Xiaomi Mi Mix 3 Smartphone Slide Bezell Less

Digital Ponsel – Smartphone slider akhirnya muncul kembali setelah sekian lama. Tidak ada yang lebih membuat penasaran daripada kemunculan smartphone slider yang dulu pernah menghilang dari pasaran.

Xiaomi telah mengupdate bentuknya agar sesuai dengan trand di tahun 2018, dengan layar besar dan bezell less, empat buah kamera dua di depan dan dua di belakang juga pengunaan bahan keramik premium. Tidak perlu basa basi simak review kami tentang smartphone ini.

Xiaomi Mi Mix 3

img : tekno.kompas.com

Layar

Apa yang bisa mengejutkan Anda saat melihat Mi Mix 3 adalah pada bagian layarnya.

Panel Full HD + AMOLED 6,39 inci dari Samsung dengan rasio aspek 19,5: 9 dan kecerahan puncak 600-nit menempati 93,4 persen dari keseluruhan body depan smartphone ini.

Tidak ada notch dan hanya ada sedikit bezell di sekeliling layarnya, yang juga dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Anda dapat mengaktifkan layar agar selalu aktif di dalam pengaturan dan Anda juga dapat menyesuaikan suhu warna pada layar tersebut.

Xiaomi Mi Mix 3 memberikan layar AMOLED 6,39 inci dengan rasio layar-ke-body 93,4% dengan bazell yang sangat tipis.

Berat

Jika anda memegang Xiaomi Mi Mix 3 hal pertama yang Anda rasakan adalah beratnya kami rasa smartphone ini tidak terlalu berat.

Beratnya hanya sekitar 218 gram saja, berat tersebut lebih berat 10 % daripada Vivo Nex (199 gram) atau Galaxy Note 9 (201 gram).

Hal itu dikarenakan Mi Mix 3 sedikit lebih ramping dan lebih pendek dari Note 9, tetapi memiliki kurva yang lebih agresif pada panel keramiknya sehingga terasa kurang “edge”

Mekanisme geser / slide

Mekanisme geser secara manual adalah fitur yang ditonjolkan di sini, dengan magnet neodymium yang digunakan untuk mengunci slider saat membuka atau menutupnya.

Ketika Anda mulai mendorong layar masuk atau keluar. Akan terasa sedikit gesekan ketika magnet berinteraksi dan kemudian terdengar suara klik saat layar kembali ke tempatnya.

Rasanya mengagumkan dan Xiaomi mengklaim dapat menahan sampai 300.000 siklus.

Tidak seperti ponsel lain dengan kamera tersembunyi, mekanismenya sepenuhnya manual, jadi tidak diperlukan motor pengerak.

Ini adalah solusi yang jauh lebih baik dan sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami kegagalan.

Mekanisme slider manual menggunakan magnet neodymium untuk mengunci layar agar berada pada tempatnya. Ini keren, mengingatkan pada masa lalu, dan membuat antusias untuk mencobanya kembali.

Baca juga :   Harga Infinix Zero 2 X509 dan Spesifikasi

Melakukan kegiatas slider normal dapat membuka kamera yang menghadap ke bagian depan, tetapi hal ini juga dapat digunakan untuk menjawab panggilan masuk atau meluncurkan aplikasi tertentu.

Bunyi slider dapat diganti ganti, seperti menambahkan suara lightsaber. Berbicara tentang system operasi, Mi Mix 3 hadir dengan MIUI 10 dan Android 9 Pie.

Ketika Mi Mix 3 berada dalam mode lansekap saat bermain game, menggeser layar ke atas akan menampilkan menu dalam game yang bisa digunakan untuk menyembunyikan notifikasi, merekam layar, atau mengambil tangkapan layar.

Bezelless

Pengunaan slider bukan hanya untuk kesenangan belaka. Seperti halnya smartphone tanpa bezell lainnya termasuk Oppo Find X dan Vivo Nex, kamera depan hanya akan muncul saat diperlukan.

Jika Anda tidak menggunakan sensor pembuka kunci wajah atau kamera yang menghadap ke depan, ponsel akan tetap dalam keadaan default-nya.

Jadi slider hanya digunakan ketika Anda ingin selfie atau perlu membuka kunci ponsel Anda, dan Anda hanya perlu menggeser layar ke bawah untuk membuka kamera.

Lapisan keamanan ekstra ini menambah ketenangan pikiran anda.

Kamera depan hanya muncul saat diperlukan dan tidak ada motor pengerak yang perlu dikhawatirkan.

Kamera

Kamera yang menghadap ke depan mempunyai sensor Sony IMX576 24MP dengan piksel 1,8-mikron dan lensa aperture f / 2.2 juga kamera 2MP sekunder untuk mode potret dan efek bokeh.

Sensor utama menggunakan pixel binning dalam situasi cahaya rendah untuk menggabungkan data cahaya dari empat piksel yang berdekatan, mengurangi resolusi ke 6MP dan kemudian meningkatkan gambar kembali ke 24MP.

Mode potret juga didukung AI, efek pencahayaan studio, dan pengaturan AI beautify melengkapi opsi tangkapan selfie.

Saya melihat beberapa flare lensa di bagian bawah frame, mungkin dari cahaya overhead yang memantul dari tepi bagian layar yang berada tepat di bawah lensa kameranya.

Loading...

Masa pakai baterai & kualitas

Ada casing tanbahan yang disertakan dalam kotak Mi Mix 3 yang memiliki potongan di bagian bawah, sehingga Anda masih dapat menggeser layar ke bawah dengan menggunakan casing tersebut.

Kabel USB Tipe-C di dalam kotak juga memiliki semacam selubung bergigi sehingga Anda dapat mengisi daya Mi Mix 3 Anda dan masih dapat menggunakan slider (kabel USB Type-C lainnya tidak memungkinkan melakukan ini).

Ada adaptor pengisi daya nirkabel 10W yang langsung didapatkan dengan keluaran 5V / 3A, 9V / 2A, 12V / 1.5A (dan didukung pula Qualcomm Quick Charge 3.0).

Baterai yang tertanam memiliki sel daya berukuran 3.200mAh, dengan adanya mekanisme slider untuk menyalahkan smartphone dengan kapasitas baterai yang kecil.

Baca juga :   Harga Asus Zenfone C ZC451CG dan Spesifikasi

Xiaomi Mi Mix 3 juga mendukung Qualcomm Quick Charge 4+ dan anda dapat membeli charger tambahan tersebut secara opsional.

Menuju pada bagian belakang smartphone ini, terdapat balutan bahan keramik premium dan juga tata letak kamera yang sama dengan pendahulunya, dengan logo MIX yang bergaya pada bagianan bawahnya.

Pemindai sidik jari kapasitif menyediakan opsi jika Anda tidak ingin menggunakan Face Unlock di bagian depan. Mi Mix 3 sudah menyematkan fitur NFC untuk pembayaran online.

Perangkat keras

Pada bagian sisi sebelah bawah memiliki kisi-kisi speaker kembar tetapi hanya yang di sebelah kanan yang terdapat speaker, sisi yang lainya digunakan untuk menyembunyikan mikrofon.

Suara yang dihasilkan terdengar nyaring dan tidak terdengar buruk, tetapi masih jauh dari sempurna.

Dengan adanya itu semua maka tidak ada tempat untuk memasukkan jack headphone di ponsel slider ini dan saya akan melakukan yang terbaik untuk menjaga Mi Mix 3 jauh dari air karena tidak diberi sertifikasi perlindungan apapun.

Anda hanya akan menemukan adaptor 3.5mm-to-USB-Type-C yang disertakan dalam kotak penjualannya sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakan headphone berkabel yang lama.

Kamera ganda di bagian belakang keduanya memiliki sensor 12MP. Sensor utama adalah Sony IMX363 dengan piksel 1,4-mikron dan autofokus piksel ganda.

Lensa aperture f / 1.8 duduk di atas dengan empat sumbu OIS. Sensor sekunder adalah Samsung S5K3M3 + dengan piksel 1-mikron dan lensa aperture f / 2.4 optik 2x pembesaran.

Kedua kamera mendukung berbagai mode AI, tetapi sensor utama Sony yang digunakan untuk menangani video gerak lambat 960fps (pada 1080p maupun 720p).

Memang bukan 960 fps yang sebenarnya seperti yang Anda temukan di Galaxy Note 9, karena IMX363 tidak memiliki DRAM bawaan untuk menyimpan frekuensi gambar yang tinggi sebelum memindahkannya ke buffer gambar.

Mi Mix 3 menggunakan interpolasi frame untuk mencapai 960 fps, yang berarti tidak akan berkualitas tinggi seperti yang ditemukan pada perangkat dengan built-in DRAM pada sensor.

Perangkat Lunak & Penetapan Harga

Kamera Xiaomi Mi Mix 3 dapat menghasilkan tampikan low Light melalui pengurangan noise multi-frame, pengukuran cahaya AI, dan stabilisasi juga kalibrasi gambar AI.

Xiaomi Mi Mix 3 memiliki spesifikasi tertinggi dengan RAM 10 GB dan penyimpanan internal 256GB mengunakan prosesor Snapdragon 845, akan tetapi kami belum mengetahui harga untuk tipe tertinggi ini.

Semua varian Xiaomi Mi Mix 3 mengunakan Prosesor Snapdragon 845 dengan pemprosesan grafis dilakukan oleh GPU Adreno 630.

Baca juga :   Harga Acer Liquid Zest dan Spesifikasi

Varian tersebut adalah versi 6GB RAM dengan 128GB penyimpanan, 8GB RAM dengan 128GB penyimpanan , dan 8GB RAM dengan 256 GB penyimpanan.

Ada juga edisi khusus terbatas bertajuk “Forbidden City Palace Museum” versi dengan 10GB RAM dan 256GB penyimpanan.

Untuk harganya adalah sebagai berikut: 6GB / 128GB sebesar Rp. 8.900.000,- ; 8GB / 128GB sebesar Rp. 9.700.000,- 8GB / 256GB sebesar Rp. 10.500.000,- sedangkan Edisi khusus 10GB / 256GB kami belum mengetahui harganya.

Semua versi tersebut menggunakan UFS 2.1 flash memory dan LPDDR4x RAM.

Asisten suara Xiaomi, Xiao AI, dapat diakses melalui tombol asisten khusus di sebelah kiri telepon.

Kemungkinan akan diganti oleh Asisten Google pada versi global, tetapi saya tidak dapat memastikan ini.

Dukungan 5G akan datang pada versi edisi terbatas kemungkinan tidak akan sampai tahun depan.

Xiaomi Mi Mix 3 hadir dalam tiga varian warna – Onyx Black, Jade Green, dan Sappire Blue.

Apa pendapat Anda tentang Xiaomi Mi Mix 3? Apakah Anda akan membelinya jika datang ke pasar Indonesia?

Xiaomi Mi Mix 3

Klasifikasi Spesifikasi
Display
  • 6.39-inch AMOLED
  • 2,340 x 1,080 resolution
  • 19.5:9 screen ratio
SoC
  • Qualcomm Snapdragon 845
  • Octa-core, up to 2.8Ghz
GPU
  • Adreno 630
RAM
  • 6GB/8GB/10GB
  • LPDDR4x
Storage
  • 128GB/256GB
  • UFS 2.1
Camera
  • Rear cameras
      • Main: 12MP with 1.4 micron pixels, 4-axis OIS, f/1.8 aperture (IMX363)
      • Secondary: 12MP 2x telephoto with 1.0 micron pixels, f/2.4 aperture (S5K3M3+)
      • Video: 4K at 60/30fps, 1080p at 960/240/120/60/30fps, 720p at 960/240/120/30fps
  • Front cameras
      • Main: 24MP with 1.8 micron “super pixels”, f/2.2 aperture (IMX576)
      • Secondary: 2MP sensor for depth effects (OV02A10)
Audio
  • USB Type-C
  • No headphone jack
Battery
  • 3,200mAh battery
  • Quick Charge 4+
  • 10 watt wireless charging
Sensors
  • Rear fingerprint
  • Hall
  • Accelerometer
  • Gyroscope
  • Proximity
  • Ambient Light
  • Electronic Compass
  • Barometer
Network
  • GSM: B2, B3, B5, B8 CDMA 1X, EVDO: BC0, BC6, BC10
  • WCDMA: B1, B2, B3, B4, B5, B6, B8, B9, B10
  • TDD-LTE: B34, B38, B39, B40, B41(2496-2690)
  • FDD-LTE: B1, B2, B3, B4, B5, B7, B8, B12, B13, B17, B18, B19,B20, B25, B26, B28, B29, B30, B66
Connectivity
  • Wi-Fi: 2×2 MIMO, MU-MIMO, 802.11 a/b/g/n/ac, 2.4G/5G
  • Bluetooth 5.0
  • AptX/AptX-HD support
  • NFC
  • Dual frequency GPS (GPS L1+L5, Galileo E1+E5a, QZSS L1+L5, GLONASS L1, Beidou B1)
SIM
  • Dual nano-SIM
  • Dual 4G standby
Software
  • MIUI 10
  • Android 9.0 Pie
Dimensions and weight
  • 157.9 x 74.7 x 8.5mm
  • 218g
Colors
  • Jade Green
  • Onyx Black
  • Sapphire Blue

Kamu pasti juga suka..

Loading...