘pro’ daripada namanya karena pemilihan pada komponen internalnya.

Smartphone ini memang bukan di rentang low-end, tetapi dengan disematkannya prosesor Snapdragon 710 pada pada bagian intinya maka akan terasa cukup jauh kekuatannya dari prosesor Snapdragon 845 yang saat ini tersedia hampir pada sebagian besar smartphone keluaran saat ini.

Sekali lagi, ini menjaga agar harga yang ditawarkan menjadi realistis.

Keseimbangan spesifikasi dan kapasitas baterai yang disematkan kami rasa smartphone ini akan suskses untuk kedepannya.

Dari sisi kamera semartphone ini juga terdapat peningkatan yang terbilang cukup lumayan untuk disandingkan dengan smartphone keluaran vendor yang lain, dengan menaikkan resolusi ke 24 megapiksel yang kami rasa cukup besar dengan aperture f / 2.2 yang terbilang cukup cepat.

Mengingat mekanisme slider yang sebagian besar menang ditujukan untuk menyembunyikan kamera depan, Lenovo telah mengambil kesempatan untuk memposisikan lensa kamera pada bagian depan menjadi lensa ganda.

Sehingga kamera depan sangat mungkin dapat menghasilkan efek bokeh yang saat ini sangat marak pengunaannya.

Kesimpulan

Yang membuat kami agak terkejut yaitu mengapa Lenovo tiba tiba membuat perubahan besar pada segi desain nya yang terlihat futuristic dan juga dengan harga yang terbilang nyaman di kantong.

Dan juga mereka berhasil membuat trobosan baru dengan menghadirkan smartphone dengan ratio to body terbesar yang pernah kami lihat di smartphone, hal ini sungguh mengesankan.

Walaupun ada beberapa smartphone yang memiliki teknologi yang sama, tetapi tidak keduanya di terapkan dalam sebuah smartphone.

Memang Lenovo Z5 Pro bukan yang smartphone berteknologi tertinggi dalam hal penyelesaian akhir pada saat ini, juga bukan ponsel yang paling kuat, tetapi dalam inovasi untuk melawan kehadiran smartphone dengan tampilan notch yang terbilang marak akhir akhir ini, menegaskan bahwa Lenovo ingin berkompetisi lebih dengan kompetiror yang kuat saat ini Xiaomi dan Honor.

Baca juga :   LG Terbaru : LG G2 Lite dan L Prime Spesifikasi Harga Terjangkau

Namun, hal ini memberi kita pertanyaan yang lebih luas, seperti bagaimana hubungan Lenovo dan Motorola akan berkembang dan juga apakah, dalam beberapa hal smartphone dengan desain slider ini dapat menjadi pandangan ke depan untuk jenis ide desain masa depan yang akan kita lihat mewakili vendor vendor lain yang bertebaran saat ini. Mungkin saja……

 

LENOVO Z5 PRO SPESIFIKASI
NETWORK
  • GSM / CDMA / HSPA / LTE
BODY
  • Dimensions 155.1 x 73 x 9.3 mm (6.11 x 2.87 x 0.37 in)
  • Weight 210 g (7.41 oz)
  • SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY
  • Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size 6.39 inches, 100.2 cm2 (~88.5% screen-to-body ratio)
  • Resolution 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
  • Multitouch
  • ZUI 10
PLATFORM
  • OS Android 8.1 (Oreo)
  • Chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
  • CPU Octa-core (2×2.2 GHz 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • GPU Adreno 616
MEMORY
  • No Card Slot
  • Internal 64/128 GB, 6 GB RAM
MAIN CAMERA
SELFIE CAMERA
  • Dual Mechanical pop-up 16 MP, f/2.2 dan
  • Mechanical pop-up 8 MP
  • Features HDR
  • Video [email protected]
COMMS
  • WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth 5.0, A2DP, LE, EDR
  • GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
  • NFC Yes
  • USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
FEATURES
  • Sensors
  • Infrared face recognition, fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser HTML5
  • Fast battery charging
  • MP4/H.264/FLAC player MP3/eAAC+/WAV player
  • Document viewer
  • Photo viewer/editor
BATTERY Non-removable Li-Po 3350 mAh battery
WARNA Black
HARGA
  • (Rp 4,3 Juta) untuk Varian RAM 6 GB dan penyimpanan 64 GB
  • (Rp 5 Juta) untuk Varian RAM 6 GB penyimpanan 128 GB

 

Kamu pasti juga suka..

Loading...