Tips – Tips Cara Memperkuat Sinyal Wifi Modem

Digital PonselCara Memperkuat Sinyal Wifi, Keberadaan jaringan internet pada saat ini nampaknya sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kita. Hal itu terbukti semakin banyaknya tempat – tempat umum yang menyediakan akses internet dengan gratis atau yang sering kita sebut dengan free wifi.

Banyak diantara kita juga yang mungkin memiliki akses internet sendiri di rumah melalui wifi maupun tethering yang dapat digunakan melalui smartphone. Dengan adanya akses wifi maka dapat memungkinkan kita selalu terhubung dengan jaringan internet.

Namun ada kalanya jaringan internet tersebut mengalami masalah / trobule yang membuat akses koneksi kita menjadi kurang maksimal. Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mengalami hal itu.

Maka dari itu pada kesempatan ini penulis akan mencoba memberikan tips – tips cara memeperkuat sinyal wifi yang bisa anda terapkan jika terjadi masalah dalam koneksi wifi anda.

Tips – Tips Cara Memperkuat Sinyal Wifi

tips - tips cara memperkuat sinyal wifi

  1. Membuat Antena Sederhana

Mengingat sinyal wifi yang dipancarkan oleh wifi router atau modem meggunakan udara sebagai perantaranya, maka dengan demikian secara otomatis sinyal tersebut akan terpancar menyebar kemana – mana dengan tidak beraturan.

Loading...

Maka dari itu anda bisa mengatasi hal ini dengan cara membuat antena sederhana agar sinyalnya fokus dan tidak menyebar kemana – mana. Contohnya anda bisa memanfaatkan kaleng bekas yang dimodifikasi sehingga bebentuk melengkung dan diletakkan pada sumbser sinyal wifi tersebut.

  1. Ganti password wifi secara rutin

Perangkat wifi yang anda punya tentunya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang mengharuskan kita untuk memasukkan kata sandi supaya dapat terhubung dengan jaringan. Tetapi sekarang ini ternyata sudah banyak cara untuk membobol dan mengetahui kata sandi.

Baca :   Cara Merestart Hp Samsung Termudah, Cepat dan Aman

Sehingga akses wifi kita bisa tercuri dan otomatis akses wifi kita menjadi terbagi dan memnyebabkan koneksi kita menurun kecepatannya. Oleh karena itu rutinlah dan rajin – rajinlah untuk mengubah kata sandi akses wifi anda. Gunakan kombinasi huruf dan angka yang rumit supaya tidak mudah diketahui oleh pihak lain.

  1. Rutin restart dan reboot wifi / router

Perangkat wifi jika digunakan secara terus – menerus tanpa jeda akan mengalami masalah dalam penggunannya karena aliran listrik yang terus menerus masuk dapat menyebabkan komponen di dalam menjadi panas. Suhu panas tersebut dapat berpengaruh dalam pancaran sinyal wifi sehingga menyebabkan koneksi kita menjadi melambat.

Maka dari itu rutinlah untuk me restart dan reboot perangkat wifi anda atau modem dan berikan waktu istirahat  selama kurang lebih 1,5 – 2 jam dengan cara mematikan perangkat wifi anda.

  1. Jauhkan dari barang elektronik lain

Perangkat wifi dapat terganggu fungsinya jika diletakkan berdekatan dengan barang elektronik lain yang dapat mengganggu proses pemancara sinyal seperti microwave misalnya. Microwave menghasilkan energi panas yang dapat mengganggu pemancaran sinyal wifi. Oleh karena itu untuk amannya letakkanlah perangkat wifi anda terisolasi dari perangkat elektronik lain khususnya yang menghasilkan hawa panas.

  1. Menggunakan Wifi Repetaer

Wifi Repeater adalah alat yang berfuungsi untuk menerima sinyal wifi kemudian memancarkan kembali dengan dengan lebih kuat. Dengan memggunakan alat ini maka anada akan mendapatkan sinyal wifi yang lebih kuat.

  1. Menggunakan DD WRT Firmware

DD – WRT firmware ini adalah aplikasi yang digunakan untuk meng – hack router supaya kekuatan pancaran sinyalnya menjadi lebih tinggi. Cara ini jangan sering – sering dilakukan karena bahaya bagi router. Tetapi dengan cara ini anda bisa meningkatkan pancaran sinyalnya sampai 70mW.

Baca :   Cara Cek/Mengetahui Password Wifi Di HP Android Tanpa Aplikasi
Baca juga :

Nah demikian tips – tips cara memperkuat sinyal wifi yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah sinyal wifi yang lemot atau melemah. Semoga artikkel kali ini bermanfaat dan kita akan berjumpa lagi dalam pembahasan selanjutnya.

Tri

Family and Quality Conten is number one ! - Ajukan Pertanyaan di sini

Kamu pasti juga suka..

Loading...

Tinggalkan jejak gan

error: Content is protected !!